Keamanan Transaksi Produk dan Layanan Kesehatan di SehatQ | Your Favorite Devil's Advocate
health

Keamanan Transaksi Produk dan Layanan Kesehatan di SehatQ

Sabtu, Maret 19, 2022

Keamanan Transaksi Produk dan Layanan Kesehatan di SehatQ

Pergi ke klinik atau dokter untuk berobat ketika aku jatuh sakit mungkin menjadi pilihan terakhir yang kuambil. Jangankan melaju menuju klinik, bahkan untuk bangun dari tempat tidur ketika sakit saja rasanya sudah tidak kuat. Maka cara yang biasa aku lakukan ketika aku jatuh sakit adalah dengan berkonsultasi menggunakan layanan kesehatan virtual atau yang biasa disebut “telemedicine”.

Telemedicine adalah sebuah praktik perawatan kesehatan yang dilakukan jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi digital. Di sini kita bisa melakukan panggilan video atau chat dengan dokter lewat aplikasi untuk menyampaikan keluhan kesehatan. Enaknya, keluhan kita bisa segera ditanggapi oleh dokter berpengalaman tanpa harus antri panjang dan kita juga bisa langsung memperoleh resep obat yang dibutuhkan.

Di Indonesia saat ini ada banyak layanan kesehatan virtual yang bisa kita temui. Tapi tentu saja kita pasti mencari yang terbaik, terjangkau, dan teraman. Di manakah kita bisa mendapatkan semua kriteria itu?

Layanan SehatQ

Dari sekian banyak pilihan yang bertebaran, aku merekomendasikan kamu untuk menggunakan SehatQ yang bisa kamu dapatkan dalam bentuk aplikasi mobile atau bisa juga buka situsnya di SehatQ.com. Layanan kesehatan SehatQ sudah berdiri sejak November 2018 dan masih bertahan sampai sekarang. Di SehatQ, kamu bisa mengakses berbagai layanan kesehatan, mulai dari chat dokter, booking dokter dan layanan serta beli obat dan vitamin.

Agar lebih jelas, coba cek beberapa keunggulan SehatQ berikut.
  • Tersedia banyak dokter spesialis
  • Biaya lebih transparan dan terjangkau.
  • Mendapat kesempatan gratis untuk berkonsultasi chat dengan dokter bagi kamu yang merupakan pelanggan terbaru.
  • Berbeda dengan klinik kesehatan yang memiliki jam operasional, di SehatQ kamu bisa mengaksesnya kapan saja dan di mana saja.
  • SehatQ sudah mengantongi sertifikat Penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi (PSEF) dari Kementrian Kesehatan.
Dengan melihat semua keunggulan ini, apakah masih ada hal yang membuatmu ragu?

Jika kamu masih belum yakin terutama perihal keamanan dan kaitannya dengan kualitas produk obat yang dijual secara online, maka simaklah tips sederhana berikut.

Tips Aman Membeli Obat di SehatQ

Membeli obat secara daring memang ngeri-ngeri sedap. Ada risiko yang membayangi di balik kemudahannya. Misalnya jika tidak berhati-hati kita bisa saja mendapatkan obat yang keliru atau yang sudah kadaluarsa. Nah, untuk mengurangi risiko itu, aku coba susun beberapa tips agar aktivitas belanjamu tetap aman.
  • Ketika membeli obat-obat khusus, perlihatkanlah resep dokter.
  • Membeli obat tertentu tanpa resep adalah ilegal, jadi sebaiknya jangan membeli obat tanpa resep karena juga bisa membahayakan jiwa.
  • Berkonsultasilah dengan apoteker yang sudah memiliki lisensi dari institusi resmi.
  • Rasional dalam membeli barang. Jika terlalu murah namun manfaat yang diberikan terlalu bagus, sebaiknya kamu mewaspadainya.
  • Pastikan kamu tidak mudah memberikan data pribadi seperti nomor kartu kredit, dan identitas diri.
  • Ketahui dengan baik perusahaan yang menyediakan aplikasi.
  • Periksa kontak dan alamat toko atau aplikasi online agar jika terjadi sesuatu bisa didatangi.
Beberapa langkah di atas mungkin terasa merepotkan diri sendiri, tapi hal ini sepadan dilakukan mengingat hasil yang didapatkan bisa jadi memuaskan. Bagaimanapun juga, kesehatan dan keselamatan kita adalah prioritas yang tidak bisa ditukar dengan murah dan mudah.

Itu dia beberapa informasi yang bisa aku ceritakan kali ini. Semoga bisa membantumu terutama buat kamu-kamu yang menyukai fleksibilitas dan efektivitas dalam melakukan sesuatu.

Gaya berobat secara virtual bukan cuma fenomena sesaat atau hanya terjadi ketika pandemi. Aku yakin ini akan berjalan sangat lama.

You Might Also Like

1 komentar

  1. Teknologi makin canggih euy. Berobat aja sekarang udah nggak perlu pusing mikir perjalanan. Semoga layanan semacam ini bisa menjangkau seluruh wilayah.

    BalasHapus

Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai. - Pramoedya Ananta Toer