Galang Dana Online di Peduli Sehat | Your Favorite Devil's Advocate
health

Galang Dana Online di Peduli Sehat

Selasa, Mei 14, 2019

Galang Dana Online di Peduli Sehat

Bulan Ramadan gini, kujadi seringkali memikirkan apa saja kebaikan yang pernah aku lakukan. Kemudian, ingatan akan pengalaman galang dana online untuk sebuah komunitas sekolah alternatif membisikkanku bahwa aku punya sisi ibu peri yang harus kupertahankan. Alhamdulillah, ternyata hidupku enggak hanya kuisi dengan kegiatan nirfaedah.

Aku ingat betul, 2013 lalu, kami melakukan galang dana untuk membuat sebuah perpustakaan di tengah desa agar anak-anak dapat lebih mudah dalam belajar. Senangnya, ternyata banyak sekali orang yang peduli terhadap kemajuan pendidikan bagi mereka yang membutuhkan. Alhasil, dana terkumpul sebelum tenggat waktu berakhir dan voilaa… perpustakaan berhasil direalisasikan!

Aku kembali ke sana di tahun 2015, melihat bangunan abu-abu di hadapan mushola dengan banyak buku yang berjajar di dalamnya. Ditambah senyum anak-anak ketika memilih dan membaca buku kesukaan mereka, rasanya hati ini begitu hangat!

Jujur saja, itu adalah kali pertama aku mengenal galang dana online. Bagiku, metode yang memanfaatkan kemajuan teknologi dalam penggalangan dana tersebut sangat efektif untuk dilakukan. Pasalnya, kami enggak perlu lagi wara-wiri dari pintu ke pintu dengan banyak selebaran dan mempresentasikan hal yang sama berulang-ulang. Walaupun bisa sekalian menikmati manfaat olahraga, tapi kalau bisa lebih hemat waktu dan tenaga kenapa enggak, kan?

Semakin ke sini, ternyata kegiatan penggalangan dana semacam ini semakin marak di masyarakat. Mungkin sebelum mengenal galang dana online, mereka cukup kesulitan untuk berdonasi dan membantu sesama. Bingung harus ke mana atau menghubungi siapa. Nah, berbeda dengan sekarang yang menawarkan banyak sekali kemudahan yang bisa dilakukan di genggaman tangan, termasuk dalam hal berbagi dengan galang dana online kepada orang-orang yang membutuhkan.

Enggak hanya dalam hal pendidikan seperti yang pernah aku lakukan di atas, ada juga yang melakukan galang dana online untuk korban bencana alam, membantu mengatasi isu sosial yang sedang hangat, atau bahkan dalam hal donasi kesehatan.

Galang dana online untuk kesehatan di Peduli Sehat!

Indonesia merupakan negara dengan jumlah populasi terbesar keempat di dunia dengan total penduduk yang hampir mencapai 265 juta jiwa. Namun sayangnya, delapan puluh persen dari jumlah tersebut masih jauh dari harapan untuk hidup sehat. Banyak dari mereka yang akhirnya menderita penyakit serius dan tidak bisa pergi ke dokter karena tersandung masalah finansial. Padahal, dua puluh persen lainnya batuk berdahak saja sudah langsung ke rumah sakit terdekat. Miris kan, ya?

Nah, jika kamu punya konsen untuk membantu orang-orang yang membutuhkan di bidang kesehatan seperti disebutkan di atas, yuk kenalan dengan Peduli Sehat! Jadi, www.pedulisehat.id merupakan sebuah wadah yang menawarkan layanan galang dana online, real time, dan juga transparan melalui media sosial. Enggak perlu khawatir uang kamu enggak tersalurkan atau disalahgunakan deh jadinya.

Dengan membawa visi untuk melengkapi setiap keluarga dengan keberanian dan kekuatan dalam menghadapi berbagai macam penyakit, Peduli Sehat berfokus kepada mereka yang menderita penyakit serius dan tidak memiliki cukup dana untuk perawatan, pengobatan, serta bertahan hidup. Senang sekali aku, tuh, semakin banyak orang yang memanfaatkan kemajuan IPTEK untuk hal-hal yang sangat berguna kayak galang dana online gini.

Seperti yang sudah aku sebut sebelumnya, Peduli Sehat menawarkan kemudahan bagi kita dalam melakukan galang dana online. Bukan hanya soal aksesnya yang gampang dijangkau dengan jemari tangan, tapi kita juga memungkinkan untuk dapat mengakses semua platformnya mulai dari website www.pedulisehat.id sampai dengan media sosialnya hanya dengan satu kali login saja. Enggak perlu ribet bolak-balik, deh, jadinya.

Dengan ketransparanannya juga, kita bisa dengan mudah mengetahui dengan rinci siapa yang sedang kita bantu, berapa jumlah donasi galang dana online kesehatan yang dibutuhkan dan yang sudah terkumpul, bagaimana penyalurannya, dan lain sebagainya.

Contohnya seperti kampanye galang dana online yang sedang berlangsung untuk Dik Syanum Nadra Alissa di bawah ini:

Galang Dana Online di Peduli Sehat

Dik Syanum yang sedang menderita penyakit Hemangioma Liver (pembesaran hati dan limpa) ini sedang membutuhkan dana sebesar tiga puluh juta rupiah untuk biaya pengobatan yang tidak ter-cover oleh BPJS dan juga untuk biaya kebutuhan Dik Syanum selama pengobatan di Jakarta.

Sudah lebih dari sepuluh juta rupiah yang terkumpul untuk membantu Dik Syanum. Masih ada tiga puluh empat hari lagi yang tersisa untuk mengumpulkan galang dana online agar bisa mencapai target donasi yang dibutuhkan.

Di setiap laman kampanye, selalu dilengkapi dengan cara berdonasi di Peduli Sehat yang ternyata sangat mudah, lho.

  • Setelah login, kita tinggal menekan tombol “DONASI” di laman kampanye yang kita pilih.
  • Kemudian, masukkan nominal dana yang ingin kita donasikan.
  • Lalu, pilih metode pembayaran. Menariknya, selain bisa membayar dengan transfer bank (BNI, Mandiri, BCA, BRI, BNI Syariah, Bank Sinarmas, BNI Virtual Account, Danamon Virtual Account, Mandiri Virtual Account, Maybank Virual Account, dan Permata Virtual Account) dan kartu kredit, kita juga bisa membayar dengan e-wallet seperti GO-PAY dan OVO, serta pembayaran lewat Alfamart.

Sampai saat ini, sudah ada lebih dari lima ratus kampanye galang dana online di Peduli Sehat yang mana seratus di antaranya sudah berjalan dan sukses. Alhamdulillah.

Oh iya, enggak hanya donasi online, kita juga bisa membantu kampanye-kampanye yang ada di sana dengan membantu menyebarkan laman galang dana online tersebut ke orang-orang terdekat agar semakin banyak yang mengetahui dan membantu mereka yang sedang membutuhkan.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa langsung ke:
Website www.pedulisehat.id
Facebook Fanpage ID.Pedulisehat
Instagram @pedulisehatindonesia






Tabik!



Pertiwi

You Might Also Like

34 komentar

  1. Membantu sesama secara online sekarang semakin mudah caranya ya.. ada aplikasinya pula, jadi praktis.

    BalasHapus
  2. Sangat luar biasa. Kecanggihan teknologi semakin mempermudah untuk melakukan sedekah, kapanpun dan dimanapun. Apalagi sudah ada metode Galang Dana berbasis online seperti ini.

    BalasHapus
  3. Nice, kalau bisa membantu lebih banyak ya kenapa tidak. Berbagai fasilitas kan ada.

    BalasHapus
  4. Jadi kalo mau nyumbang bisa langsung via online aja yah. Mudah banget sekarang buat berbagi ke sesama ��

    BalasHapus
  5. Harusnya dengan adanya nyumbang secara online kayak gini jadi makin mudah nyumbang, ya ... jangan sebaliknyanya. Yuuuk, nyumbang online.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yas, ayuk mulai dari diri sendiri dulu ya

      Hapus
  6. Galang Dana Online memberi kesempatan bagi warga yang membutuhkan tapi selama ini kesulitan mendapatkan bantuan. Teknologi semacam ini mesti didukung agar lebih canggih ke depannya dan mampu menjadi solsui bagi perekonomian masyarakat yang tidak merata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah komentarmu ini mampu mengantarkanmu untuk menjadi the next mensos?

      Hapus
  7. Masyarakat Indonesia tuh terkenal sangat dermawan, makanya aplikasi kyk gini sangat cocok diperkenalkan ke masyarakat ya mbak.
    Cara berdonasi pakai aplikasi ini cukup mudah pula ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah sekali, seperti yang aku sebutkan di atas aja kok caranya

      Hapus
  8. uwaw 500 kampanye terbuka itu sama dengan pintu terbuka lebar menuju surga loh.
    apalagi pas ramadan, pahala dilipatgandakan. Wuah peluang besar nih!!

    BalasHapus
  9. Sekarang donasi lebih mudah dengan galang dana online. Selain lebih praktis dan aman, aplikasi ini juga bermanfaat banget untuk berbagi iya mba.

    BalasHapus
  10. Ah iya ini tuh yang kemarin sama Pa Ridwal kamil kampanye di IG juga ya, teknologi makin kesini makin pesat, jadi gak usah lagi datengin satu persatu personalnya untuk menggalang dana, semua jadi mudah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mak, tinggal pake jempol aja sekarang mah

      Hapus
  11. Galang dana online ini membantu banget ya buat yang membutuhkan . Donasi untuk sesama memang sangat penting

    BalasHapus
  12. Jadi ini fokusnya ke kesehatan yah kak? Nice idea, sekilas kukira kaya galang dana startup sebelah tapi beda, jadi lebih fokus. Makin gampang aja buat bersedekah hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya yang ini lebih fokus untuk kesehatan aja campaignnya

      Hapus
  13. Ini yang terjadi ketika teknologi bertemu dengan para pemilik jiwa-jiwa sosial yang tinggi.
    Semoga makin banyak tersebar berita kebaikan ini dan semakin banyak donatur yang membantu dalam Galang Dana Online.

    BalasHapus
  14. suka deh sekarang untuk melakukan penggalangan dana tuh udah mudah bisa online dan tidak merepotkan sama sekali apalagi kalo kita seorang pekerja yang sangat sibuk pastinya akan menyita banyak waktu kalopun harus berbagi gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, jadi sesibuk apa pun udah enggak ada alasan enggak sempat donasi karena udah bisa lewat genggaman tangan

      Hapus
  15. Peduli sehat ini sdh terintegrasi ya semua datanya untuk galang dana online, jdi sekali login semua data sdh bis kita akses.

    BalasHapus
  16. Penjelasan yang menarik soal galang dana online. Tercerahkan :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah aku sudah tampak seperti matahari?

      Hapus
  17. alhamdulillah..senang dengan adanya peduli sehat ini
    bisa membantu banyak orang dan kita yg donasi juga ga was was ya
    semoga makin banyak yg terbantu

    BalasHapus

"Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai." - Pramoedya Ananta Toer