Mendorong Kemandirian Perempuan Tangguh dengan Pendanaan Amartha | Your Favorite Devil's Advocate
finance

Mendorong Kemandirian Perempuan Tangguh dengan Pendanaan Amartha

Selasa, Juni 28, 2022

Mendorong Kemandirian Perempuan Tangguh dengan Pendanaan Amartha

Sejak pandemi merebak, aku mulai membiasakan diri untuk membuka mata lebih lebar dan memasang telinga lebih tajam. Menilik keadaan sekitar, barangkali ada yang membutuhkan bantuan. Bukan hanya satu atau dua yang kudapati mengalami kondisi yang kurang mengenakkan. Beberapa teman bercerita tentang suaminya yang dirumahkan. Dan mereka, para #PerempuanTangguh yang kukenal, tentu tidak akan diam demi menyambung temali kehidupan.

Mereka berupaya mengandalkan segala kemampuan untuk mendapatkan cuan. Bagi mereka yang memiliki pengaturan keuangan yang baik, mungkin, modal usaha bukan suatu halangan. Namun, ada di antaranya yang mengalami keadaan sulit sampai terkuras habis tak bersisa, harus bagaimana?

Well, di sinilah peran Amartha microfinance marketplace fintech yang memiliki misi untuk menghubungkan pelaku usaha dengan para pemodal secara online. Berawal dari pengamatan atas banyaknya pengusaha mikro yang sulit mendapatkan modal usaha akibat keterbatasan jaminan, fluktuasi pendapatan, dan ketiadaan sejarah kredit, #Amartha berdiri pada tahun 2010 untuk membantu pendanaan UMKM yang membutuhkan.

Dengan memanfaatkan teknologi yang tepat dan semangat gotong-royong, #AyoModalinUMKM merupakan cara lain untuk berinvestasi dalam usaha mikro yang menciptakan dampak sosial. Sebab, kemudahan dalam mendapatkan akses permodalan untuk usaha mikro dapat berkontribusi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat piramida bawah, membangun ketahanan ekonomi, dan mewujudkan keadilan sosial bagi rakyat Indonesia.

Mengapa #MenjadiAmartha adalah pilihan yang tepat?

Mendorong Kemandirian Perempuan Tangguh dengan Pendanaan Amartha
Rezky Warni - AVP Marketing Amartha dan Anisa Aprilia - Certified Financial Planner

Keunikan Amartha yang dipaparkan oleh Rezky Warni–atau yang akrab disapa dengan sebutan Kak Tya–selaku AVP Marketing Amartha membuatku terkagum. Pasalnya, mitra yang didanai oleh Amartha adalah 100% perempuan. Kenapa? Disampaikan kemudian bahwa fokus dari Amartha sendiri adalah sebagai wadah bagi para perempuan tangguh untuk menjadi mandiri. Wah, konsep “women support women” pokoknya sangat dikedepankan deh di sini. Amartha juga percaya bahwa dengan membantu mereka, para perempuan tangguh tersebut bisa memberdayakan diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Nah, makanya ada sistem tanggung renteng juga di sini. Jadi, calon mitra harus membuat kelompok sebanyak 10-20 orang yang terdiri dari ibu-ibu di sekitar kediamannya. Pokoknya, prinsip yang dijalankan tuh “sukses satu, sukses semua”. Ketika ada kendala yang dialami salah satunya pun diharapkan kelompok ini akan saling membantu meringankan beban. Btw, yang bisa mendaftarkan diri menjadi mitra hanya perempuan pelaku UMKM yang tinggal di pedesaan, ya. Soalnya, Amartha melayani segmen mikro di piramida terbawah saja, yang belum terlayani oleh jasa keuangan formal.

Amartha bukan hanya membantu dalam hal pendanaan UMKM saja, tapi juga memberikan mentoring dan training secara berkala yang disebut dengan Latihan Wajib Kelompok (LWK). Ada lebih dari 4.000 tenaga lapangan yang memberikan pelayanan bagi mitra Amartha. Iya, enggak asal ditinggalin gitu aja jadinya. Bener-bener dibimbing, keren kan?

Yang gak kalah keren lagi nih, Amartha juga menyediakan akses keuangan digital sekaligus memberikan edukasi literasi keuangan dan digital bagi para mitra. Tentunya ini jadi bagian krusial yang berhubungan langsung dengan para pelaku UMKM dan pemodal di balik usahanya.

Pendanaan yang dilakukan lewat Amartha membawa konsep impact investing, yaitu jenis investasi yang menciptakan dampak terukur. Karena Amartha hanya menyalurkan pinjaman produktif bagi para mitranya–yang merupakan para perempuan tangguh pelaku UMKM, mereka dapat berpenghasilan untuk menghidupi keluarga dan menyejahterakan kehidupannya. Intinya, investasi yang dilakukan melalui Amartha bukan semata untuk mencari keuntungan bagi para pemodal, tapi juga memperbaiki kehidupan para mitra pelaku UMKM-nya.

Last but not least nih, Amartha sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Hal ini nih yang biasanya dicari terlebih dulu bagi mereka yang ingin melakukan investasi. Udah enggak perlu khawatir, karena sudah bisa dipastikan keamanannya, ya. Dengan modal #10RibuSejutaPeluang aja, kamu udah bisa mulai melakukan pendanaan untuk UMKM yang menjadi mitra Amarta.

Blog Money+ sebagai bagian dari Amarta

Mendorong Kemandirian Perempuan Tangguh dengan Pendanaan Amartha

Enggak berhenti sampai di perihal pendanaan UMKM aja, nih, Amartha juga mengembangkan majalah daring yang disebut dengan Money+. Ada banyak sajian informasi yang ter-update dan terlengkap di sana.

Topik di Blog Money+

Beberapa topik yang menjadi payung utama dalam blog Money+ adalah sebagai berikut:
  • Keuangan milenial yang berisi tips investasi, perencanaan keuangan, dan lain-lain.
  • Gaya hidup dan tips seputar perkembangan sosial bagi generasi milenial.
  • Teknologi dan berita start-up di bidang fintech dan tren teknologi terkini.
  • Karir, tips berwirausaha bagi UMKM, dan juga cerita perempuan inspiratif.

Fitur di Money+

Fitur yang disuguhkan oleh Money+ juga gak kalah seru dari topik-topik yang diangkat, nih:
  • Money+ Quiz yang memberikan kesempatan bagi para subscriber untuk mengikuti kuis bulanan di Money+ dan memenangkan hadiah menarik.
  • User Generated Content yang akan sangat berguna bagi mereka yang suka menulis, tapi belum memiliki wadah untuk menuangkan tulisannya. Dengan fitur ini, kamu bisa berkesempatan mendapatkan komisi jika artikel yang ditulis terpilih untuk ditayangkan.
Sebagai sobat keyboard warrior, aku pribadi penasaran banget nih sama fitur UGC di blog Money+! Belum lagi, ada beberapa keuntungan yang menanti, seperti:
  • Seperti yang kusebut sebelumnya, ada kesempatan untuk mendapatkan komisi jika artikel yang ditulis terpilih untuk ditayangkan. Besaran komisi yang ditawarkan mencapai Rp300.000 per artikel, lho!
  • Bisa memiliki wadah dalam website yang kredibel untuk serentetan ide yang ada di kepala. Jujur, ini lebih simple sih daripada harus membangun webblog pribadi.
  • Nah ini yang paling menarik! Bisa berkesempatan untuk mengikuti field trip gratis mengunjungi desa-desa yang dihuni oleh para mitra Amarta.
Udah tertarik belum? Yuk, segera tuangkan ide-ide menarik kamu terkait topik yang sudah aku sebutkan di atas ke http://blog.amartha.com/ ya!

Sudah ada banyak sekali perempuan tangguh yang “naik level” dalam hidupnya karena pendanaan dari Amarta. Dan, aku percaya, enggak akan berhenti sampai di situ aja. Sebab Amartha dan para perempuan tangguh di dalamnya akan terus meniupkan nyawa bagi raga-raga di sekelilingnya.





Tabik!




Pertiwi

You Might Also Like

6 komentar

  1. Woow Keren banget ya Amartha ini, hadirnya untuk membantu pendanaan UMKM yang membutuhkan ya, terutama fokus untuk membantu para perempuan sehingga perempuan menjadi tangguh dan mandiri.

    BalasHapus
  2. Wah aku tertarik nih dipoint jika artikel terpilih mendapat fee, bisa jadi penyemangat wanita yang mengandalkan dunia menulis ya

    BalasHapus
  3. Keren nih program Amartha, aku suka sekali dengan taglinenya "women for women". Semoga program ini terus berkembang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin banget ini mah semoga makin jaya jaya jaya

      Hapus

Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai. - Pramoedya Ananta Toer