Inilah 4 Keutamaan Puasa Senin Kamis dan Manfaatnya yang Harus Kamu Ketahui | Your Favorite Devil's Advocate
article

Inilah 4 Keutamaan Puasa Senin Kamis dan Manfaatnya yang Harus Kamu Ketahui

Jumat, November 06, 2020

Inilah 4 Keutamaan Puasa Senin Kamis dan Manfaatnya yang Harus Kamu Ketahui


Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa shaum atau puasa merupakan salah satu ibadah yang hukumnya wajib. Namun, ada juga beberapa jenis ibadah puasa yang hukumnya Sunnah seperti puasa Senin Kamis. Meski hukumnya Sunnah, namun puasa Senin Kamis ini memiliki keutamaan yang begitu luar biasa lho. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai keutamaan puasa Senin Kamis, mending kita simak saja langsung ulasan dibawah ini.


Dibukanya Pintu Surga

Keutamaan pertama dari puasa Senin Kamis, yakni dibukanya pintu surga. Menurut informasi yang didapat, pintu-pintu surga akan dibuka pada dua hari, yaitu hari Senin dan Kamis. Hal itu juga disebutkan dalam sebuah hadist HR. Muslim seperti berikut:

Dari Abu Hurrairah RA, Rasulullah SAW pernah bersabda “Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan.”

Lalu dikatakan “Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keluarga berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim).

Surga Khusus Bagi Orang yang Berpuasa

Orang yang berpuasa Senin Kamis akan mendapatkan surga khusus bernama Ar-Rayyan. “Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya Ar-Rayyan, yang akan dimasuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. Di katakana: manakah orang-orang yang suka berpuasa? Maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah masuk, maka pintu itu ditutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi.” (HR Bukhori dan Muslim).

Waktu Diperiksanya Amalan Manusia

Semua amalan umat manusia di muka bumi akan diperiksa oleh Allah SWA pada kedua hari, yaitu hari Senin dan Kamis. Hal ini sangat sesuai dengan hadist dari Abu Hurrairah RA, bahwa Rasulullah pernah bersabda: “Amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah dalam setiap pekan (Jumu’ah) dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan.” (HR. Muslim).

Salah Satu Amalan Sunnah Paling Disukai Oleh Rasulullah SAW

Keutamaan puasa Senin Kamis berikutnya yang harus kamu ketahui, yakni salah satu amalan sunnah paling disukai oleh Rasulullah SAW. Dari Aisyah RA, ia mengatakan: “Rasulullah Shalallahu ‘ alaihi wassalam sangat antusias dan bersungguh-sungguh dalam melakukan puasa pada hari Senin dan Kamis.” (HR. Tirmidzi, an-Nasa-i, Ibnu Majah, Imam Ahmad).

Tak hanya itu, Rasulullah SAW juga pernah menyampaikan alasan beliau berpuasa di kedua hari ini pada hadist berikut: “Amal-amal manusia diperiksa pada setiap hari Senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. At Tirmidzi dan lainnya).

Adapun mengenai beberapa manfaat dari puasa Senin Kamis seperti dibawah ini:
* Melatih diri menjadi disiplin
* Mengistirahatkan system pencernaan tubuh
* Menjadi perlindungan batin seseorang
* Melembutkan hati dan meningkatkan rasa syukur
* Memberi kesempatan organ tubuh untuk beristirahat
* Meredam hawa nafsu
* Terhindar dari godaan setan
* Mendatangkan kebaikan yang berlimpah
* Meningkatkan kinerja otak dalam mengingat.

You Might Also Like

1 komentar

"Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai." - Pramoedya Ananta Toer