Kunci Gitar atau Chord Waktu yang Salah oleh Fiersa Besari | Your Favorite Devil's Advocate
musik

Kunci Gitar atau Chord Waktu yang Salah oleh Fiersa Besari

Jumat, Juli 24, 2020


Kunci Gitar atau Chord Waktu yang Salah oleh Fiersa Besari

Fiersa Besari ialah sosok seniman muda yang berbakat terutama dalam seni sastra. Ia rajin membuat kalimat, buku dan kutipan-kutipan yang bermakna khususnya bagi anak muda. Penggemarnya pun kini semakin banyak. Karya-karyanya tersebut mampu menjadi mood booster dan penyemangat bagi kaum muda.

Tak hanya buku dan kalimat, ia juga berhasil membuat kagum penggemarnya dengan sebuah karya lagu berjudul "Waktu yang Salah". Lagu ini sempat menduduki tangga teratas dari playlist musik di Indonesia. Liriknya yang cukup mendalam dan berarti cukup membuat banyak orang yang menghayati dan menyukai lagu ini.

Bedah Lirik dan Chord Waktu yang Salah

Beberapa orang di antaranya sering melakukan pencarian lirik dan chord gitar waktu yang salah. Sebab, lagu ini sangat masuk pada semua kalangan. Terkadang dalam mendengarkan sebuah lagu, kita perlu menghayati apa isi liriknya. Begitu juga dengan pemain musik harus memahami apa chord yang digunakan. Lalu bagaimana sih chord lagu "Waktu yang Salah" ini?

Bagian Intro

Untuk bagian intronya, kamu bisa menggunakan chord G, Am, Bm. Nada tersebut bisa kamu mainkan hingga lirik yang pertama yaitu "jangan tanyakan perasaanku".

Kemudian, pada lirik kedua yaitu "jika kaupun tak bisa beralih", kamu gunakan kunci C, Cm, dan Bm. Dilanjutkan dengan kunci E, Am, Bm, Cm untuk lirik "dari masa lalu yang menghantuimu". Bagi yang baru belajar untuk lagu ini maka lakukanlah dengan perlahan agar kuncinya tepat. Kamu bisa melanjutkan ke lirik "karena ini sungguh tidak adil" dengan kunci Am lalu D.

Lanjut pada lirik lagu dan chord "Waktu yang Salah" pada bagian verse 2. Kunci yang digunakan sama dengan bagian yang sudah disebutkan sebelumnya. Lirik tersebut ialah "bukan maksudku menyakitimu, namun tak mudah tuk melupakan". Dalam lirik "cerita panjang yang pernah aku lalui" juga masih sama. Pada lirik "tolong yakinkan saja raguku" menggunakan kunci Am, D lalu G.

Kunci Gitar atau Chord Waktu yang Salah oleh Fiersa Besari
image source pexels.com

Bagian Chorus atau Reff

Selanjutnya, kamu akan memasuki bagian chorus atau reff. Bagian ini biasanya menjadi bagian yang paling dihafal oleh penggemar dan menjadi ciri khas tersendiri dari lagu tersebut. Untuk lirik "pergi saja engkau pergi dariku" gunakan chord C lalu C/D. Dilanjutkan dengan kunci Bm dan Em untuk "biar kubunuh perasaan untukmu".

Chord gitar "Waktu yang Salah" bagian lirik "meski berat melangkah" ialah kunci Am. Pada lirik "hatiku hanya tak siap terluka" gunakan kunci D, G, lalu Dm. Lanjutkan pada lirik "beri kisah kita sedikit waktu, semesta mengirim dirimu untukku" dan gunakan kunci yang sama pada bagian chorus lirik pertama dan kedua.

Bagian chorus terakhir yaitu "kita adalah rasa yang tepat" kamu mainkan chord Am dan D. "Di waktu yang salah" gunakan kunci G. Lanjutkan pada bagian verse 3. Chord yang digunakan sama dengan bagian verse sebelumnya. Perbedaannya hanya pada liriknya saja, yaitu "hidup memang sebuah pilihan, tapi hati bukan untuk dipilih, bila hanya setengah dirimu hadir, dan setengah lagi untuk dia".

Setelah itu, kembali lagi pada bagian chorus atau reff. Lirik dan chord waktu yang salah pada bagian chorus sama seperti bagian chorus sebelumnya. Kemudian, kamu memasuki bagian bridge dengan lirik pertama yaitu "bukan ini yang kumau, lalu untuk apa kau datang, rindu tak bisa diatur, kita tak pernah mengerti". Gunakan kunci Em, D, lalu C pada lirik tersebut.

Berikutnya, terdapat lirik "kau dan aku menyakitkan" menggunakan kunci Em, D, C, D. Setelah bagian bridge ini selesai kemudian kembali lagi pada bagian chorus dengan kunci yang sama dengan sebelumnya. Terakhir, kamu memasuki bagian choda dengan kunci C, Bm, Am, D, dan G. Setelah bagian ini maka lagu berakhir.

Lirik dan chord "Waktu yang Salah" ini bisa kamu coba dengan menggunakan gitar. Lakukan latihan untuk beberapa kali latihan agar bisa lebih tepat dari lirik dan kuncinya. Setelah itu, kamu dapat menikmati lagu ini dengan menyanyikan dan mengiringinya sendiri dengan musik yang merdu yaitu gitar.

You Might Also Like

0 komentar

"Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai." - Pramoedya Ananta Toer