12 Cara Mengatasi Kebotakan di Usia Muda pada Pria | Your Favorite Devil's Advocate
article

12 Cara Mengatasi Kebotakan di Usia Muda pada Pria

Sabtu, Oktober 02, 2021

Cara Mengatasi Kebotakan di Usia Muda

Kebotakan di usia yang sangat muda akan membuat penampilan Anda kurang menarik dan bahkan menurunkan rasa kepercayaan diri Anda. Biasanya kebotakan pada pria dialami mulai usia 50 tahun.

Nah, kebotakan di usia muda tentu saja akan membuat Anda akan merasa cemas akan hal itu. Kenali bentuk kerontokan yang tidak normal dan cara mengatasi kebotakan di usia muda pada pria berikut ini.

Waspada Kerontokan Abnormal

Walaupun rambut rontok adalah hal dirasakan semua orang, namun sebaiknya Anda berkonsultasi jika mengalami kerontokan yang tidak normla berikut:
  1. Terjadi kerontokan yang disetai dengan gatal-gatal dan nyeri
  2. Pola kerontokan rambut yang tidak biasa
  3. Kerontokan terjadi pada usia dini seperti remaja atau dua puluhan
  4. Terjadinya bintik-bintik pada alis atau janggut Anda
  5. Terjadinya infeksi pada kulit kepala
  6. Disertai dengan kelamahan otot atau berat badan meningkat
  7. Kulit kepala berwarna merah, terlihat abnormal atau bersisik pada area yang mengalami kerontokan

Cara Mengatasi Kebotakan di Usia Muda

Berikut beberapa cara untuk mengatasi kebotakan yang pria alami di usia dini:
  1. Bersikap lembut terhadap rambut, hindari menyisir rambut dengan kasar dan menariknya dengan kuat.
  2. Hindari perawatan yang kasar, seperti curling iron, hot roller, pelurus rambut, hot-oil treatments, hingga pengering rambut.
  3. Konsultasi pada dokter, sebaiknya tanyakan apakah obat yang Anda konsumsi memiliki efek samping karena beberapa obat bisa menyebabkan kerontokan rambut.
  4. Melindungi rambut dari sinar matahari, Anda bisa coba mengenakan topi ketika cuaca sedang terik.
  5. Berhenti merokok, sebab beberapa penelitian menunjukkan bahwa perokok aktif bisa memicu terjadinya kebotakan.
  6. Mengendalikan stres dengan baik, karena stress dapat menyebabkan perubahan hormon yang memicu terjadinya kerontokan dan kebotakan.
  7. Memenuhi nutrisi rambut, dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, asam lemak omega-3, vitamin B12, vitamin B6, vitamin D, dan zat besi untuk menyuburkan rambut.
  8. Transplantasi rambut, dokter akan melakukan pembedahan untuk menanam rambut pada area yang botak menggunakan rambut pada area yang lain. Cara ini juga bisa terbilang efektif karena bersifat permanen dan terlihat alami, namun Anda harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal.
  9. Menata rambut Anda dengan gaya yang berbeda, coba berkonsultasi dengan penata rambut untuk membuat gaya rambut Anda yang berbeda agar bisa menyamarkan kebotakan sehingga rambut terlihat lebih tebal.
  10. Menggunakan wig, jika kebotakan yang Anda alami sudah sangat parah, Anda bisa mencoba menggunakan wig atau rambut palsu untuk menutupi kebotakan yang dialami.
  11. Melakukan terapi laser, dapat melancarkan peredaran darah pada kulit kepala Anda sehingga mampu merangsang pertumbuhan rambut baru. Namun sebelum Anda melakukan terapi ini, sebaiknya lakukan konsultasi pada dokter terlebih dahulu.
  12. Mengonsumsi suplemen, karena terdapat beberapa suplemen yang bisa membantu Anda untuk mencegah terjadinya kebotakan pada rambut, seperti Vitamin A, B, C, dan D serta Seng dan Selanium.

Itulah dia beberapa gejala yang disebabkan oleh kebotakan abnormal yang perlu untuk Anda waspadai. Segera berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan solusi penanganan yang tepat terdahap permasalahan Anda.

Selain itu, untuk mencegah dan mengatasi kebotakan dini yang Anda alami, coba lakukan beberapa cara yang telah disebutkan di atas. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda untuk mengembalikan rasa percaya diri.

You Might Also Like

0 komentar

Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai. - Pramoedya Ananta Toer