#YOTNC2014: Maju Bersama Pemimpin Masa Depan | Your Favorite Devil's Advocate
article

#YOTNC2014: Maju Bersama Pemimpin Masa Depan

Minggu, Juni 22, 2014

Pagi hari, bermalas ria selagi liburan semester menghampiri nyatanya menimbulkan kebosanan yang menggila.

YOTNC2014
Tolong jangan fokus pada wallpaper-nya!
Berawal dari chat di grup WhatsApp tersebutlah keingintahuan saya menggebu-gebu. Apaan, sih, #YOTNC2014?

Baiklah, singkat cerita saya segera menarikan jemari menuju sebuah akun Twitter: @YoungOnTop. Dan inilah yang saya temukan!

YOTNC2014
YOT Tweets
Tanpa ba-bi-bu lagi segera saya mendaftarkan diri untuk mengikuti acara tersebut. Well, tidak lama kemudian saya mendapat e-mail balasan dari pihak #YOTNC2014 berupa invitation khusus blogger untuk masuk ke acara tersebut secara GRATIS. *iya, wajib capslock*

And, ya, here we are!

YOTNC2014
Ramai, kan? Iyalah, 1000 lebih!
Pertama, #YOTNC2014 adalah singkatan dari Young On Top National Conference 2014 yang diselenggarakan kemarin—Sabtu, 21 Juni 2014—di Kuningan City, Jakarta Selatan. Seminar yang mengusung tema “Pemimpin Masa Depan” tersebut mengadirkan pembicara-pembicara yang luar biasa pada bidangnya, di antaranya: Najwa Shihab (TV Anchor), Pricilla D. Airin (Managing Director SINDO Media), Ira Noviarti (Board of Director Unilever Indonesia), Gunawan Susanto (President Director IBM Indonesia), serta keynote speakers Andy F. Noya (TV Host of “Kick Andy Show”) dan Billy Boen (Founder Young On Top).
“YOTNC merupakan salah satu pergerakan anak muda yang didedikasikan untuk Indonesia. Dengan tema kali ini—Pemimpin Masa Depan, diharapkan agar dapat menginspirasi anak muda menjadi pemimpin yang baik untuk generasi di masa mendatang.” – Billy Boen
YOTNC2014

Acara dipimpin oleh Kak Jojo dan Kak Agung yang memeriahkan acara dengan jokes ringan yang menghadirkan tawa dan tepuk tangan dari peserta dan undangan yang hadir di acara #YOTNC2014 tersebut.

Decak kagum mulai menggema ketika Najwa Shihab berbicara di atas panggung. Empat belas tahun menjadi wartawan rupanya cukup memengaruhi wanita yang pemalu pada masa lalunya menjadi pribadi yang amat kritis.

Pada awalnya, keberanian yang muncul dalam diri seorang Najwa Shihab dimulai dari sang ibu yang aktif mengikutsertakannya dalam berbagai macam lomba pada masanya. “Ibu sayalah yang membuat saya tidak takut untuk memiliki ambisi,” tambahnya.

Hingga pada tahun 1993, beliau mengikuti sebuah program pertukaran pelajar ke Amerika Serikat yang membuatnya banyak belajar tentang apa sesungguhnya toleransi. Pada saat bulan Ramadhan, ibu kos—yang bahkan bukan beragama Islam—ikut bangun lebih pagi hanya untuk menyiapkannya makan sahur. Sesungguhnya, ini adalah sebuah tamparan keras bagi kita, Indonesia. Di mana perbedaan di negara ini masih terlihat begitu nyata. Seperti yang sudah saya tuliskan pada post satu tahun yang lalu tentang apa yang saya dapatkan di LBH Jakarta. Miris.
“Tugas yang sesungguhnya dari pers adalah untuk menunjukkan hal yang sebenarnya kepada khalayak luas.” – Najwa Shihab
Membahas soal kesuksesan, dikatakan kemudian bahwa yang membuat resah sesungguhnya adalah mendefinisikan sukses dan popularitas. Karena tidak sedikit orang yang mempunya mindset bahwa mereka akan sukses ketika mereka bisa dikenal oleh banyak orang. Padahal sesungguhnya, kedua hal tersebut adalah hal yang sangat jauh berbeda.
“Arti sukses adalah sekecil apa pun pekerjaan yang kita lakukan bisa menimbulkan kebaikan bagi orang lain.” – Najwa Shihab
Jangan bangga hanya karena kita berdiri di tingkat rata-rata, karena sesungguhya kita harus menjadi lebih agar bisa terus diingat dan menggapai apa yang kita inginkan. Begitulah inti yang disampaikan oleh pembicara kedua, Pricilla D. Airin. Kesuksesan baginya dirangkum menjadi lima kunci, yaitu SMART: Solution maker, Memorable, Active, Responsible, Taugh.

Dalam sebuah perusahaan, memang sudah dibagi divisi-divisi khusus yang bertanggungjawab untuk menangani hal-hal tertentu. Namun bukan suatu kesalahan ketika kita mengetahui apa-apa saja yang ada di dalamnya. Bukan berarti merusuh di dalamnya, tetapi untuk sekadar tahu dan mempelajari apa yang ada di dalamnya. Memperluas relasi dan menjaga hubungan baik setelahnya.

Mbak Ira Noviarti pun kemudian mengatakan bahwa beliau tidak dapat bekerja sendiri karena harus take care to the others. Sebagai seorang perempuan yang menjabat posisi tinggi di Unilever Indonesia, beliau memberikan beberapa tips sukses pada “sesi bilingual” yang wajib untuk disimak seperti berikut:

  1. Start everything from a vision. Be bold in setting up your own vision.
  2. Create path to reach that vision.
  3. Growth mindset. Growth of your team development. Growth of your own development. Growth of your business and company.
  4. Being resilience. You are able to face the problems.
  5. Focus own what's the positive changes you can create, instead of focus on the process.

Berada di posisi atas bukan berarti tidak pernah melakukan kesalahan. Pun juga pada seorang Ira Noviarti.
“Pelajaran paling besar adalah ketika kita melakukan kesalahan terbesar.” – Ira Noviarti
FOR YOUR INFORMATION!

Ranking Global Unilever:
  1.  USA
  2. Brazil
  3. India
  4. UK
  5. Indonesia

Percaya atau tidak, bahkan kita telah mengalahkan China dalam hal itu. China ada di posisi kedelapan. Gimana? Masih gak bangga jadi Indonesia?

Untuk menggapai kesuksesan, seperti yang sudah disampaikan di atas bahwa kita perlu akan adanya hubungan baik dengan orang lain. Bukan berarti kita mengenyampingkan idealisme pribadi, tetapi koneksi adalah hal yang bisa membuat kita bangkit berdiri lebih kokoh untuk menggapai apa yang kita ingin. Semuanya bisa kita dapatkan asal kita mau melakukan dan mau bermimpi.
“Ketika ketemu sama orang baru, you have to build a credibility. Yang paling berharga adalah relationship dengan klien.” – Gunawan Susanto
Menilik kembali pada konsep pemuda masa kini, banyak dari mereka yang ingin sukses tetapi tidak mau menjalani prosesnya. Giliran Andy F. Noya membagi kisahnya. Beliau lahir dari keluarga yang sangat sederhana, bapak tukang membenarkan mesin tik dan ibu penjahit. Namun beliau tahu, pendidikannya yang terbatas saat itu mengharuskannya untuk melakukan akselerasi yang lebih cepat dari yang lain. Sebab itu, saat menduduki bangku kuliah, beliau bisa menjadi atasan dari kakak-kakak kelas bahkan dosennya. Mental juara adalah orang-orang yang fokus pada tanggung jawabnya sendiri. Luar biasa!
“Kita boleh dan berhak sukses pada usia semuda-mudanya, namun sukses yang melalui proses.” – Andy F. Noya
Ada cerita menarik yang dipaparkan oleh Andy F. Noya saat itu. Tentang seorang petani di pedalaman Bukittinggi bernama Masril Koto. Beliau hanya mengenyam pendidikan hingga tingkat empat sekolah dasar, namun mampu melawan keterbatasan. Karena pernah mengalami kesulitan saat ingin meminjam uang di bank, kemudian timbullah ide untuk membuat bank sendiri. Dan siapa sangka kalau bank yang dicetuskan oleh pemikiran nyeleneh-nya ini telah memiliki 800 cabang?

Hal yang patut kita pelajari dari cerita tersebut adalah bahwa sesungguhnya tidak ada keterbatasan di dalam hidup. Yang ada hanyalah kita sendiri yang membatasi kemampuan kita sendiri. Bagaimana tidak? Banyak dari kita yang bisa melakukan lebih tetapi urung karena krisis kepercayaan diri. Malukah ketika mengetahui cerita tentang petani hebat itu? Saya, sangat malu.

YOTNC2014
All speakers!
Sejalan dengan cerita-cerita sukses dari para pembicara tersebut, konsep dasar dari Young On Top itu sendiri adalah passion, big dream, dan great attitude.
I don’t believe orang bisa memotivasi, but I believe orang bisa menginspirasi. Karena motivasi yang sesungguhnya datang dari dalam diri sendiri.” – Billy Boen
It’s okay you wanna be rich, it’s okay you are rich. Tapi bukan untuk menyombongkan diri, melainkan untuk lebih banyak berbagi.” – Billy Boen
Saya pribadi, senang sekali bisa mengikuti #YOTNC2014 tersebut. Karena di dalamnya, tentu amat banyak yang saya dapatkan. Mungkin bukan materi, tetapi inspirasi. Dan ketahuilah bahwa itu lebih berharga dari hanya sekadar barang jadi.

YOTNC2014
Campus Ambassador and all mentors
Melihat graduation campus ambassador batch 4 kemarin, saya amat ingin untuk ikut menjadi salah satu dari campus ambassador. Tahun depan, saya mendaftar!

YOTNC2014
Wuhuuu! I'm a leader! And you too, Guys!
YOTNC2014
The invitation for blogger. Free HTM!
YOTNC2014
Look! Who's beside me? Andy F. Noya!

Salam sukses,


Pertiwi Yuliana

You Might Also Like

30 komentar

  1. Aaaaakkkk aku iri loh ini pengen ikut :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau yaaa? Hihihi nanti kalo ada lagi kita ikut!

      Hapus
    2. Nanti kita kepoin socmed dulu buat nyari event keren :3

      Hapus
    3. Ayuk Mas Shakti main ke Jakarta!

      Hapus
  2. Acaranya kayaknya seru ya Wi ^^

    BalasHapus
  3. Seru ya acaranya, apalagi berduaan sama izmi ;))

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah acaranya bermanfaat ya.

    BalasHapus
  5. haduh tambah nyesel ga bisa ikut garagara baca tulisan ini.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sayang banget gak ikut, terbatas sik. Ya, namanya juga gratisan :|

      Hapus
  6. Syukurlah ada yang mengabadikan acara itu di blog. Sayang sekali ya acaranya jauh dari rumah. Terimakasih sudah berbagi pengalaman :)

    *bookmark*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kembali kasih :)
      Lain waktu ikut sama-sama, ya!

      Hapus
  7. Acara-acaranya YOT memang keren ya. Sayang banget gak ikutan jadi nyesel. Ikut tuh, Wi CAnya pasti lebih seru lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, aku mau ikut yang keenam, insyaAllah hihihi soalnya yang kelima udah ada kandidat-kandidatnya sih. Telat daftar :(

      Hapus
  8. Yah sayang banget gua gak tau, padahal kalo tau mau ikut nih. Keren ya, menginspirasi banget kayaknya, Tiw.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lo gak on wasap, Ta? Kan ada di grup. Iya, sayang banget. Keren *,*

      Hapus
  9. Enak juga bisa ikutan acara kek gini :D

    BalasHapus
  10. Ngiri , pengin ikutan. Foto bareng Najwa Sihab. whahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Najwa Shihab cantik dan mengagumkan sekali >,<

      Hapus
  11. Di desa jarang ada event besar kayak gini, tapi keren juga acaranya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga acara kayak gini bisa cepat menjangkau desa-desa juga, ya :)

      Hapus
  12. AAAAK NAJWA SHIHAB NGEPENS BINGITS!!!! Sayang sih gak di Surabaya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga nanti ada acara di Surabaya yang undang Najwa Shihab :D

      Hapus
  13. kerennn..... banyak banget ilmunya nih ikut acara beginian. jdi iri gue, tiw.... masukin grup wa jb lg dong, wii.... hee. yg jabodetabeknya aj.

    lo keren banget, ini kta'' yg penting lo bisa catet semua. super banget.

    BalasHapus

"Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai." - Pramoedya Ananta Toer