Kisah Sebuah Komunitas [Community Review] | Welcome to My Own World - Pertiwi Yuliana
random

Kisah Sebuah Komunitas [Community Review]

Selasa, Februari 25, 2014

Januari 2014, hujan lebat menggenangi hampir keseluruhan wilayah Jakarta yang terbilang dataran redah. Akses jalan tertutup di mana-mana, sedangkan jalan alternatif rupanya cukup sulit dijangkau masa. Kemudian harus apa? Menyalahkan keadaan karena rencana yang terancam sia-sia?

***

Pagi, 19 Januari 2014, dingin masih saja menggeluti rindu yang membaur dengan rintik hujan yang tersungkur. Sayup-sayup melodi itu menggema di ujung gendang telingaku, hujan masih setia di situ. Berkabar dan ternyata mereka pun masih mengakar karena hujan di luar.
Ah, agaknya aku mulai kecewa karena sebuah rencana yang akan gagal total, pikirku. Namun, kembalilah aku bangkit dengan mereka yang telah bersemangat untuk hadir. Jadi, mungkinkah aku mangkir?

***

Pukul 10.30 pagi, waktu yang bisa dibilang telat (banget) karena hujan membuat gue baru bisa keluar rumah sementara udah janjian jam 10.00 di Stasiun Pondok Cina sama temen-temen JB Jabodetabek. Beruntungnya adalah akses jalan memang sedang buruk-buruknya sehingga setidaknya masih bisa dimaklumi ketelatan ini. Iya, soalnya telatnya jamaah. Coba kalo gue doang? Mungkin pipi gue yang seksi ini sudah dijadikan santapan makan siang oleh mereka.

Menunggu adalah hal yang sungguh amat sangat membosankan, terlebih kalo sakit lo tetiba kumat sementara gak bawa obat. Serasa akan mati di tempat. Oke, itu lebay. Tapi keterlambatan kereta pagi (atau siang?) itu benar-benar telah membuat gue pegel berdiri di Stasiun Buaran. Beruntungnya, semesta masih berbaik hati karena pas dapet kereta ternyata bisa menikmati leha-leha di kursi empuk.

Tiga stasiun menuju Stasiun Manggarai dari Buaran itu seharusnya gak jauh, tapi karena kelamaan berhenti di Stasiun Jatinegara jadi cukup memakan waktu. Hari itu ada tiga rombongan yang siap berangkat. Hm... gak bisa dibilang tiga juga, sih, soalnya gue sendiri. Awalnya mau sama Imas tapi hujan di daerah rumahnya Imas masih betah main di sana. Dari Depok—Cileungsi ada empat orang, dari Kota ada tiga orang, dan dari Jaktim—Bekasi ada dua orang. Fix, bersembilan. Udah kayak cherrybelle, kan? Kurang unyu apalagi, sih, kami?

Personel terakhir yang datang ke tempat janjian adalah si Ratu Kepo, Imas Agustini. Rintik-rintik hujan nyatanya mulai meyapa kembali. Rencana awal yang sudah disusun memang ternyata harus dirombak total gegara cuaca yang gak mendukung yang otomatis mengakibatkan ketidakinginan lainnya muncul.

Nerobos hujan menjadi hal yang seru ketika kami melakukannya bersama-sama. Iya, kami memang wajib pindah tempat yang terlindungi dari hujan. Tujuannya adalah Mall Margocity Depok. Jalan kaki, sih, sebetulnya gak begitu jauh dari tempat kami kumpul awal di Stasiun Pondok Cina, tapi kembali lagi sang hujan yang cukup menghambat. Terlebih gak semua dari kami bawa payung. Kalo gue, sih, jelas gak akan bawa hahaha. Kalo gue udah bawa payung sudah dipastikan nyokap yang maksa sampe mulut berbusa.

Sesampainya kami di Margocity, gue sama Imas langsung menuju ke toilet cewek. Well, bukan berniat mau ngerapihin make up kayak cewek kebanyakan, tapi Imas emang kebelet mau buang sesuatu yang sedaritadi ditahan. Asli, gue ngerasa buluk banget pas masuk sana dengan tampilan yang ngebuat diri gue sendiri males buat ngeliatnya. Tapi, BODO AMAT! Hahaha!

Selagi gue dan Imas di toilet, yang lainnya nyari tempat yang bisa buat nongkrong lumayan lama untuk kami semua. Dan, tibalah kami pada sebuah tempat yang bernama Solaria. Kenapa Solaria yang jadi pilihan akhir? Karena mbak-mas Solaria udah terkenal lelet dalam melayani pengunjung yang datang. *ups! *kejujuran memang kadang menyakitkan

Awalnya, diem-dieman. Iyak, asli ngerasa gagal banget. Tapi untungnya, perlahan keadaan mulai mencair dan kami bisa saling ngobrol satu sama lain. Rencananya mau skype-an lagi sama yang di Malang karena kebetulan tanggal #KumpulKeblog-nya barengan, tapi sayangnya karena sinyal di tempat itu gak kalah kampret sama kinerja pegawai Solaria yang bikin perut gue makin keroncongan, gak jadilah kami skype-an.

Oiya, berhubung JB baru aja ulang tahun tanggal 10 Januari 2014, maka untuk #KumpulKeblog Jabodetabek 3 bulan Januari tersebut memang sengaja dimaksudkan untuk sekaligus merayakan genapnya usia komunitas ini. Kalo ada yang ulang tahun biasanya kita bawa apa? Iyak, k-a-d-o! Sebelumnya, kado tersebut kami masukkan ke dalam sebuah trashbag yang telah dipersiapkan. Tujuannya? Biar gak ketauan siapa ngambil kado dari siapa. Kami undi siapa yang duluan ngambil kado melalui hompimpa, sumpah ini keren hahaha! Udah kayak teroris yang lagi ngumpetin bom molotov yang siap memusnahkan semua makhluk yang ada. Apalagi ada yang kena jebakan Batman. *lirik Aldi*

Setelah makan dan buka kado plus ngobrol ngalor-ngidul sebentar, kami memutuskan untuk keluar dari tempat tersebut. Soalnya, pegawai Solaria-nya udah ngodein kami supaya cepat pergi dengan cara mandang sinis dan ngepel-ngepel lantai. Iyalah, kami di sana dari sepi > rame > sepi lagi > rame lagi > sepi lagi lagi. Untungnya, sih, kami peka. Kalo engga gimana? Pasti mbak-mbak itu udah sakit banget, gue ngerti kok rasanya. *eeeh

Kami ini pengertian banget, setelah dikodein begitu kami gak pergi gitu aja. Ditinggal pergi gitu aja tuh mengiris hati, kan? Kami baik hati, makanya kami meninggalkan kenang-kenangan kepada pegawai Solaria tersebut berupa secarik kertas bertandatangan kami semua dan sisa cemilan yang kami bawa dari luar. Tuh kan, kami tuh calon pasangan yang baik untuk kehidupan rumah tangga yang baik.



Karena merasa masih kurang perayaannya kalo hanya sekadar tuker kado semata, kami berniat untuk beli kue, lilin dan topi ulang tahun. Ini kegilaan lainnya, ketika kami ngerayain ultah KB di tengah mall gede sembari bawa-bawa kue dengan nyala lilin angka satu dan memakai topi ulang tahun ala anak TK. Tapi balik lagi, kami bahagia! Hal yang awalnya gue rasa gagal total nyatanya malah sukses besar!

Sempet dagdigdug juga, sih, karena kami nyalahin lilin di dalem mall yang jelas ada alat pendeteksi kebakarannya. Untungnya Agung lumayan cerdas, tiap kami tiup lilinnya, asep sisanya langsung ditutupin pake topi biar gak sampe kena alat pendeteksi kebakarannya. Foto-foto di tengan orang lalu lalang, minta fotoin orang lewat tapi pada gak mau. Padahal, muka kami semua unyu loh. Saya heran.....

Gue nobatkan, #KumpulKeblog Jabodetabek 3 telah sukses besar!

Kalau ada yang bertambah usia, biasanya kita punya harapan-harapan, kan? Dari gue.....

Mari kita flashback dulu, ya!

***

Akhir Maret 2013, tab mention-ku kedatangan tamu. Iya, username unik menginjakkan kakinya pada ruang pribadiku, @JambanBlogger. Awalnya, aku masih tak acuh akan ajakan untuk bergabung dengan komunitas blogger itu.

Mungkin begini, sudah terlalu banyak komunitas yang kuikuti—komunitas blogger yang pasti. Itu pun belum ditambah komunitas lain tentang kepenulisan, sekolah alternatif dan lain sebagainya. Masih kuabaikan.

***

Awal April 2013, tab mention-ku selalu menarik untuk kusinggahi dan tampaknya @JambanBlogger telah berhasil menarik hati.

PERKENALAN DENGAN KOMUNITAS BERBASIS FORUM

Mungkin, bagi yang terbiasa dengan Kaskus akan biasa pula ketika melihat tampilan dari http://www.jambanblogger.com/ ini. Berbeda denganku, aku sama sekali asing dengan forum. Jujur saja, rasanya amat sangat asing saat memasuki “wilayah” itu. Tampilan forum pada masa lalu masih berwarna merah-putih dengan logo yang hanya berupa siluet namun begitu menarik. Aku, karena ketidakmengertianku akan sebuah forum, itulah yang membuatku berkunjung lagi dan lagi ke tempat itu.

Logo lama jamban blogger
Logo lama @JambanBlogger

TEMAN BARU, KELUARGA BARU

Aku pernah menuliskannya dahulu, tentang teman-teman yang aktif pada forum yang masih bayi itu. Silakan ditengok >> Kegilaan Bersama Keluarga Baru. Walaupun sebagian dari mereka telah menghilang entah ke mana, namun kegilaan mereka akan selalu menjadi cerita yang indah. Ya, seleksi alam memang kejam.

***

Juli 2013, ini adalah bulanku. Iya, bulan kelahiranku. Bulan yang paling kutunggu dalam setahun berlalu. Aku ingat betul, hari itu aku sedang berada di Gramedia Matraman dalam acara Gathering and Birthday Teenlit. Tetiba, banyak notifikasi yang masuk ke dalam Blackberry-ku. Ternyata, Kak Hena menobatkanku sebagai Blogger of the Month bulan itu. Hei, ini benar-benar bulanku!


BLOGGER OF THE MONTH

Blogger of the Month Jamban Blogger periode Juli 2013
Slider gue di forum
JADI MODERATOR FORUM


Selama bulan Juni (kalo gak salah), Kak Hena lagi sibuk KKN ke suatu daerah yang gue lupa apaan namanya. Nah, di situlah doi rajin tiap sore BBM gue buat nanyain kabar forum gimana. Sempet ada yang ngerusuh--salah kamar dan double post--plus susah dibilangin, gue kasih tau ke Kak Hena.

Moderator waktu itu baru dua--Kevin dan Bang Beta--tapi yang aktif cuma Kevin gegara Bang Beta ada urusan pribadi yang ngebuatnya gak bisa begitu aktif. Kebetulan juga, saat itu Kevin lagi riweh sama bukunya yang mau naik cetak yang mengakibatkan sepertinya dia pun kurang aktif belakangan.

Mandat pun diturunkan, Kak Hena minta bantuan gue untuk jadi moderator.

KOPDAR PERTAMA

Pertemuan adalah hal yang gue tunggu.

You Might Also Like

35 komentar

  1. Tulisannya keren, bagus bngt katiwi :))

    Ahh sedih. aku gak pernah ikut kumpul ke blog, yakin seru.

    Jamban blogger semoga terus berjaya, dan the best pokoknya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayuk ayuk bulan depan ikut di Planetarium ya! :D

      Hapus
  2. Hapi bday JB semoga tambah oke...
    senangnya bisa kopdar, ngiri...

    BalasHapus
  3. Kapan2 kopdar bareng jabodetabek ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk kalian semua ke sini aja! Uwuwuwu!

      Hapus
    2. Siapa pun yang bayar yang penting sampe haha :3

      Hapus
    3. iya mas hen, gue belum pernah melihat penampakan mas hen. ._.

      Hapus
  4. keren.. baru tau ceritanya begini. insya allah gue akan menyebarkan virus jamban biar meluas ke kalimantan! yup! amin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uwuwuw! Keren! Semangat ya, semangat! :D

      Hapus
  5. happy birthday jamban blogger. gue sukaa

    BalasHapus
  6. Kapan-kapan skype-an lagi kak. Ya walaupun burem T T haha.

    BalasHapus
  7. Kece deh tiwi dapet blogger of the month :))
    Semoga ada waktu kesempatan buat ikutan kopdar, gara2 kemaren banjir, jadi sirna -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, banyak juga yang batal gegara banjir. Oke, lain kali ikutan ya! :D

      Hapus
  8. wah nyesel ga gabung jambanblogger dari awal di bikinnya garagara liat postingan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya yang aktif ya, agar tiada ada lagi penyesalan di antara kita :p

      Hapus
  9. Review kopdar yang kemarin dong hahah

    BalasHapus
  10. wihh, keren banget gile.....

    iya, gue paham kok. lo lebih serem memang dari pada cwo'' yg laen. nggak kaget kok, tiw.

    di tunggu reviw kopdar kemarin. foto''nya juga yak. kangen nih, liat'' mukanya. hahaha

    BalasHapus
  11. Wiiihhh keren banget!

    Jadi ngiler mau blogger of the month nya. Kapan-kapan gue pengen kumpul keblog di jakarta ah! kayaknya rame. Tapi, sayangnya gue ada di bandung! Huaaaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo rajin update sama main ke forum ya! :D

      Hapus
    2. Lo di Bandung? Kumpul Keblog Jabodetabek 4 kemarin juga salah satunya dari Bandung loh, si Adam :)
      Hayuk atuh dateng aja, kami welcome kok :D

      Hapus
  12. Wih kalo ada komunitasnya gitu, bisa jadi ntar saling berbagi cara dan reviewan :D hehe, satu dapat review, yang lain bisa ikut ngajukan

    BalasHapus

"Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai." - Pramoedya Ananta Toer