Doa Nabi Sulaiman dan Amalan yang Bisa Dikerjakan | Your Favorite Devil's Advocate
article

Doa Nabi Sulaiman dan Amalan yang Bisa Dikerjakan

Sabtu, Februari 19, 2022

Doa Nabi Sulaiman dan Amalan yang Bisa Dikerjakan

Setiap Nabi memiliki sebuah kemampuan yang berbeda, hal ini tujunnya supaya bisa lebih mudah untuk menyesuaikan dengan kondisi umat dan lebih mudah menyampaikannya saat berdakwah. Salah satunnya adalah Nabi Sulaiman yang memiliki kemampuan bicara dengan hewan. 

Mukjizat yang didapatkan oleh Nabi Sulaiman ini sangat luar biasa, kisah dari beliau ini sampai saat ini masih jadi sebuah legenda. Di dalam Al- Quran juga nama beliau ini di sebut sebanyak 27 kali, dari hal tersebut bisa menandakan jika beliau ini merupakan manusia yang sangat mengesankan.

Selama masa kenabian dari nabi sulaiman, banyak sekali doa yang beliau ajarkan, ini dia beberapa doa nabi sulaiman dan amalannya yang bisa Anda baca:

Doa Syukur Menjadi Hamba Allah
Semua amalan yang di lakukan oleh manusia ini akan menentukan apa di akhirat nanti dia akan masuk kedalam surga atau ke dalam neraka. Doa dari nabi sulaiman ini mengingatkan kita supaya selalu bersyukur karena sudah jadi seorang hamba yang bisa merasakan nikmat dan juga iman dalam melakukan amalan.

Rabbì awzì’nìì an asykura nì’mataka latìì an’amta ‘alayya wa’alaa waalìdayya wa an a’mala shaalìhan tardaahu wa adkhìlnìì bìrahmatìka fìì’ìbaadìkash shaalìhììn,” 

Artinya: “Ya tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan untuk mengerjakan amal shaleh yang Engkau ridhoi, dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu kedalam golongan hamba-hamba-Mu yang shaleh,” (QS An-Naml: 19).

Doa Memperoleh Kekayaan dengan Jalan yang Baik
Ketika nabi sulaiman membaca doa yang satu ini, merupakan awal bagian dari dakwahnya. Tujuan ini supaya tidak ada lagi manusia yang bisa menyombongkan kekayaan yang dimilikinya seperti ratu bilqis. 

Rabbìghfìrlìì wahablìì mulkulla yanbaghìì lì’ahadììm mìn ba’dìì, ìnnaka antal wahhaabu,” 

Artinya: “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh siapapun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah yang Maha Pemberi,” (QS Shad: 35). Dengan mengamalkan doa yang satu ini Anda bisa berharap bisa di beri kekayaan dan juga keberkahan dalam menjalani kehidupan yag baik. Salah satunya dengan menjadikan kekayaan ini sebagai salah satu cara untuk beribadah kepada Allah SWT.


Doa untuk Mensyukuri Nikmat Allah
Nabi sulaiman ini merupakan orang yang sangat pandai bersyukur dan selalu menggantungkan dirinya kepada tuhan, segala sesuatu yang terjadi di dalam hidupnya ini baik berupa ujian hingga cobaan selalu dia syukuri. Doa yang selalu beliau panjatkan adalah “Alhamdulìllahìl ladzìì fadhdhalanaa alaa kasyììrìm mìn ìbaadìhìl mu’mìnììna,” artinya: “Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari kebanyakan hamba hambanya yang beriman,” (QS An-Naml: 15). Allah SWT juga memberi tahu jika seseorang yang selalu bersyukur maka oleh Allah SWT akan di tambah nikmatnya. Selama kita yakin dengan nikmat ini asalnya dari Allah SWT maka kita ini harus bisa bersyukur dengan hal tersebut.

Menundukkan Jin dan Binatang
Bismillah hirrahmani rahiim, laa ta’luu alayya wa’tuunii muslimiin,” artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Bahwa janganlah kamu berlaku sombong kepada-Ku dan datanglah kepada-Ku sebagai orang-orang yang berserah diri,”. kemampuan yang di miliki oleh Nabi Sulaiman ini adalah sebuah mukjizat, biasanya Nabi sulaiman ini membaca doa yang satu ini untuk menundukan binatan dan juga jin atas izin dari Allah SWT. Doa ini juga bisa digunakan untuk selalu memohon perlindungan supaya tidak di ganggu oleh jin

You Might Also Like

0 komentar

Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai. - Pramoedya Ananta Toer