Berikut 5 Cara Agar Doa Dikabulkan Allah SWT, Simak! | Your Favorite Devil's Advocate
article

Berikut 5 Cara Agar Doa Dikabulkan Allah SWT, Simak!

Selasa, Januari 25, 2022

Berikut 5 Cara Agar Doa Dikabulkan Allah SWT, Simak!

Jika berdoa tentu kita menginginkan untuk cepat-cepat dikabulkan, wajar saja sebagai seorang hamba kita menginginkan hal itu. Namun terkadang kita lupa bahwa, hal apa saja yang harus dilakukan agar doa kita dapat diterima Allah SWT sebab Allah SWT hanya menrima hal-hal yang baik saja. Tentu berdoa juga bukan soal memohon apa yang kita inginkan saja tetapi dalam setiap aktivitas yang kita jalani juga harus membaca doa. Seperti doa sebelum tidur, doa bangun tidur, doa sebelum makan, doa sesudah makan dan masih banyak lagi.

Nah kali ini kami akan memberikan sedikit berita jatim mengenai 5 cara agar doa dikabulkan Allah SWT, bagi kalian yang penasaran, simak ulasannya sebagai berikut.

Mengucap puji-pujian kepada Allah

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika doa kita ingin dikabulkan yaitu mengucap puji-pujian kepada Allah SWT. Sadar bahwa kita hanyalah seorang hamba yang telah diberikan akal dan bentuk rupa yang sangat sempurna, maka apa salahnya kita berterimakasih kepada Allah yang telah menciptakan kita. Maka dari itu ketika berdoa awali lah doa kita dengan memberikan puji-pujian kepada Allah seperti membaca hamdalah dan tasbih.

Membaca shalawat

Ketika kita sudah memberikan puji-pujian kepada sang maha pencipta yaitu Allah SWT, maka hal selanjutnya yang harus diperhatikan ketika berdoa adalah membaca shalawat terlebih dahulu. Nabi Muhammad SAW merupakan kekasih Allah SWT, maka kita juga harus memuji kekasihnya agar kelak kita mendapatkan syafaat di alam akhirat nanti. 

Membaca doa di waktu yang diijabah

Tahukah kamu bahwa sebenarnya ada beberapa waktu tertentu yang baik digunakan untuk memperbanyak doa. Hal ini tentunya sangat penting untuk kamu ketahui sebab, diwaktu-waktu tersebut Allah SWT menyukai hambanya yang sedang memperbanyak doa. Di waktu apa sajakah? Ya, seperti di waktu turunnya hujan, waktu antara adzan dan iqomah, ketika berbuka puasa, saat sepertiga malam dan setelah selesai sholat wajib. Nah di waktu-waktu tersebut kita dianjurkan untuk memperbanyak membaca doa agar doa kita dapat cepat dikabulkan oleh Allah.

Bersungguh-sunguh

Rasa malas dan tidak bersemangat memang terkadang menyerang. Ketika berdoa kita sering sekali membaca dengan tergesa-gesa seolah ingin cepat selesai, hal itulah yang membuat doa kita tidak dikabulkan oleh Allah. Ketika hendak berdoa sebaiknya kita membacakannya dengan bersungguh-sungguh, dengan hati yang bersih, dan mau mengingat dosa kita lalu meminta maaf kepada-Nya. Dengan begitu kita dapat merendahkan hati kita dihadapan sang maha pencipta Allah SWT tanpa sedikitpun kesombongan di dalam hati kita. Insyaallah dengan doa yang dibacakan dengan tulus maka Allah akan membalas doa kita.

Membaca doa keselamatan dunia akhirat

Hal terakhir yang harus diperhatikan agar doa kita dapat cepat dikabulkan yaitu membaca doa keselamatan. Sebab, makna dari doa keselamatan yaiut memohon agar kita diselamatkan di dunia dan di akhirat. Doa tersebut tidak terlalu panjang namun sangat bermanfaat yaitu sebagai berikut:

Rabbana atina fiddunnya hasanah wa fil akhirati hasanah wa qina adzabannar.

Artinya:

Ya Tuhan kami, berikanlah kebijakan di dunia serta kebijakan di akhirat kelak dan lidungilah kami dari azab api neraka yang pedih. 

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar 5 cara agar doa kita cepat dikabulkan oleh Allah SWT. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan agama kita, terima kasih.

You Might Also Like

0 komentar

Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai. - Pramoedya Ananta Toer