Tersertifikasi ISO 27001, eCentrix Beri Perlindungan Data yang Lebih Baik | Your Favorite Devil's Advocate
techno

Tersertifikasi ISO 27001, eCentrix Beri Perlindungan Data yang Lebih Baik

Minggu, Juni 12, 2022

Tersertifikasi ISO 27001, eCentrix Beri Perlindungan Data yang Lebih Baik

Siapa sih yang tidak khawatir dengan penyalahgunaan informasi pribadi kita untuk tindakan buruk yang tidak bertanggung jawab? Kekhawatiran ini sangat wajar, apalagi kita semakin sering mendengar kabar seputar penipuan, manipulasi, dan berbagai pencurian data digital. Ironisnya, meski tidak mau menjadi korban kriminalitas digital itu, aktivitas di dunia digital saat ini sudah tak terhindarkan lagi. Mau tak mau, kita harus bisa menjaga privasi kita sendiri. 

Tapi apa benar kita bisa menjaga data pribadi kita? Mari ingat baik-baik, seberapa sering kita mengizinkan sebuah aplikasi untuk mengakses data kita agar bisa mendapatkan layanan penuh dari aplikasi tersebut? Jika jawabannya adalah “sering” maka kita harus lebih waspada dari sebelumnya. 

Pemberian izin akses pada sebuah aplikasi memang memudahkan aplikasi tersebut menavigasi kebutuhan kita. Misalnya kita sedang ingin membeli sepatu hitam. Algoritma digital yang tersusun dari kepingan data-data digital kita akan merekam kebutuhan tersebut dan secara tiba-tiba layar genggam kita akan dipenuhi dengan iklan-iklan atau saran konten tentang sepatu hitam yang kita inginkan.

Fitur semacam itu memang bertujuan untuk memanjakan kita sebagai customer. Lalu yang jadi pertanyaan adalah “apakah data-data kita yang terkoleksi tersebut aman?” Baca tulisan ini sampai selesai untuk menemukan jawabannya.

Percayakan Pada eCentrix

Tersertifikasi ISO 27001, eCentrix Beri Perlindungan Data yang Lebih Baik

Selama ini, aku mengira kalau setiap perusahaan memiliki sistem keamanan digital masing-masing. Hal ini membuat kita kesulitan kalau ingin mengetahui apakah saat ini kita sedang menjadi customer dari perusahaan yang bisa menjaga data-data pelanggannya dengan aman? Atau malah sebaliknya?

Keresahanku ini terjawab setelah mengetahui kalau sudah banyak perusahaan-perusahaan besar yang menggunakan jasa profesional untuk menangani masalah keamanan digital. Ini saatnya kita berkenalan dengan sebuah perusahaan penyedia jasa keamanan digital bernama PT Intelix Global Crossing. Perusahaan ini sudah berdiri sejak 2001 yang berkantor pusat di Jakarta dan memiliki cabang di Surabaya.

PT Intelix Global Crossing merupakan perusahaan lokal yang menyediakan solusi Contact Center System terbesar di Indonesia yang dikenal dengan produk eCentrix. Saat ini eCentrix juga memiliki beberapa solusi yaitu Predictive Dailing System, Omnichannel System, Collection System, Mobile Application System dan sebagainya. Sejak awal 2020, eCentrix sudah dinyatakan memenuhi standar manajemen dalam hal perlindungan dan pengamanan aset-aset informasi organisasi seperti informasi finansial, aset intelektual, data karyawan, serta data-data pihak ketiga yaitu customer.

Klaim tersebut sudah terbukti dengan penyerahan sertifikasi ISO 27001--sebelumnya, mereka sudah memiliki Contact Center ISO 9001--kepada eCentrix pada 9 Juni 2022 di JS Luwansa Hotel, Jakarta. Dengan penyerahan sertifikasi ISO 27001 ini, eCentrix menjadi pilihan terpercaya untuk mengatasi masalah-masalah keamanan digital sehingga bisa meningkatkan penjualan produk-produk yang dimiliki.

Sertifikasi Contact Center ISO 27001 itu sendiri adalah sebuah standar untuk mengukur dan menjadi acuan bagi perusahaan yang melakukan pengelolaan data digital untuk melindungi dan mengamankan data tersebut. Jadi pada dasarnya, jika sebuah eCentrix memiliki sertifikasi ISO 27001 artinya brand ini sudah menjalankan setiap aspek yang diperlukan untuk melindungi data-data organisasi, karyawan, maupun customer.

Setelah mengetahui kalau data kita dikelola oleh perusahaan yang sudah teruji dan diakui profesionalitasnya dalam melindungi data digital, apakah kekhawatiran kita di awal tadi bisa sedikit mereda? Kalau aku sih, iya banget, karena memang masalah ini tidak bisa sepenuhnya kita tangani sendiri. Campur tangan dari eCentrix bisa jadi solusi bagi lebarnya jurang yang harus kita jangkau dalam rimba digital hari ini.Harapanku sederhana, semoga eCentrix tetap profesional dan independen dalam menjalankan tugasnya sebagai penyedia jasa keamanan digital.

Tersertifikasi ISO 27001, eCentrix Beri Perlindungan Data yang Lebih Baik

You Might Also Like

11 komentar

  1. Wah baru tau kalau keamanan data di aplikasi itu ada yang nanganin sendiri. Aku kira keamanan data itu merupakan tanggung jawab penuh dari aplikasinya sendiri. Ternyata ada jasanya juga.

    BalasHapus
  2. Seiring berkembangnya teknologi digital, makin rawan untuk data-data kita juga ya. Mungkin ini bisa jadi masukan untuk penyedia jasa keamanan data: Untuk verifikasi dan semacamnya saya rasa sebaiknya sekarang dibuat lebih personal, misal dengan video call mencocokkan muka penelpon dengan kartu identitas yang digunakan verifikasi.

    BalasHapus
  3. Kemenkominfo harusnya pake ini biar kita aman dari SMS spam, teror pinjol yang kita enggak ada urusan, WA nawarin judi slot, sampe asuransi yang tau-tau jadi padahal mengajukan juga enggak. Kemenkominfo negara Serbia maksudnya...

    BalasHapus
  4. penyedia perlindungan data costumer untuk perusahaan perusahaan besar penting banget, kalau sampe bocor dan disalahgunakan bisa menjadi poin buruk untuk perusahaan dong ya

    BalasHapus
  5. Kupikir perusahaan nyimpen datanya sendiri. Ternyata pakai jasa profesional ya. Perlindungan data itu penting banget karena pasti akan selalu dipakai selama perusahaan itu ada

    BalasHapus
  6. Nahh, keamanan informasi pribadi penting banget buat era sekarang ini. Karena semua serba digital, maka sangat dibutuhkan sekali.

    BalasHapus
  7. Nah, harusnya lebih banyak perusahaan bonafide seperti Ecentrix ini ya Mbak. Kemanaan dan privasi digital itu primer banget, jangan sampai dibobol karena ketidaktahuan kita atau kelengahan penyedia aplikasi. Kalau perusahaan sudah tersertifikasi, berarti memang andal dan terjamin untuk melindungi data-data kita, terutama dari penipuan atau pembobolan rekening yang sedang marak.

    BalasHapus
  8. Bener nih zaman skrng kejahatan merambah ke dunia digital dna khawatirnya banyak menggunakannya utk kejahatan. Kudu bener2 dipastikan kalau data pribadi apalagi data perusahaan diamankan dengan baik.
    Nah iya kadang butuh jasa profesional ya buat bantu menyimpan data, yang pro dan amanah :D

    BalasHapus
  9. Sekarang ancaman keamanan ini bikin merinding yaa..
    Banyak link yang kalau di klik ternyata malah menguras data pribadi kita yang mungkin saja disalahgunakan.
    Dengan keamanan yang dilakukan eCentrix, semoga kita semua terhindar dari kejahatan cyber.

    BalasHapus
  10. Semoga banyak pertumbuhan perusahaan macam ecentrix ini ya mba. Karena melindungi data agar aman dan tidak jebol dan disalah gunakan

    BalasHapus
  11. Perlindungan data ini penting bnget ya untuk klien. Alhamdulillah ecentrix sudah tersertifikasi iso 27001 ya kak. Salut sama perusahaan yg komit meningkatkan kualitasnya kayak gini

    BalasHapus

Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai. - Pramoedya Ananta Toer