6 Material Bangunan yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membangun Rumah | Your Favorite Devil's Advocate
article

6 Material Bangunan yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membangun Rumah

Kamis, Desember 31, 2020



6 Material Bangunan yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membangun Rumah!

Pasti semua orang ingin memiliki rumah impian sendiri. Membuat sebuah rumah pun juga memerlukan budget tak murah dan waktu lama untuk mewujudkannya. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan berbagai jenis material yang ingin digunakan lho. Pastikan memilih material yang berkualitas dalam membuat rumah, supaya rumah tersebut mampu bertahan dalam waktu yang lebih lama.

So, material apa saja yang berkualitas untuk membuat rumah menjadi lebih kokoh dan bertahan dalam waktu lama? Langsung saja yuk, cek daftarnya berikut ini!

Batu bata merah

6 Material Bangunan yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membangun Rumah!
sumber: jayawan.com

Batu bata merupakan bahan material bangunan yang kuat dan berkualitas. Jadi, tak mengherankan kalau harga dari batu bata merah ini cukup mahal jika kita bandingkan dengan batako. Jadi kamu nggak perlu meragukan kekuatan dari batu bata merah ini. Kebanyakan ukuran batu bata merah yang digunakan untuk membuat rumah adalah sedang. Tetapi batu bata merah ini juga tersedia dalam bentuk besar, kamu hanya tinggal menyesuaikan saja dengan model rumahnya.

Semen 

6 Material Bangunan yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membangun Rumah!
sumber: artikelinformasi.com

Selain batu bata merah, material bangunan lain yang tak lepas adalah semen. Semen ini berfungsi sebagai merekatkan batu bata hingga menjadi sebuah dinding kokoh. Selain itu, semen juga digunakan dalam merekatkan lantai keramik. Untuk campuran semennya, kamu harus memperbandingkannya terlebih dahulu antara air dan semenya. Supaya semen melekat dengan baik, kamu perlu perbandingan yang tetap antara semen dan air. Banyak merk semen yang bisa kamu pilih dan berkualitas, tergantung dari harga semen.

Pasir 

6 Material Bangunan yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membangun Rumah!
sumber: jagobangunan.com

Selain air, semen juga perlu dicampur dengan pasir supaya lebih kokoh. Kualitas pasir yang baik berbentuk butiran tajam, sehingga pencampurannya akan lebih kuat untuk merekatkan bata maupun sebagai pondasi. Dalam memilih pasir kamu harus mencoba mengepalnya, jika saat di lepas pasir tersebut menggumpal, maka bisa dikatakan kalau pasirnya kurang berkualitas. Selain itu, kamu harus menghindari pasir yang punya kadar lumpur lebih dari 5%.

Besi beton 

6 Material Bangunan yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membangun Rumah!
sumber: anekabangunan.com

Besi beton in berfungsi sebagai rangka dari konstruksi rumah yang ingin dibangun. Ada banyak ukuran besi beton yang bisa kamu sesuaikan untuk bangunan, mulai dari 10 mm sampai 12 mm. Selain itu, ada juga beberapa jenis permukaan dari besi beton ini, yakni polos, ulir dan juga kanal. Besi beton ini berfungsi untuk membuat kerangka sebuah pondasi pada rumah dan setelah itu bisa kamu isi dengan adonan semen serta pasir.

Kayu 

6 Material Bangunan yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membangun Rumah!
sumber: dekoruma.com

Kayu sampai sekarang ini menjadi salah satu material yang tak lepas jika ingin membangun sebuah rumah. Material satu ini berguna sebagai kerangka rumah, selain itu juga bisa digunakan untuk kusen dan juga jendela. Tetapi sekarang ini banyak yang memilih kusen aluminium daripada kayu. Kayu sendiri memiliki banyak jenis dari berbagai asalnya. Misalnya saja kayu kamper Rasamala dan kamper Samarinda yang berasal dari Kalimantan yang memiliki kualitas terbaik. Tetapi kalau kamu tidak menemukannya, bisa memilih kayu lainnya yang memiliki kandungan air tak lebih dari 20%. Supaya kayu tidak lapuk, kamu bisa memilih kayu yang sudah melalui proses pengovenan.

Genteng 

6 Material Bangunan yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membangun Rumah!
sumber: kompasiana.com

Genteng juga menjadi salah satu material inti dari sebuah rumah. Fungsi genteng sendiri untuk melindungi penghuni rumah dari pancaran sinar matahari dan juga siraman air hujan. Meskipun umumnya genteng terbuat dari tanah liat, tetapi ada juga yang terbuat dari beton. Saat perubahan cuaca daya tahan dari genteng ini akan tetap kuat hingga puluhan tahun sehingga kamu nggak perlu mengganti-gantinya.

Nah, itulah beberapa material yang diperlukan dalam membangun rumah. Selain 6 daftar di atas masih ada banyak lagi material lain yang kamu perlukan. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan kualitas dari materialnya masing-masing supaya rumah menjadi lebih kokoh dan kuat.

You Might Also Like

0 komentar

"Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai." - Pramoedya Ananta Toer