Tips Membangun Mood Saat WFH | Your Favorite Devil's Advocate
article

Tips Membangun Mood Saat WFH

Jumat, April 29, 2022

Tips Membangun Mood Saat WFH

Sejak pandemi dua tahun lalu, bekerja dari rumah atau work from home (WFH) sudah menjadi salah satu cara bekerja yang banyak dilakukan. Bekerja dari rumah sering dianggap menyenangkan karena bisa bertingkah semaunya selama pekerjaan yang ditugaskan bisa diselesaikan tepat waktu. Sayangnya, kita terjebak dalam situasi semacam ini cukup lama. Alih-alih menyenangkan, kegiatan WFH lama-lama menjadi membosankan.

Rasa bosan yang terpelihara dari hari ke hari dapat merusak mood yang nantinya memberi pengaruh buruk pada produktivitas kita. Siapa sih yang tidak pernah kehilangan mood saat bekerja? Biasanya sambil menunggu mood datang, beberapa orang mengalihkan fokusnya untuk mengonsumsi hiburan seperti menonton film, main game, atau sekadar scrolling linimasa media sosial.

Padahal mengalihkan fokus seperti itu hanya akan membuat energi dan waktu kita habis. Akibatnya, pekerjaan yang seharusnya bisa diselesaikan dalam beberapa jam malah molor hingga satu atau dua hari. Jika terus dibiarkan, kecenderungan ini akan memperburuk produktivitas. Oleh karena itu, aku mau berbagi tips untuk membangun mood saat bekerja dari rumah.

Tiga Cara Membuat Suasana yang Mendukung Mood Saat WFH

Hanya orang beruntung yang bisa mendapatkan mood secara tiba-tiba. Sisanya bisa kita usahakan dengan menata suasana yang bisa mendukung terciptanya mood bagus saat WFH.

Menyiapkan meja dan kursi yang ergonomis

Penggunaan meja maupun kursi seharusnya sesuai dengan kenyamanan tubuh kita. Meja kerja dan kursi adalah investasi yang sangat penting untuk disiapkan jika pekerjaan yang dipegang membutuhkan kita untuk duduk menatap layar komputer cukup lama. Jika dua properti interior ini asal-asalan, tubuh kita akan mudah lelah dan itu bisa membuat mood bekerja kita makin memburuk.

Mendengarkan musik yang familiar

Pada dasarnya, sebaiknya pekerjaan dilakukan dalam suasana yang hening agar bisa berkonsentrasi. Tapi ketika di rumah, kita tidak bisa mengontrol distraksi dan kebisingan yang muncul dari anggota keluarga lain atau bahkan dari tetangga sekitar. Untuk itulah kita perlu menciptakan dunia kita sendiri dengan menimpa kebisingan tadi lewat sajian musik favorit kita.

Mengharumkan ruangan

Ruang kerja yang harum dapat membangkitkan semangat dan menimbulkan kesan tenang bagi orang yang ada di dalamnya. Aku biasanya menggunakan pengharum ruangan otomatis Stella aroma kopi. Bagiku, wewangian kopi sangat membantu mengatasi udara yang pengap, menghilangkan bau tak sedap, dan bisa memberi efek relaksasi pada tubuh. Jadi, menggunakan pengharum ruangan adalah salah satu hal yang wajib untukku menaikkan mood saat WFH.

Ketiga cara ini sangat mudah untuk dilakukan, bukan? Mulai dari penyediaan meja dan kursi ergonomis, mendengarkan musik, hingga memanfaatkan pengharum ruangan bisa kamu coba mulai dari sekarang. Dengan begini, mood bisa tercipta sedari awal. Jadi tidak perlu lagi mendistraksi diri dengan mengerjakan hal lain sambil menanti datangnya mood.


You Might Also Like

0 komentar

Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai. - Pramoedya Ananta Toer