Mengintip Fasilitas RS Premier Bintaro dan Bincang Asyik Penanganan Saraf Kejepit | Your Favorite Devil's Advocate
event

Mengintip Fasilitas RS Premier Bintaro dan Bincang Asyik Penanganan Saraf Kejepit

Minggu, Juli 24, 2022

Mengintip Fasilitas RS Premier Bintaro dan Bincang Asyik Penanganan Saraf Kejepit


Rumah sakit jelas bukan destinasi yang ingin kita kunjungi. Tentu saja aku tidak ingin sakit hanya untuk merasakan dirawat di rumah sakit. Aku juga berharap orang-orang di sekitarku sehat-sehat semua sehingga aku tak perlu ke rumah sakit untuk menjenguk mereka. Tapi kemudian aku jadi berpikir, walau aku tak ingin masuk rumah sakit tapi setidaknya aku tahu rumah sakit mana yang jadi pilihan teratas ketika benar-benar dibutuhkan.

Rasa penasaranku terjawab ketika aku mendapat undangan untuk menghadiri seminar kesehatan tentang saraf kejepit di RS Premier Bintaro pada Selasa (19/7) lalu. Jujur, ini kali pertama aku menjejaki RS Premier Bintaro. Kesan pertama yang kudapati adalah kemudahan akses. Karena rumah sakit ini terletak di pinggir jalan raya, jadi aku tidak perlu mengalami drama-drama tersesat untuk mencapainya. Posisi yang strategis sudah pasti menjadi pilihan tepat bagi yang membutuhkan pertolongan darurat.

Kesan berikutnya kudapatkan ketika aku mulai memasuki area lobi yang terasa lega, bersih, dan nyaman sekali. Bagaimana tidak, area lobi dibuat dengan konsep open space ke atas, sehingga kita bisa melihat langit-langit dan cahaya matahari pun masuk memberi kesan terang alami. Meski terkena sinar matahari, tapi tidak membuat area tersebut menjadi panas karena ada beberapa pohon yang menjulang di dekat kursi tunggu. Di sini kita juga dimanjakan dengan adanya Starbucks untuk beristirahat sembari minum secangkir kopi berkualitas.

Kekagumanku berlanjut ketika ada robot kecil yang menghampiriku. Wah, lucu sekali! Ternyata robot kecil ini bisa membantu kita untuk mendapatkan berbagai informasi tentang RS Premier Bintaro. “Ngobrol” dengan robot kecil ini cukup gampang dan benar-benar mempermudah siapa saja yang baru pertama mengunjungi RS Premier Bintaro. Dari hasil ngobrol kami, aku akhirnya tahu nama robot kecil ini adalah Darby dan wujudnya merepresentasikan karakter alami hewan rusa, yaitu sensitif, waspada, dan hidup berkelompok. Karakteristik itulah yang ingin diadopsi dalam pelayanan RS Premier Bintaro.

Sebelum aku mulai duduk manis di bangku seminar, aku mendapat kesempatan untuk tur singkat melihat beberapa fasilitas RS Premier Bintaro. Di sini tersedia 205 bed dalam 4 tipe kamar, yaitu Premier, Silver, Gold, dan Suite. Namun, aku hanya mendapat kesempatan untuk melihat kamar dengan tipe Gold dan Suite saja. Bisa dibilang kamar dengan dua tipe ini sangat lengkap dan benar-benar memanjakan pasien sekaligus kerabat yang menjenguknya. Selain kasur dan kamar mandi, dalam kamar ini sudah ada sofa, televisi, kulkas, bahkan ada pantry lengkap dengan meja makannya.

Setelah melihat sejumlah kamar, aku juga diajak untuk menengok Instalasi Gawat Darurat (IGD). Menurutku, IGD di RS Premier Bintaro ini sudah cukup luas dan nyaman. Dua hal ini penting banget mengingat para perawat dan dokter butuh ruang gerak yang luas agar bisa menangani pasien dalam kondisi darurat dengan efektif dan efisien.

Setelah puas berkeliling, aku segera menuju ruang seminar agar tidak tertinggal informasi penting tentang Penanganan Terkini Saraf Kejepit. Bagiku, saraf kejepit merupakan penyakit yang paling relevan mengingat pekerjaanku sebagian besar dihabiskan untuk duduk lama di depan laptop. Beruntung, di sini aku bisa belajar langsung dengan ahlinya, yaitu dr. Ajiantoro. Sp. OT. Beliau menjelaskan bahwa pinched nerve atau saraf kejepit adalah penyakit umum yang cukup berbahaya tapi sering disepelekan. Ketika penyakit ini datang, tubuh kita sebenarnya memberi peringatan dengan rasa nyeri yang timbul tenggelam. Namun karena sering dibiarkan, lama-lama jaringan lunak atau pelindung di sekitar saraf tersebut pecah dan menjadi bengkak.

Jadi daripada menunggu kemungkinan buruk terjadi, alangkah baiknya mulai memeriksakan diri ke dokter ketika sudah mengalami beberapa gejala nyeri tersebut. Sementara itu, jika sudah terlanjur mengalami saraf kejepit, dr. Ajiantoro menjelaskan bahwa sudah ada teknologi terkini yang bisa meringankan kerusakan jaringan dan stres tubuh sehingga pasien mampu beraktivitas kembali. Penanganan ini bisa didapatkan di RS Premier Bintaro yang memang unggul dalam layanan ortopedi seperti bedah tulang belakang, bedah pinggul dan lutut, bedah tangan, dan penanganan bedah untuk aktivitas olahraga juga.

Semua pelayanan ini menjadi lebih efektif karena RS Premier Bintaro memiliki MRI 3 Tesla yang bisa deteksi saraf, otak, tulang belakang, dan semua yang terhubung dengan jaringan lunak kita. Kelebihan dari MRI 3 Tesla ini adalah kecepatan pemeriksaan yang bisa mencapai 40-60% lebih cepat dari teknologi pendahulunya. Selain menjadi lebih cepat, proses diagnosis juga lebih akurat karena MRI 3 Tesla bisa menunjukkan gambar yang lebih detail.

Tenaga ahli sudah ada. Teknologi sudah mumpuni. Fasilitas rumah sakit pun sudah lebih dari layak. Jadi RS Premier Bintaro adalah pilihan yang tepat untuk pemeriksaan, konsultasi, hingga penyembuhan saraf kejepit.

You Might Also Like

0 komentar

Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai. - Pramoedya Ananta Toer