Memilih Jasa Pengiriman Barang untuk Bisnis Makanan | Your Favorite Devil's Advocate
article

Memilih Jasa Pengiriman Barang untuk Bisnis Makanan

Jumat, Juli 17, 2020

Memilih Jasa Pengiriman Barang untuk Bisnis Makanan

Entah sudah berapa bulan pandemi Covid-19 ini menyerang dunia. Banyak orang yang harus berlapang dada kehilangan sumber penghidupan. Sebab, ya, mengutuki keadaan pun buat apa? Kesulitan ini sedang kita semua rasakan. Maka, aku pribadi sangat salut kepada mereka yang masih tangguh memutar otak untuk tetap mendapatkan penghasilan.

Bukan hanya kegigihan, tapi juga kreativitas dituntut untuk memilih upaya yang cocok untuk dijalankan. Mesti jeli menganalisis sekitar, memilih produk, menentukan target pasar, membuat inovasi sebagai bentuk pembaruan, sampai pada proses bagaimana barang yang dijual bisa sampai dengan cepat dan aman ke tangan pelanggan lewat jasa pengiriman.

Di lingkaran teman-temanku sendiri, kulihat ada beberapa yang mulai membuka usaha rumahan. Kebanyakan membuat kreasi makanan. Mulai dari yang tradisional sampai yang kekinian. Ada yang jual makanan berat, pun tidak lupa dengan camilan. Pokoknya kalau buka-buka status WhatsApp atau Instastory mereka bawaannya laper terus!

Nah, menurutku, upaya yang mereka lakukan untuk menyambung hidup tersebut sangatlah tepat. Memilih makanan sebagai salah satu kebutuhan primer manusia untuk dijual ke khalayak tuh oke banget. Biarpun sedang masa krisis begini, yang namanya manusia pastinya butuh makan. Walau yang jual makanan banyak, insyaAllah masih akan tetap laku juga. Percaya aja, ya, yang namanya rezeki mah enggak akan tertukar.

Namun, ya, dengan banyaknya orang di sekelilingku yang mulai buka usaha makanan begini, aku jadi mikir berarti mereka harus pilih jasa pengiriman barang yang tepat dong ya supaya makanan yang mereka jual bisa sampai dalam keadaan yang masih sangat baik ke pelanggan. Karena, kalo enggak kan bisa menurunkan kualitas dari makanannya itu sendiri. Ya, gak, sih?



Memilih Jasa Pengiriman Barang untuk Bisnis Makanan
Image source: pexels.com

Tips memilih jasa pengiriman barang untuk memuaskan pelanggan

Selain kualitas produknya sendiri, jasa pengiriman paket yang digunakan juga bisa menjadi penentu keberhasilan usaha yang dijalankan. Apalagi dalam hal ini aku sedang membahas soal makanan, ya. Seperti yang sudah kutuliskan sebelumnya, keterlambatan barang sampai ke pelanggan bisa menurunkan kualitas produk yang awalnya sudah dijaga dengan sebaik-baiknya.

Supaya hal tersebut enggak terjadi, coba perhatikan beberapa hal di bawah ini:
  • Pilih jasa pengiriman barang yang terpercaya dan sudah banyak digunakan oleh penjual lainnya. Biasanya yang sudah terpercaya begini akan memiliki rute pengiriman yang lebih lengkap dibandingkan dengan yang lainnya. Jadi lebih bisa menjangkau konsumen-konsumen yang belum terjangkau jasa pengiriman lainnya.
  • Kecepatan pengiriman tentunya sangat penting dalam melakukan bisnis rumahan secara online. Apalagi bicara soal makanan. Jasa pengiriman paket profesional biasanya berani menjamin barang akan sampai tepat waktu seperti yang sudah dijanjikan di awal. Kalau masih kurang yakin, kamu bisa baca-baca review tentang jasa pengiriman tersebut lebih dulu, ya.
  • Bisa melakukan tracking real-time dengan mudah juga salah satu hal yang perlu diperhatikan. Kadang, ada aja kan ya pelanggan yang suka enggak sabaran menunggu pesanannya datang? Dengan kemudahan tracking ini, tinggal buka aja aplikasi jasa pengiriman barang terkait, penjual dan pelanggan sudah bisa dilihat dengan jelas status barang sampai di mana.
  • Jaminan keamanan yang dapat dipercaya. Untuk pengiriman barang-barang yang butuh penanganan khusus seperti frozen food, es krim, atau barang pecah belah dalam case lain, poin yang satu ini penting banget buat diperhatikan ya. Kalau barang rusak di jalan kan berpotensi mengecewakan pelanggan dan merugikan penjual. Enggak mau dong, ya.
  • Memiliki standar tarif yang jelas. Hitung-hitungan soal tarif jelas enggak boleh ketinggalan. Sebelum menggunakan jasa pengiriman barang, penjual bisa melihat terlebih dahulu rincian tarif pengiriman yang tersedia. Berat barang yang dikirim dan jarak tempuh bisa jadi acuan untuk menghitung biaya yang mesti disiapkan.

Memilih Jasa Pengiriman Barang untuk Bisnis Makanan
Image source: gojek.com

Susah enggak sih nyari jasa pengiriman barang yang sesuai kriteria?

Kalau aku disuruh menjawab pertanyaan itu, sih, tentu aku akan jawab enggak. Sebab, aku pribadi udah langganan banget mempercayakan jasa pengiriman pada GoSend dan GoBox. Entah itu aku yang berlaku sebagai pembeli maupun aku sebagai penjual, ya. Pokoknya, jasa pengiriman barang dari Gojek ini selalu jadi yang utama, deh.

Untuk mengirimkan barang-barang kecil dengan berat maksimal 20 kg, kita bisa memanfaatkan layanan GoSend. Kalau lebih dari itu, ada GoBox yang bisa menjawab kebutuhan kamu akan pengiriman barang-barang berukuran besar maupun dalam skala yang banyak.

Layanan GoSend dan GoBox ini bisa kita dapatkan langsung dari aplikasi Gojek, jadi enggak perlu nambah banyak-banyak aplikasi lagi.

Kalau kamu butuh jasa pengiriman barang yang sesuai dengan kriteria yang sebelumnya sudah aku sebutkan, aku sangat merekomendasikan kamu untuk menggunakan layanan GoSend dan GoBox. No more worry! Enggak ada deh ceritanya barang rusak atau bahkan hilang.

Terakhir, untuk kamu-kamu semua yang masih berupaya untuk menghidupi hidup, kamu hebat!










Tabik!






Pertiwi

You Might Also Like

10 komentar

  1. Lihat banyak yang konsisten jualan jadi mau juga. Apalagi ada kurir terpercaya. Tapi jualan apa ya? Wkwkw.

    BalasHapus
  2. di era pandemi ini, ekspedisi pun meningkat sebagai blessing in disguise. Salah satunya ini unik jg bisa khusus ambil niche makanan ya. Semangaat smoga sukses!

    BalasHapus
  3. dalam masa pandemi seperti ini, jualan online adlah solusi untuk dapat tambahan uang, makanan adalah salah satu yang dibutuhkan dan pemilihan kurir adalah penting

    BalasHapus
  4. Saya sudah pakai Gosend beberapa kali. Memang praktis, cepat dan pasti sampai. Kalau Gobox saya malah baru ngeh ada di sana. Hihhi.
    Tapi ya mau kirim apa coba....

    BalasHapus
  5. Temenku juga mulai banyak yang buka usaha online. Paling banyak usaha makanan memang, bikin diet gagal mulu hhahhahaa.

    Tapi bener tuh, jasa pengiriman sangat berpengaruh pada kualitas makanan yang ujung-ujungnya memengaruhi penilaian pembeli juga.

    Pakai gosend sering aku tuh. Kalo gobox baru sekali pas pindahan. Gojek emang lengkap abis produknya.

    BalasHapus
  6. Sy senang banget dgn layanan gosend ini.
    Biasa klu order barang ktr selalu jemput sendiri..dgn gosend sy cuma duduk manis aja

    BalasHapus
  7. Aku sdh coba kedua layanan ini, baik gosend atau gobox. Aku sukanya tuh bisa dipercaya jadi gak bikin was-was pas kirm barang, estimasi harga juga bisa dipekiraan, jadi gak merasa kejebolan pas bayar jasanya.

    BalasHapus
  8. Aduh aku ketinggalan banget deh belum pernah cobain kirim paket dengan Gosend maupun Gobox. Yang sering cuma pake Gofood, hihihi.
    Emang udah terjamin kualitasnya sih ya layanan-layanan dari Gojek ini :)

    BalasHapus
  9. Aku juga sih kalau buka usaha kuliner maubpilih jasa pengirimannya lewat gosend gini, soalnya berasa leboh oraktis aja

    BalasHapus
  10. Pas banget nih kemaren aku pesen makanan lewat drive ojol malah makanannya hancur. Maunya sih kalau makanan ada packingannya yang lebih aman ya.

    BalasHapus

"Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai." - Pramoedya Ananta Toer