PRURide Virtual Ride: Konsep Olahraga Daring di Tengah Pandemi | Your Favorite Devil's Advocate
event

PRURide Virtual Ride: Konsep Olahraga Daring di Tengah Pandemi

Sabtu, Agustus 29, 2020





Terpaan pandemi Covid-19 membuka kemungkinan-kemungkinan baru untuk melakukan berbagai hal secara virtual. Seperti workshop, pertunjukkan musik, hingga yang baru aku tahu yaitu “bersepeda”.

Ya, kamu tidak salah baca. Siapa sangka ajang bersepeda bisa dilakukan secara virtual. Bukan berarti kita bisa mengayuh sepeda sambil rebahan lho, ya. Bukan juga sekadar modal jempol seperti main game balap. Walau disebut virtual, tapi kita tetap harus mengayuh sepeda di jalanan. Hanya saja, rute yang kita tempuh akan terpantau dalam aplikasi gawai yang turut kita bawa.

Sekilas terlihat biasa saja, ya? Tunggu sebentar, ajang bersepeda ini dilakukan secara massal juga bisa, lho. Tentu saja tidak boleh bersepeda berama-ramai karena kita masih harus menerapkan social distancing. Jadi masing-masing pesepeda akan menjalani rute yang ia pilih sendiri tapi jarak tempuhnya harus sama dengan pesepeda lainnya. Dengan begitu, ajang bersepeda masih tetap seru walau tak harus bertemu.

Konsep menarik ini datang dari perusahaan asuransi dan manajemen investasi ternama, yaitu Prudential Indonesia. Selama ini Prudential memang rutin menyelenggarakan ajang bersepeda massal yang disebut PRURide Indonesia. Tahun 2019 lalu ajang ini diadakan di Yogyakarta dengan peserta hingga 3000 dari berbagai daerah.

Menilik kesuksesan pada periode sebelumnya tentu menjadi acuan untuk mengulanginya kembali. Namun keadaan pandemi yang masih kita alami hingga hari ini menuntut konsep baru. Maka muncullah gagasan untuk menyelenggarakan “Virtual Ride” seperti yang sudah aku ceritakan di atas.

Tapi kalau cuma gowes saja sih apa spesialnya? Benar juga, tapi Virtual Ride PRURide Indonesia 2020 ini bukan hanya jadi ajang bersepeda saja, kok. Selain berolahraga, para peserta juga secara otomatis telah mengumpulkan donasi untuk disumbangkan kepada tenaga kesehatan di wilayah Indonesia Timur. Aku dapat bocoran infonya kalau dalam ajang yang diselenggarakan selama 4 hari itu telah berhasil mengumpulkan 256 juta rupiah. Wah, makin terlihat ya rasa solidaritas yang tinggi dalam masa pandemi seperti ini.

Informasi ini aku dapatkan ketika mengikuti webinar yang diselenggarakan oleh Prudential Indonesia pada 24 Agustus 2020. Beberapa nama yang hadir dalam webinar ini adalah Luskito Hambali (Chief Customer & Marketing Officer Prudential Indonesia), Chaidir Akbar (Experienced Cyclist), dan dr. Amira Anwar, Sp yang merupakan dokter spesialis paru-paru yang memiliki hobi bersepeda.

Selain memperbincangkan soal ajang Virtual Ride PRURide Indonesia 2020, dalam webinar ini juga banyak membicarakan hal-hal terkait kesehatan yang harus kita jaga serta bagaimana protokol keamanan ketika melakukan olahraga di ruang publik. Gara-gara ini aku jadi ingin berolahraga kembali. Mumpung punya banyak waktu di rumah, kan.

Lagipula belakangan ini aku semakin sadar jika gaya hidup serat harus terus didorong. Lagi-lagi, pandemi ini juga mengingatkan kita pada hal-hal sederhana yang mungkin terlewat. Yaitu kebutuhan akan hidup yang sehat. Mengingat salah satu upaya untuk menghalangi Covid19 adalah dengan meningkatkan imunitas tubuh.

Oleh karena itu, sesegara mungkin kita harus mulai membiasakan gaya hidup sehat. Sejauh ini aku sudah mulai dari mengonsumsi makanan-makanan yang sehat seperti buah-buahan. Nah, target selanjutnya adalah merealisasikan olahraga! Beberapa hari belakangan ini aku juga membahas hal ini dengan orang-orang terdekatku. Senangnya jika ada ekosistem saling dukung dan bantu, jadi lebih semangat!

Siapa tahu kalau badan sudah lebih bugar, tahun depan aku bisa ikut PRURide Indonesia 2020!





Tabik!


Pertiwi Yuliana

You Might Also Like

0 komentar

"Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai." - Pramoedya Ananta Toer