Doa, Niatan, dan Tata Cara Mandi Junub | Your Favorite Devil's Advocate
article

Doa, Niatan, dan Tata Cara Mandi Junub

Selasa, Oktober 05, 2021

Doa Mandi Junub

Mandi junub atau yang biasa disebut dengan istilah mandi wajib merupakan salah satu kegiatan yang biasa dilakukan umat muslim dewasa yang sudah baligh ketika ia hendak mensucikan dirinya dari hadats besar. Biasanya laki-laki atau wanita yang melaksanakan mandi junub ini berniat untuk mensucikan diri dari hadats agar bisa kembali melaksanakan ibadah harian yang biasa dilakukan.

Tahapan pelaksanaan dari mandi junub ini tidak hanya sekedar mandi pada umumnya melainkan terdapat beberapa aturan, tata cara, niat, dan juga doa mandi junub yang harus dilakukan dari mulai proses dimulainya mandi junub sampai selesai. Setiap umat muslim yang hendak melaksanakan mandi junub ini wajib mengikuti aturan-aturan tersebut agar mandi junubnya dianggap sah.

Agar mandi junub kamu diterima maka kamu bisa memperhatikan hal-hal berikut yang merupakan tata cara dan juga bacaan niatan yang harus dilakukan saat hendak melaksanakan mandi junub tersebut.

Hal paling pertama dan mendasar yang harus kamu lakukan sebelum memulai tahapan proses mandi junub yaitu membaca niatan. Karena mandi junub ini merupakan mandi yang dilakukan untuk membersihkan diri dari hadats besar maka kamu diharuskan membaca niatan sebagai berikut :

“Bismillahirahmanirahim nawaitul ghusla liraf’il hadatsil akbar minal janabati fardlon lillahi ta'ala."

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari jinabah, fardlu karena Allah Ta'ala."

Kemudian selanjutnya setelah kamu selesai membaca niat mandi junub tersebut maka kamu bisa memulai rangakaian mandi junub yang sesuai dengan tata cara berikut:
  1. Setelah membaca niat maka sesuai dengan anjuran sunnah Rasulullah yaitu kamu harus mencuci tangan kamu sebanyak 3x. Tujuan dari mencuci tangan ini agar tangan terhindar dari najis yang mungkin menempel.
  2. Kemudia kamu bisa membersihkan bagian tubuhmu yang dianggap kotor dengan menggunkana tangan kiri. Bagian tubuh yang bisa kamu bersihkan antara lain bagian kemaluan, bagian dubur, bagian lipatan ketiak, bagian pusar, dan bagian-bagian lain yang mungkin kotoran menempel.
  3. Setelah itu kamu bisa mengulangi mencuci tanganmu dengan menggunakan sabun atau cairan pembersih kemudian bilai kembali sampai bersih.
  4. Setelah kamu selesai memersihkan tangan dengan sabun makan kamu bisa melanjutkannya dengan melaksanakan wudhu selayaknya kamu berwudhu saat hendak shalat.
  5. Kemudian setelah berwudhu kamu bisa mulai membasuh bagian rambut dengan menggunakan jari-jari yang sudah dibasahi air sampai menyentuh ke bagian kulit kepala.
  6. Kemudian setelah sela-sela rambutmu mulai basah maka kamu bisa mulai mengguyur bagian kepala sampai seluruh bagian rambutmu basah semua sebanyak 3x pengulangan.
  7. Terakhir setelah kulit kepala dan semua bagian rambutmu basah, maka kamu bisa mulai membasahi seluruh bagian tubuhmu dari ujung kepala samapai ujung kaki dimulai dari badan bagian kanan lalu lanjut ke bagian kiri.
  8. Selanjutnya kamu tinggal meneruskan mandi junub seperti anda mandi pada umumnya kemudian bilas sampai semua bagian tubuhmu bersih dari kotoran dan juga sabun yang menempel.

Itulah doa dan juga niatan serta tata cara mandi junub yang harus dilakukan. Urutan-urutan tersebut sudah sesuai dengan aturan mandi junub yang diperintahkan, jadi kamu tidak perlu merasa khawatir lagi jika proses mandi junub anda ada yang salah atau terlewat.

You Might Also Like

0 komentar

Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai. - Pramoedya Ananta Toer