Teknik Mudah Pengaplikasian Cat Rumah Agar Nyaman | Your Favorite Devil's Advocate
article

Teknik Mudah Pengaplikasian Cat Rumah Agar Nyaman

Senin, April 20, 2020

Teknik Mudah Pengaplikasian Cat Rumah Agar Nyaman

Selain melakukan perpaduan warna, beberapa kombinasi dan teknik khusus dalam mengaplikasikan cat pada rumah perlu dilakukan. Hal ini tentu bertujuan untuk membuat rumah lebih menarik dan memberikan kesan nyaman saat ditinggali. Mencari inspirasi warna apa saja yang bisa dipadukan menjadi langkah yang bisa diambil. Di tengah wabah COVID-19 yang membuat sebagian besar orang melakukan aktivitas di rumah, tentu suasana rumah yang nyaman harus dirasakan. Nah, apa dan bagaimana cara melakukan kombinasi warna? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

  • Pola Triangular

Kamar anak menjadi salah satu bagian di dalam rumah yang harus diperhatikan oleh orang tua. Suasana ceria harus menjadi kesan yang bisa dirasakan oleh anak. Perpaduan warna yang dipilih pun harus sesuai misalnya kuning, putih dan biru. Teknik aplikasinya pun bisa dilakukan dengan cara yang berbeda. Salah satu caranya yaitu dengan pola triangular atau segitiga sehingga membuat tampilan kamar menjadi lebih atraktif. Di tengah–tengah kombinasi warna tersebut, ada warna kuning yang memberikan efek kejut sehingga terlihat lebih segar.

  • Pola Oval

Teknik lain yang bisa dilakukan yaitu dengan pola–pola geometris yang bisa dilakukan sebagai kombinasi dan perpaduan warna cat rumah. Tampilannya seperti ilusi sesaat dan sangat terlihat menarik. Warna–warna yang bisa dipilih seperti warna ungu kebiruan, pink dan ungu dan membentuk oval secara overlapping atau saling tindih. Pola gelombang air atau laut bisa juga diterapkan dengan warna – warna yang dipilih tersebut.

  • Pola Rectangular

Pola lain yang bisa dilakukan yaitu dengan menerapkan pola rectangular. Teknik yang bisa dipilih pun bermacam–macam, salah satunya dengan mengecat salah satu dinding dengan warna yang berbeda dengan warna dasar. Setelah itu, warna cat akan membentuk pola rectangular di bagian tengah dinding dan menyusun pola rectangular secara vertikal atau horizontal. Banyak warna bisa diaplikasikan sebagai perpaduan warna yang pas. Ditambah dengan ornamen dekor dan aksen, ruangan akan terlihat lebih menarik.

  • Teknik Ombre

Selain beberapa pola di atas, ada teknik lain yang bisa dilakukan yaitu dengan teknik ombre. Seperti namanya, teknik ini bisa memperlihatkan perubahan warna yang berubah dari warna yang lebih gelap ke warna yang lebih terang. Kesan artistik sangat terasa apabila cat pada dinding diaplikasikan dengan cara ini. Bagaimana, tertarik mencoba?

  • Kombinasi Papan Tulis

Bagi kamu yang suka konsep rumah industrial, pengaplikasian kombinasi papan tulis harus dicoba. Penggunaan warna hitam di salah satu dinding rumah mempunyai fungsi lain dari sekedar sebagai warna. Cat ini dikenal dengan nama chalkboard paint atau cat papan tulis yang terbuat dari bahan khusus. Tampilan matte akan terlihat dan bisa dimanfaatkan sebagai media untuk menulis serta cukup mudah untuk dibersihkan.

  • Kombinasi Kesan Tradisional

Rumah tradisional hingga saat ini masih banyak yang dipertahankan. Rumah – rumah jaman dahulu terkenal cukup kokoh bangunannya apabila dirawat dengan baik. Untuk menampilkan kesan tradisional, perpaduan warna yang dipilih bisa berupa warna – warna natural seperti warna kayu. Contohnya warna coklat, krem dan merah bisa diaplikasikan. Nuansa tradisional akan semakin terasa apabila dilengkapi dengan perabotan yang juga tradisional.

Itulah beberapa teknik kombinasi dan teknik pengaplikasian perpaduan warna cat di rumah yang bisa kamu coba. Pilihlah sesuai selera dan keinginan. Tampilan rumah akan menjadi baru dan berbeda serta semakin nyaman untuk ditempati. Soal kualitas cat, kunjungi asianpaints.co.id untuk mendapatkan referensi warna yang kamu inginkan. Jadi, aktivitas di rumah selama wabah COVID-19 belum usai tidak akan membuat bosan, bukan?


You Might Also Like

0 komentar

"Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai." - Pramoedya Ananta Toer