Dilarang Baper, Santai Aja Lagi! | Your Favorite Devil's Advocate
article

Dilarang Baper, Santai Aja Lagi!

Jumat, Desember 30, 2022

Dilarang Baper, Santai Aja Lagi!

Di lepas surya yang menghitam, lamat-lamat gaung terompet terdengar. Nah, kayak gitulah kira-kira pembukaan tulisan anak sastra. Ya, sebagai pengingat ajalah kalau aku dulu pernah jadi bagiannya. Well, agak kangen sih sebetulnya. Karena di dalam lingkarannya, aku dapat banyak sekali pelajaran yang luar biasa.

Contohnya, di perkenalan awal saat aku memutuskan untuk ikut dalam salah satu komunitas teater, kakak pembina sempat berkata, “Kalian tau gak, apa yang bikin masyarakat kita gampang banget ribut? Karena banyak orang yang mudah tersinggung. Makanya, kalian di sini akan dilatih untuk terbiasa bergesekan dengan ketersinggungan. Dilarang baper, santai aja lagi!

Memang, metode yang diaplikasikan di dalamnya–bisa dibilang–agak ekstrem. Enggak ada lagi yang namanya filter dalam berucap dan bertindak. Apa itu SARA? Hal-hal yang terkait malah seringkali menjadi bintang utama. Untuk mereka yang sudah femilier, ya, akan biasa-biasa saja. Namun, untuk mereka yang masih dalam tahap mencoba agaknya bisa jadi boomerang yang malah memecah belah.

Nah, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan tersebut, perlu punya jalan lain yang lebih fun nih supaya perkara ketersinggungan bisa lebih diminimalisir. Kayak gimana, tuh?

Dilarang Baper, Santai Aja Lagi!

Santai Aja Lagi: cara seru main kartu bareng geng rusuh

Permainan kartu yang satu ini bisa menjadi opsi lain yang lebih menyenangkan, nih. Santai Aja Lagi adalah card game dengan jenis party game yang dirancang khusus untuk membuat satu kelompok menjadi rusuh saat memainkannya. Ya, gimana enggak? Game yang menuntut pemainnya untuk melengkapi kalimat tidak utuh tersebut mengandung jokes yang cukup berpotensi membuat sakit hati. Makanya, enggak cocok deh dimainkan oleh mereka yang baperan.
Eits, tunggu, tunggu. Aslinya enggak sehoror itu, kok! Kayak namanya: Santai Aja Lagi! Permainan yang dikhususkan untuk 17 tahun ke atas ini memang enggak perlu diseriusin. Pokoknya dibawa fun aja sembari mengisi waktu bareng teman dan kerabat yang mau sama-sama belajar untuk meminimalisir ketersinggungan. Percaya, deh, card game ini malah akan menimbulkan gelak tawa yang menggelar di antara kehangatan yang tercipta.

Dan, tau gak sih? Ternyata, Santai Aja Lagi tuh udah diluncurkan sejak tahun 2018. Walaupun saat itu diproduksi secara indie, peminatnya enggak bisa dibilang sedikit. Kalau dihitung-hitung, sampai detik ini permainan kartu tersebut udah terjual lebih dari 5.000 copy di Indonesia, lho! Nah, untuk menyambut gelora yang memuncak terhadap game satu ini, ke depannya akan diperkaya dengan beragam kartu ekspansi. Untuk sekarang, sedang ada tiga produk ekspansi yang dirancang: edisi Wibu, edisi Wong Jowo, dan edisi Azab. Yang mana, nih, yang paling bikin penasaran?

Dilarang Baper, Santai Aja Lagi!

Gimana, sih, cara main Santai Aja Lagi?

Sebagai salah satu orang yang suka main dan mengoleksi board game dan card game, bagiku, cara main Santai Aja Lagi tuh terbilang simple banget! Tinggal baca instruksi yang tertera di rule book satu menit juga bisa langsung paham. Bahkan, bisa banget kalau mau memodifikasinya supaya makin seru dan menyenangkan.

Nah, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah jumlah pemain. Karena permainan kartu yang satu ini memang sudah disesuaikan dengan kultur masyarakat kita yang suka sekali berkumpul dan bergurau, maka alangkah lebih menyenangkannya kalau Santai Aja Lagi dimainkan beramai-ramai! Ya, minimal empat orang dan maksimal dua puluh orang sih, ya.

Perhatian yang kedua, jangan sampai salah, kartu hijau adalah kartu soal dan kartu putih adalah kartu jawaban.

Setelahnya, tinggal ikuti step berikut:
  • Satu orang dipilih untuk menjadi bandar dan membacakan kartu soal
  • Seluruh pemain lain menyetorkan jawaban masing-masing kepada bandar dalam keadaan tertutup
  • Bandar mengocok kartu jawaban yang telah diberikan oleh pemain lainnya
  • Bandar akan membacakan kartu jawaban satu persatu
  • Bandar akan memilih satu kartu jawaban yang paling mengundang tawa
  • Pemain yang jawabannya terpilih oleh bandar akan mendapat 1 poin
Dilarang Baper, Santai Aja Lagi!

Nah, gampang banget, kan? Dan, seperti yang udah kubilang sebelumnya, rule permainan ini bisa banget kalau mau dimodifikasi sendiri sesuai dengan kesepakatan bersama antar para pemain. Yang penting mah happy!

Kalau mau main Santai Aja Lagi, beli di mana?

Well, sebenarnya udah enggak perlu bingung untuk beli di mana kalau mau main Santai Aja Lagi. Pasalnya, card game yang didominasi warna hijau dan putih ini udah tersedia di banyak toko board game. Namun, aku sih akan menyarankan untuk beli di official store Tokopedia aja! Soalnya, berkesempatan untuk dapat kartu ekspansinya juga. Lumayan banget, kan? Tinggal cari aja santaiajalagi official dan langsung check out produknya!

Oh iya, biar enggak ketinggalan update terbaru soal permainan kartu Santai Aja Lagi, bisa ikuti media sosialnya di @santaiajalagi.official, yaa! Ssstt, suka ngadain giveaway yang menarik, lho!

Jadi, melatih diri supaya enggak mudah tersinggung tuh bisa pakai cara yang menyenangkan juga, kan?







Tabik!



Pertiwi


You Might Also Like

0 komentar

Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai. - Pramoedya Ananta Toer