Fakta Penting Mengenai Perhitungan Usia Kehamilan | Your Favorite Devil's Advocate
health

Fakta Penting Mengenai Perhitungan Usia Kehamilan

Senin, Desember 07, 2020

Fakta Penting Mengenai Perhitungan Usia Kehamilan


Bagi ibu yang baru pertama kali hamil, perhitungan usia kehamilan tampaknya sangat membingungkan. Apalagi ada beberapa cara dan fakta lain yang belum diketahui tentang penghitungan usia kandungan ini. Kesalahan dalam menghitung usia kandungan akan berdampak cukup besar pada pemeriksaan dan pemahaman perkembangan janin.

Dalam hal menghitung usia kandungan, Kemungkinan besar yang terpikirkan akan dihitung sejak tanggal terakhir hubungan seksual. Dokter akan memperkirakan usia kandungan berdasarkan ukuran dan kondisi janin. Selain tanggal pertama haid terakhir.

Hari pertama haid terakhir Anda (HPHT) sebenarnya adalah metode yang paling umum digunakan oleh dokter untuk menghitung umur kehamilan. Sayangnya, tidak semua orang mencatat atau mengingat HPHT. Hal tersebut akan menyebabkan dokter memperkirakan usia kandungan berdasarkan ukuran dan perkembangan janin. Untuk mengetahui usia kandungan.

Selain beberapa hal di atas, ada fakta menarik lainnya tentang cara menghitung usia kandungan yang penting untuk diketahui. Mengetahui hal ini penting dilakukan, terutama bagi calon ibu yang baru pertama kali hamil. Untuk mengetahui nanti cara paling tepat menghitung usia Anda Anda.

Penting Mengingat Tanggal Pertama Siklus Haid

Jika Anda berencana untuk hamil, Anda harus mencoba mencatat secara teratur jadwal menstruasi Anda selama beberapa bulan terakhir. Kebiasaan ini dapat membantu Anda menentukan masa subur, sehingga memudahkan Anda dalam merencanakan kehamilan.

Pada saat yang sama, akan lebih mudah untuk menghitung usia kandungan, sehingga Anda dapat memperkirakan waktu kelahiran bayi Anda. Ini karena masa ovulasi, usia kandungan atau rahim dan tanggal lahir yang diharapkan semuanya terkait dengan siklus menstruasi.

Oleh karena itu, selalu ingatkan diri Anda untuk menandai kalender Anda setiap kali haid tiba. Ikuti rutinitas ini setiap bulan untuk mempelajari pola siklus menstruasi Anda, terutama jika Anda berencana untuk memiliki bayi.

Beda Usia Kehamilan dengan Usia Janin

Perlu diperhatikan bahwa usia kehamilan tidak sama dengan usia janin. Cara penghitungan usia kandungan dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir hingga persalinan. Sedangkan usia janin lebih sulit ditentukan secara tepat karena tidak ada yang tahu kapan pembuahan akan berlangsung. Artinya, Anda tidak dapat menggunakan metode hitung kehamilan untuk menentukan usia janin.

Kegunaan Mengetahui Usia Kehamilan

Selain itu, memperkirakan usia kehamilan Anda juga akan membantu dokter dalam memantau kehamilan Anda. Mengetahui cara menghitung usia kandungan juga dapat berguna untuk beberapa hal berikut ini:

1. Menentukan Jadwal Tes

Mengetahui cara menghitung usia kandungan akan membantu dalam menentukan waktu berbagai tes medis. Salah satunya, USG pertama kali dilakukan saat usia kehamilan mencapai 6 minggu.

Pemindaian USG untuk menentukan apakah bayi kembar memiliki plasenta atau kantung ketuban yang sama dilakukan antara minggu ke 11 dan 14 kehamilan. Selain itu, dengan Anda mengetahui usia kandungan akan memudahkan dokter untuk menjalankan tes AFP. Tes darah AFP (alpha fetoprotein) dilakukan untuk menyaring risiko cacat lahir, sebaiknya selama periode 16 hingga 18 minggu.

2. Menentukan Metode Persalinan

Mengetahui cara menghitung usia kandungan juga penting saat merencanakan pilihan persalinan Anda, baik itu persalinan pervaginam atau operasi caesar. Dengan menghitung dan mengetahui usia kandungan Anda, dokter dapat memprediksi minggu kehamilan keberapa Anda harus melahirkan melalui operasi caesar. 

Bagi ibu yang merencanakan persalinan normal, sama pentingnya mengetahui cara menghitung usia kehamilan. Apalagi jika Anda tidak menunjukkan tanda-tanda ingin melahirkan, padahal usia kehamilan Anda sudah melebihi batas. Selain membantu Anda menghitung usia kehamilan, dokter Anda nantinya dapat mempertimbangkan cara memicunya berdasarkan usia kehamilan Anda.

3. Mengurangi Resiko Persalinan Prematur

Mengetahui cara menghitung usia kandungan yang benar dapat mencegah kemungkinan bayi terlahir prematur. Jika ternyata Anda berisiko mengalami persalinan prematur, dokter dapat memprediksinya dengan langkah-langkah tertentu, dengan mengetahui usia kandungan yang tepat saat itu.

Seperti itulah fakta-fakta yang perlu Anda perhatikan. Jika Anda kebingungan dalam menghitungnya, Anda tidak perlu khawatir. Dengan hadirnya kalkulator kehamilan online yang tersedia di website klikdokter.com, Anda bisa menghitung usia kehamilan Anda dengan mudah.

You Might Also Like

0 komentar

"Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai." - Pramoedya Ananta Toer