Pinjaman Modal Usaha Kreatif untuk Membangun Bisnis Mandiri | Your Favorite Devil's Advocate
finance

Pinjaman Modal Usaha Kreatif untuk Membangun Bisnis Mandiri

Kamis, Juli 11, 2019

Pinjaman Modal Usaha Kreatif untuk Membangun Bisnis Mandiri

Sejak dulu, aku seringkali menggaungkan keinginanku untuk menjadi seorang womanpreneur. Kenapa? Ya, pengin aja merangkul orang-orang di sekitar untuk membuat sesuatu yang bernilai. Namun, yang namanya memulai pasti butuh modal, dong? Melihat keadaan finansial yang demikian, yang dibutuhkan untuk memijakkan kaki di garis start selain niat yang kuat adalah pinjaman modal usaha.

Beruntungnya, Ilham selalu mendukung apa yang aku inginkan. Dan, sebagai bentuk dukungan penuhnya, dia selalu membantuku untuk mencari solusi dalam memecahkan setiap kerikil yang kutemukan di jalan. Termasuk soal pinjaman modal.

Setelah obrolan malam yang panjang selama beberapa waktu belakangan, akhirnya terkumpullah beberapa opsi yang—mungkin—bisa kami gunakan untuk menemukan pinjaman modal usaha yang tepat. Kami mengurutkannya dari yang konvensional sampai yang kreatif sekalian. Ya, namanya juga pasangan millennial. Hehehe.

1. Pinjaman modal usaha dari bank

Opsi ini muncul selepas menengok kembali apa yang dilakukan oleh budhe saya di kampung halaman. Memang, bank adalah tempat yang seringkali menjadi tujuan utama ketika seseorang membutuhkan pinjaman. Apalagi di wilayah yang orang-orangnya masih seringkali menggunakan cara-cara konvensional.

Ada program pinjaman di bank yang bernama kredit multi guna (KMG). Nah, di sini kita perlu memberikan sejumlah jaminan kepada bank, misalnya aset property ataupun kendaraan. Bunga yang ditawarkan berkisar antara 9-12% dengan tenor pengembalian antara lima sampai dua puluh tahun, bergantung kepada jumlah pinjaman mosal usaha yang diajukan.

2. Kredit tanpa agunan dari bank

Pilihan selanjutnya yang bisa kita dapatkan dari bank adalah kredit tanpa agunan (KTA). Pinjaman jenis ini merupakan salah satu pinjaman favorit dari para pencari modal sepertiku. Karena, kita bisa tetap mendapatkan pinjaman modal usaha yang dibutuhkan meskipun tanpa memberikan sejumlah jaminan.

Namun, bunga pengembaliannya lebih besar dari kredit multi guna (KMG), yaitu sekitar 10-23%. Maka dari itu, jika kamu ingin membuka bisnis mandiri dengan mengandalkan modal dari KTA, disarankan agar kamu mengambil tenor cicilan yang lebih singkat.

3. Mengikuti pelatihan untuk membuka bisnis mandiri

Karena pemerintah sedang gencar-gencarnya menggalakkan pemberdayaan UKM-UKM yang berdiri di tengah masyarakat, banyak lembaga pemberdayaan ekonomi yang kemudian memberikan pelatihan atau workshop kepada mereka yang ingin membuka usaha.

Nah, biasanya setelah melakukan serangkaian pelatihan atau workshop tersebut, aka nada informasi mengenai pinjaman modal usaha yang bisa para peserta dapatkan dari lembaga terkait yang mengadakan pelatihan. Tinggal bagaimana kita dengan gigih mencari info pelatihannya aja, deh.

4. Joint venture

Ini, sih, yang sebenarnya seringkali diserukan. Katanya, zaman sekarang sudah bukan masanya lagi bersaing, kolaborasi akan menjadikan usaha kita jauh lebih baik. Kita bisa mengajak teman atau saudara yang sekiranya memiliki visi dan misi yang sama dalam membuka usaha mandiri.

Dengan model usaha joint venture seperti ini, pinjaman modal usaha sudah bukan lagi menjadi tanggungan sendiri. kita dapat berbagi dengan rekan bisnis, baik dalam hal modal, sampai pada pembagian kerja dan untung-ruginya nanti.

5. Pinjaman modal usaha dari website

Yang ini banyak sekali dilakukan oleh para millennial masa kini, sepertinya. Kemajuan teknologi memang harus disyukuri karena banyak sekali memudahkan. Termasuk dengan bermunculannya website yang memungkinkan kita untuk mengajukan pinjaman online. Walaupun pinjaman modal usaha jenis ini masih tergolong baru, tapi cukup menarik untuk dicoba.

Caranya, kamu perlu menawarkan jenis usaha yang akan kamu bangun ke salah satu website crowdfunding yang sudah kamu pilih. Kemudian, jika para pengunjung website tersebut tertarik dengan profil bisnis yang kamu unggah, mereka bisa menjadi sponsor dan menyumbangkan uangnya sebagai modal usaha kamu. Sebagai gantinya, kamu bisa memberikan bayaran berupa reward sesuai dengan peraturan yang tertera di dalam website tersebut.

Itulah beberapa opsi yang sudah kami kumpulkan untuk memulai bisnis mandiri kami. Oh iya, untuk lebih memudahkan, kamu bisa langsung masuk ke https://www.cekaja.com/small-business-banking/ untuk menemukan solusi pinjaman modal usaha kamu, ya. Dengan teknologi terkini yang dimilikinya, kamu bisa langsung mengajukan pinjaman yang sesuai dengan profil usaha.






Tabik!



Pertiwi

You Might Also Like

0 komentar

"Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai." - Pramoedya Ananta Toer