5 Alasan Kenapa Pendidikan Seks Bagi Remaja Itu Penting | Your Favorite Devil's Advocate
article

5 Alasan Kenapa Pendidikan Seks Bagi Remaja Itu Penting

Minggu, Januari 06, 2019

5 Alasan Kenapa Pendidikan Seks Bagi Remaja Itu Penting

Manusia pasti akan tumbuh seiring dengan pertambahan usianya. Sayangnya terkadang ada hal-hal yang harusnya didapatkan pada waktunya tetapi tidak di dapatkan pada waktunya. Salah satunya adalah soal seks. Banyak yang memandang seks adalah hal yang bersifat pribadi sehingga tidak patut dibicarakan. Padahal tanpa membicarakanya, tentu pengetahuan soal seks akan sulit didapat. Pengetahuan tidak harus didapat dari pengalaman pribadi, melainkan juga bisa didapat dari tutur kata orang lain.

Pendidikan seks adalah salah satu cara mengajarkan soal seks kepada remaja dengan cara yang tepat. tujuanya ada banyak sekali. Terutama untuk menjaga remaja dari bertindak hal-hal yang kurang baik. Berikut beberapa hal yang jadi alasan mengapa pendidikan seks itu penting.

1. Tidak Memandang Seks Hal Yang Tabu

Tujuan utama memberikan pendidikan seks bagi remaja adalah agar mereka tidak memandang seks sebagai hal yang tabu dan harus dihindari. Seks adalah sesuatu yang alamiah yang pasti menyangkut kehidupan seseorang. Sayangnya banyak remaja yang merasa malu bila harus bicara soal seks. Bagi wanita, malah takut kalau bicara soal seks di kira memiliki ciri ciri wanita hiperseks. Padahal bicara seks itu perlu, sebab tanpa membicarakanya, kita tidak akan memiliki pengetahuan yang lengkap.

2. Mencegah Terjerumus Ke Hal Negatif

Dunia barat sebenarnya tidak sesuai dengan kehidupan timur. Tetapi sayangnya, kita malah hanya melihat dunia barat yang begitu menggiurkan. Kita tidak melihat bahwa ada banyak hal negatif yang juga datang dari barat. parahnya, hal-hal negatif tersebut malah menurut remaja begitu menarik. Sehingga amat sangat mudah mereka tertarik dengan hal-hal yang berbau barat yang menurut mereka begitu menggiurkan. Tentu ini bukan tanpa sebab, salah satunya adalah kurangnya pengetahuan remaja soal dampak buruk perilaku barat yang tidak dipilah. Untuk itu kita sebagai orang tua wajib memilahkan lewat pendidikan seks.

3. Tahu Batasan

Yang paling penting dari pendidikan seks adalah membuat anak tahu batasan. Mana yang boleh mereka lakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan. Sepanjang mereka berteman dengan orang lain seusianya, tentu mereka harus diberi pemahaman soal batasan. Pendidikan seks memberikan batasan soal dunia seks. Anak-anak tidak boleh mencoba hal-hal yang berkaitan dengan seks sebelum waktunya. Mereka harus diberikan batasan yang tepat soal semua ini.

4. Mengenal Lingkungan Lebih Baik

Pendidikan seks tidak hanya sebatas soal reproduksi semata. Melainkan ada banyak sekali bahasan yang saling terkait. Pendidikan seks untuk remaja juga berkaitan dengan norma, etika dan prilaku. Norma adalah apa yang dianggap baik dan buruk oleh masyarakat. Sementara etika adalah apa yang sebaiknya dilakukan dan apa yang sebaiknya tidak dilakukan. Memberikan pemahaman seks yang baik pada remaja sama artinya dengan menjamin bahwa mereka mengenal lingkungan dengan baik.

5. Menjamin Masa Depan Jadi Lebih Baik

Dengan memberikan pendidikan seks yang baik kepada remaja, tentu mereka akan mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk. Mana batas-batas yang sebaiknya tidak mereka langgar. Terjaminya semua itu sama artinya dengan menjamin masa depanya menjadi lebih baik. Tentu ini berbeda dengan bila remaja tidak memiliki pengetahuan yang baik soal pendidikan seks. Mereka cenderung mencoba sesuatu yang membuat mereka penasaran. Padahal mereka tidak tahu apakah itu akan berdampak pada masa depanya atau tidak.

You Might Also Like

2 komentar

  1. Yes, dan alangkah lebih baik pelajaran seks pada remaja ini di infokan/diajarkan oleh ayah atau ibu, so si anak akan bijaksana juga mendengarkan dan langsung mengeahui mana yang baik, mana yang tidak baik

    BalasHapus

"Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai." - Pramoedya Ananta Toer