7 Tips Beli Rumah Dijual Bandung secara Over Kredit | Your Favorite Devil's Advocate
finance

7 Tips Beli Rumah Dijual Bandung secara Over Kredit

Selasa, April 09, 2019

7 Tips Beli Rumah Dijual Bandung secara Over Kredit
(Phoyo: Money)
Banyak rumah dijual Bandung yang tersedia, namun hanya sedikit di antaranya yang memiliki harga murah dan terjangkau oleh masyarakat. 

Bandung sendiri terkenal sebagai salah satu kota dengan harga rumah termahal di Indonesia. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa membeli rumah dijual Bandung dengan harga murah. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan rumah dijual Bandung dengan harga murah adalah, dengan membeli rumah over kredit. 

Over kredit rumah memang cukup menguntungkan. Biasanya, rumah yang dijual secara over kredit akan berharga lebih murah dari harga di pasaran. 

Selain itu, rumah over kredit biasanya memiliki kualitas yang cukup baik, karena umumnya memiliki usia bangunan baru. 

Namun, memilih rumah over kredit juga tidak boleh asal, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membeli rumah dijual Bandung secara over kredit, agar kamu tidak mengalami kerugian di masa depan. 

Lantas, apa saja sih hal-hal yang harus diperhatikan dalam membeli rumah dijual Bandung secara over kredit? 

Simak tipsnya di bawah ini yuk! 

1. Cari lewat situs jual beli rumah 
Tips Beli Rumah Dijual Bandung, Cari lewat situs jual beli rumah (Shutterstock)
(Photo: Shutterstock) 
Agar kegiatan jual beli rumah yang kamu lakukan dapat terjamin keamanannya, carilah rumah dijual Bandung lewat situs jual beli rumah, seperti 99.co Indonesia


Selain aman, situs jual beli rumah 99.co Indonesia juga terkenal memiliki listing properti terbanyak dibandingkan situs-situs properti pada umumnya. 



Sehingga, kamu dapat dengan mudah mencari rumah over kredit yang terdapat di kota Bandung. 



Selain itu, fitur pencarian yang tersedia pada situs 99.co Indonesia juga sangat detail, kamu bisa menyesuaikan lokasi, harga, tipe properti, tipe iklan, hingga sertifikat properti sesuai kebutuhanmu. 



2. Tentukan lokasi yang tepat 

Tips Beli Rumah Dijual Bandung, Tentukan lokasi yang tepat (Shutterstock)
(Photo: Shutterstock)
Dalam membeli rumah, baik over kredit rumah atau membeli rumah baru sekalipun, kamu harus mempertimbangkan lokasi dari rumah tersebut.

Jika memungkinkan, carilah rumah dijual Bandung yang dekat dengan tempat kerjamu.

Contohnya, jika kamu bekerja di kawasan Sukajadi, Bandung, carilah rumah di kawasan Sarijadi, karena wilayah tersebut dekat lokasi kerjamu.

Selain dekat dengan lokasi kerja, carilah rumah dijual Bandung yang dekat dengan fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan, rumah sakit, sekolah, dan sebagainya.

Hal ini agar kamu tidak kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari seperti berbelanja, berobat ke dokter ketika sakit, sampai dengan mengantar anak ke sekolah.

3. Survei secara langsung

Tips Beli Rumah Dijual Bandung, Survei secara langsung (Crucible Sales and Lettings)
(Photo: Crucible Sales and Lettings)

Meskipun kamu telah mendapatkan rumah dijual Bandung pilihanmu secara online, namun kamu masih harus melalukan survei secara langsung ke lokasi rumah tersebut berada.

Hal ini dimaksudkan agar kamu dapat melihat secara langsung kondisi fisik dari rumah tersebut, apakah masih dalam kondisi prima atau tidak.

Selain itu, cek juga keamanan dari lingkungan rumah tersebut. Baik keamanan dari tindak kriminal, ataupun keamanan dari bencana alam seperti banjir, tanah longsor, dan sebagainya.

4. Periksa kelengkapan dokumen rumah

Tips Beli Rumah Dijual Bandung, Periksa kelengkapan dokumen rumah (Yopa)
(Photo: Yopa)

Jika kamu telah menjatuhkan pilihan rumah dijual Bandung mana yang akan kamu beli, maka tahap selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengecek kelengkapan dokumen dari rumah tersebut.

Yang paling utama harus kamu periksa adalah dokumen Kredit pemilikan rumah (KPR) asli, yang biasanya tersimpan di bank pemberi fasilitas KPR kepada pemilik rumah.

Periksa pula sertifikat hak milik (SHM) rumah. Hal ini penting, untuk mengetahui pemilik sah dari rumah tersebut.

Kamu tentu enggak mau dong membeli sebuah rumah yang ternyata sedang dalam sengketa.

5. Cari tahu harga pasar

Tips Beli Rumah Dijual Bandung, Cari tahu harga pasar (Shutterstock)
(Photo: Shutterstock)

Agar mendapatkan harga rumah dijual Bandung yang sesuai dari harga pasaran, maka cari tahu kisaran harga rumah bekas di lokasi tersebut.

Ada tiga cara yang dapat kamu lakukan untuk mengetahui kisaran harga rumah adalah, pertama dengan mencari informasi sebanyak-banyak terkait pasaran harga rumah di lokasi tersebut.

Di kota Bandung sendiri, harga pasaran untuk rumah type 36 berkisar Rp400 – Rp500 juta, maka carilah rumah dijual Bandung dengan harga rumah tidak lebih mahal dari hal tersebut.

Kemudian cara kedua, dengan menghitung NJOP atau Nilai Jual Obyek Pajak yang dapat dilihat dari struk tagihan PBB rumah.

Sedang yang terakhir, dengan menghitung berdasarkan nilai pasar dengan rumus, harga tanah + nilai bangunan serta sarana pelengkap = nilai pasar.

6. Lakukan over kredit rumah langsung ke bank atau notaris

Tips Beli Rumah Dijual Bandung, Lakukan over kredit rumah langsung ke bank atau notaris (Freepik)
(Photo: Freepik)

Hal ini benar-benar harus digaris bawahi oleh kamu yang ingin membeli rumah dijual Bandung secara over kredit, jangan pernah melakukan transaksi di bawah tangan atau tanpa saksi dari instansi terkait yang berwenang menangani masalah tersebut.

Agar aman dan terjamin keabsahannya, lakukan over kredit rumah melalui bank yang memberikan layanan KPR kepada rumah tersebut.

Nantinya, pihak bank akan melakukan analisa terhadap kemampuan finansialmu sebagai orang yang akan meneruskan angsuran rumah tersebut.

Apabila disetujui, maka debitur baru rumah tersebut akan beralih ke tanganmu, kemudian kamu akan diminta untuk menandatangani perjanjian kredit baru, beserta akta jual beli dan SKMHT.

Namun, proses over kredit rumah melalui bank mungkin akan membutuhkan sejumlah biaya, mulai dari biaya over kredit rumah, biaya notaris, asuransi, serta biaya-biaya lain yang diperlukan.

Selain membeli rumah dijual Bandung tersebut langsung melalui bank, transaksi over kredit rumah juga dapat dilakukan dihadapan notaris.

Cara ini memang lebih murah dan lebih cepat dibandingkan over kredit rumah melalui bank.

Selain itu, melakukan over kredit rumah melalui notaris juga termasuk cara yang aman secara hukum, karena dilaksanakan di hadapan pejabat yang berwenang.

Dalam melalukan over kredit rumah melalui notaris, nantinya penjual dan kamu sebagai pembeli rumah diwajibkan untuk menyertakan beberapa dokumen penting, seperti:
· Fotokopi perjanjian kredit
· Fotokopi sertifikat rumah (yang berstempel resmi dari bank)
· Fotokopi IMB
· Fotokopi PBB yang sudah dibayar
· Fotokopi bukti pembayaran angsuran
· Buku tabungan dengan nomor rekening yang diperuntukan sebagai pembayaran angsuran
· Data diri penjual dan pembeli, seperti KTP, KK, buku nikah, NPWP, slip gaji terakhir, surat keterangan kerja, surat keterangan penghasilan, fotokopi mutasi keuangan tiga bulan terakhir dari rekening, dan sebagainya.

7. Membuat akta perjanjian pengikat jual beli

Tips Beli Rumah Dijual Bandung Membuat akta perjanjian pengikat jual beli (Chase Lawyers)
(Photo: Chase Lawyers)
Nah, setelah melengkapi segala dokumen yang diminta oleh notaris, selanjutnya notaris akan membuat akta perjanjian pengikat jual beli atas pengalihan hak dan kewajiban dari rumah dijual Bandung tersebut.

Isi dari akta perjanjian pengikat jual beli ini berisi hak dan kewajiban pemilik rumah baru terhadap kredit yang sedang berjalan, seperti kewajiban melunasi angsuran, serta hak mengambil sertifikat rumah ketika kredit rumah tersebut selesai.

Kemudian, pihak penjual juga membuat surat pernyataan atau pemberitahuan yang ditujukan kepada pihak bank, yang maksudnya untuk memberitahukan bahwa telah terjadi alih kewajiban dan hak atas kredit dari rumah tersebut.

Itu tadi 7 tips membeli rumah dijual Bandung secara over kredit yang perlu kamu ketahui.

Semoga informasi yang saya berikan dapat bermanfaat buat kamu sekalian.

Selamat membeli rumah!

You Might Also Like

1 komentar

"Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai." - Pramoedya Ananta Toer