Memulai Bisnis Mebel Online Untuk Pemula | Your Favorite Devil's Advocate
article

Memulai Bisnis Mebel Online Untuk Pemula

Kamis, Oktober 05, 2023

 Memulai Bisnis Mebel Online Untuk Pemula

“Ke mana aja? Kok baru kelihatan?”


Lagi, pertanyaan yang sama dari orang yang kutemui pada suatu kesempatan. Entah sudah kali ke berapa. Namun, ya, aku pun menyadari bahwa aku lebih menarik diri dari peredaran. Pasalnya, urusan pindah rumah yang aku lakukan sejak pertengahan tahun lalu belum juga usai. Jadi, mau tidak mau, sepertinya membatasi diri untuk sementara waktu adalah jawaban yang membantu.


Memang, katanya, perihal yang paling memusingkan dari pindah rumah adalah proses mengisi perabot di dalamnya. Sebelumnya, aku mempertanyakan, “Masa iya, sih?” Namun, setelah merasakannya sendiri, aku pun mengamini. Menata interior rumah dan memenuhi furnitur yang dibutuhkan memang tidaklah mudah. Belum lagi jika masih ada drama-drama yang belum selesaiai dari bangunannya. 


Oh iya, usut punya usut, penjualan berbagai macam furnitur mengalamani peningkatan sejak masa pandemi. Ya, karena enggak diperkenankan untuk ke mana-mana, akhirnya banyak yang melakukan work from home atau belajar daring untuk anak-anak yang masih menempuh pendidikan. Maka, butuh perlengkapan untuk bekerja dan belajar yang lebih memadai di rumah. Belum lagi, adanya kegabutan warga yang sudah enggak tahu mau melakukan apa dan butuh dipuaskan; sepertiku, contohnya. 


Hal tersebut rupanya membawa optimisme tersendiri bagi pertumbuhan industri mebel di dalam negeri. Apalagi kalau menilik lapangan terkait permintaan ketersediaan rumah yang cukup tinggi, tentu hal tersebut berbanding lurus dengan permintaan supply furnitur yang mengalami kenaikan dari hari ke hari. Hal inilah yang pada akhirnya membuat para pelaku bisnis mebel berlomba-lomba untuk menyuguhkan produk terbaiknya. Dan, orang-orang sepertiku—dan mungkin juga kamu—punya kesempatan lebih luas untuk memilih.


Memulai bisnis mebel online? Kenapa enggak?

Untungnya, teknologi masa kini agaknya cukup memudahkan proses yang sedang kujalani. Maraknya pelaku bisnis furnitur yang masuk ke dunia daring juga punya banyak andil. Sebab, enggak terbayang berapa kali tingkat kerumitan yang harus kuhadapi kalau membeli perlengkapan rumah ke toko mebelnya secara mandiri. Yang tinggal klik-klik dan duduk manis di rumah saja sampai saat ini belum juga rampung terpenuhi. :)


Dengan pasar yang cukup menjanjikan, enggak sedikit juga pemain baru yang lalu-lalang di industri mebel dewasa ini. Kalau mau ikut bersaing, apa aja sih yang perlu dimiliki untuk memulai bisnis mebel online?


Menyusun business plan yang apik

Kalau mau terjun dalam suatu usaha, tentu enggak bisa asal nyemplung begitu saja. Hal pertama yang harus disiapkan adalah business plan yang matang. Nah, rencana tersebutlah yang akan menjadi pedoman ke depannya dalam menjalankan bisnis mebel online yang baru dibuka. Enggak perlu terlalu terburu-buru dalam proses penyusunannya. Sebab, jika salah perhitungan sedikit saja dapat berpengaruh besar terhadap keseluruhan. Pastikan untuk mempertimbagkan kemungkinan-kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi dalam perjalanan usaha agar dapat mengantisipasi dan mendapatkan solusi sedini mungkin jika benar terjadi.


Menentukan target pasar yang tepat

Dalam bisnis apa pun yang akan dimulai, menentukan target pasar yang tepat adalah hal yang wajib dipersiapkan; tidak terkecuali dengan bisnis mebel online. Penentuan target pasar di awal mulainya usaha ini akan sangat berpengaruh pada range harga produk yang disediakan, pun dengan kualitas bahan dan hasil akhir furnitur yang disuguhkan. Contohnya, jika target pasar yang dibidik adalah kelas menengah ke atas, maka akan lebih masuk akal untuk menggunakan bahan baku kualitas ekspor dan dijual dengan harga yang lumayan pricey. Kalau target pasarnya kelas menengah ke bawah, bisa menggunakan bahan baku dengan kualitas di bawahnya dan dijual dengan harga yang lebih terjangkau.


Mengedepankan kreativitas

Memproduksi furnitur untuk kebutuhan interior rumah merupakan suatu kegiatan berkesenian tinggi. Selayaknya pekerja seni lain, kreatif dan inovatif merupakan salah satu kunci. Terlebih, pelaku bisnis mebel online di negeri ini sudah tidak bisa lagi dihitung dengan jari. Tidak cukup dengan menawarkan kualitas bahan terbaik, desain yang unik juga bisa menjadi salah satu daya tarik tinggi. Pun, enggak boleh ketinggalan tren perkembangan furnitur masa kini dan menambah wawasan lebih banyak lagi untuk menambah referensi.


Memaksimalkan kekuatan promosi

Nah, kegiatan promosi dalam suatu bisnis merupakan poin penting yang enggak boleh terlewati agar nilai penjualan terus meninggi. Kegiatan promosi dalam bisnis mebel online sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari membuat iklan secara daring, menawarkan potongan harga dan berbagai voucher belanja, sampai membuat situs penjualan. Jika dilakukan secara maksimal, maka kegiatan promosi ini akan berbanding lurus dengan peningkatan jumlah penjualan.


Menentukan lokasi bisnis yang strategis

Lho? Memangnya bisnis mebel online masih harus menentukan lokasi yang strategis? Ya, meskipun kegiatan jual-beli akan lebih banyak dilakukan secara daring, lokasi yang strategis tetap menjadi hal yang penting. Salah satunya adalah agar ketika ada calon customer yang mencari lokasi bisnis furnitur yang kamu miliki di Google Maps bisa ditemukan dengan mudah. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan calon pembeli kepada bisnis yang sedang dijalani. Terlebih lagi, sebagai gudang produk, lokasi yang strategis akan lebih mudah menjangkau berbagai sudut dalam pengiriman.


J&T Cargo membantu usaha UMKM


Menggunakan jasa pengiriman yang aman dan terpercaya

Yang namanya bisnis daring, pemilihan jasa pengiriman merupakan hal yang cukup krusial yang harus dipersiapkan sedini mungkin. Terlebih, produk furnitur rumah yang terbilang cukup besar harus selalu dipastikan aman dan tepat waktu sampai ke kediaman pemesannya. Nah, salah satu jasa pengiriman barang yang pasti bisa diandalkan dalam hal ini adalah J&T Cargo.


Aku percaya, nama J&T Cargo pasti sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar dari kita. Sebab, perusahan yang berada di bawah payung J&T Group ini sudah cukup berpengalaman sebagai jasa pengiriman barang sejak melebarkan sayapnya pada Agustus 2021. Perihal kirim furnitur rumah untuk membantu para pebisnis mebel online sih sudah enggak perlu diragukan keahliannya.


Layanan yang dimiliki oleh J&T Cargo ini terbilang cukup lengkap dengan segmentasi B2B, B2C, C2C (perusahaan, pabrik, grosir, distributor, retail, dll). Maka, untuk pelaku bisnis mebel online yang ingin meminimalisir risiko dalam pengiriman barang berat, J&T Cargo bisa menjadi andalan. Beberapa layanan produk yang disediakan oleh J&T Cargo adalah sebagai berikut:

  • AirTrack melayani segmentasi berat produk 1-68 kg yang cocok digunakan untuk pengiriman mendesak.

  • FastTrack melayani segmentasi berat produk 10-100 kg untuk layanan door-to-door dengan coverage yang lebih luas.

  • MaxTrack melayani segmentasi berat produk 100-500 kg untuk melayani pengiriman barang umum skala besar, seperti grosir, pabrik peralatan, pasar barang mentah, pengiriman antar toko dengan keunggulan paket makin besar makin murah.

  • LineTrack melayani segmentasi berat produk 50-300 kg untuk melayani pengiriman berbagai jenis pasar profesional dengan segmentasi berat komoditi menengah yang mengandalkan rute khusus harga sama dengan kompetitor.

Sebagai pelaku baru bisnis mebel online, kelengkapan layanan jasa pengiriman barang yang ditawarkan oleh J&T Cargo di atas dapat memudahkan dalam menyesuaikan kebutuhan pengiriman. Belum lagi, banyak promo yang seringkali disuguhkan. Maka, pebisnis baru dapat lebih menekan biaya untuk dialihkan ke pos lainnya.

Selain itu, keunggulan lain yang dimiliki oleh J&T Cargo adalah jangkauan pengirimannya yang luas. Hampir di seluruh di Indonesia, J&T Cargo sudah memiliki lebih dari 98 gudang sortir dan telah mengoperasikan lebih dari 3.200 outlet di berbagai wilayah Indonesia. Jadi, enggak perlu khawatir kalau harus mengirimkan furnitur ke luar daerah yang cukup jauh dari gudang produk.

Namun, kalau kirim barang berat terlalu jauh, tetap aja khawatir kan? Jika itu yang ada di pikiran kamu, tenang. J&T Cargo sudah menyediakan layanan online tracking yang akurat untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pengguna jasanya. Jadi, sebagai pengirim ataupun penerima barang nantinya bisa mengecek mandiri secara berkala terkait keberadaan paketnya.


Tetap aja, gak menghilangkan kemungkinan barangnya kenapa-kenapa kan? Betul sekali, maka dari itu J&T Cargo juga memberikan asuransi jaminan penggantian atau kompensasi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti kerusakan atau kehilangan pada paket yang kita kirim. Proses klaim asuransinya juga enggak akan dibuat susah, kok. Sebab lagi dan lagi, yang dikedepankan adalah rasa aman dan nyaman dari pengguna jasa J&T Cargo.


So, bagi para pelaku bisnis yang hendak mengetahui lebih lanjut terkait pengiriman barang, sampaikan kebutuhanmu melalui https://bit.ly/JTCargoRangkulUMKM.


J&T Cargo membantu usaha UMKM

You Might Also Like

0 komentar

Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai. - Pramoedya Ananta Toer