Tutorial Persiapan Piknik Asyik Bareng Keluarga | Your Favorite Devil's Advocate
article

Tutorial Persiapan Piknik Asyik Bareng Keluarga

Rabu, Oktober 19, 2016

Tutorial Persiapan Piknik Asyik Bareng Keluarga

“Kamu pergi sendiri terus, kapan di rumah? Mama kan pengin sekali-sekali jalan-jalan bareng sekeluarga.”

DHEG.

Shit, Men.

Rasanya itu, nyesss.

Beberapa tahun lalu, kata-kata itu keluar dari mulut nyokap. Kemudian, gue merasa durhaka. Terlalu hectic dengan urusan sendiri karena begitu banyak penat yang melanda. Pelarian gue, ya, dengan menyibukkan diri di luar rumah. Sebab banyak hal yang sulit untuk diceritakan yang terjadi di dalam rumah. Sebab gue merasa butuh ruang, setidaknya untuk sedikit lebih leluasa.

Salahnya adalah gue lupa bahwa ada banyak harapan yang gue pikul. Ada begitu banyak keinginan yang semestinya lebih gue dengar. Ada terlalu banyak tanya akan dunia yang seharusnya gue coba untuk jawab. Dan semuanya berasal dari… orangtua.

Ada beberapa kejadian di masa lalu yang membuat semuanya berubah. Kadang, rindu masa kecil itu begitu nyata. Bukan. Bukan karena masa kecil yang kerjaannya hanya main-main tanpa masalah berat, ya. Tapi ada rindu yang begitu lekat akan dekap dari kedua orangtua. Well, paragraf ini bikin gue sedih. Sial. Hahaha.

Oke, skip ajalah ya yang itu. Pada akhirnya, setelah adanya satu kalimat tanya itu gue memutuskan untuk menghibahkan satu hari di akhir pekan untuk mereka. Walaupun gak ke mana-mana, seenggaknya gue ada di rumah. Ya, walaupun kadang-kadang kalau ada acara penting tetap pergi juga, sih. Setidaknya, gue berupaya supaya kalimat tanya yang sama gak keluar untuk yang kedua kalinya.

Dari sanalah gue mulai menimbang-nimbang cara lain untuk menghilangkan kepenatan. Salah satu cara yang dapat menjadi irisan dari keadaan tersebut adalah menghirup udara segar dengan melakukan piknik kecil bersama keluarga. Menikmati panorama alam yang indah dipandang mata bisa melepaskan kejenuhan yang sedang dirasa. Memang, sih, agak susah kalau hanya mengandalkan waktu akhir pekan untuk berkumpul bersama keluarga. Ya, soalnya gue suka gatel kalau ada event yang sekiranya bisa gue hadiri hehehe. Alhasil, hari libur lainnyalah yang menjadi opsi.

Bercengkrama dengan alam, menghirup udara segar, dan menjalin kebersamaan yang hangat dengan keluarga memang diyakini bisa menjadi obat untuk segala penat. Kita dan keluarga bisa menikmati hari dengan bersantai dan mengenyampingkan segala hiruk-pikuk dunia untuk mendapatkan kedamaian jiwa. Membebaskan diri dari polusi ibukota dan bising kendaraan bisa meningkatkan mood juga. Nah, itu penting buat seseorang yang moody akut kayak gue hahaha!

Momen piknik bareng keluarga yang jarang bisa kita dapatkan tentu harus berjalan dengan lancar, dong? Jelas. Agar semua harapan akan ketenangan dan keindahan itu bisa terwujud dengan nyata. Untuk itu, berikut tutorial persiapan piknik asyik bareng keluarga yang dapat membantu kita untuk mewujudkan piknik impian kita:

  • Yang pertama harus kita lakukan adalah menentukan waktu dan tujuan untuk piknik bersama keluarga. Oh iya, menentukan waktu dan tujuan ini harus berdasarkan kesepakatan bersama, ya. Supaya bisa kumpul semua dan senang semua. Ada begitu banyak tempat yang bisa kita jadikan tujuan piknik bersama keluarga, seperti: pantai, taman kota, atau tempat wisata lain yang menyediakan area piknik.
  • Hal kedua yang harus kita perhatikan selain tempat dan waktu adalah cuaca. Ya, apalagi saat-saat sekarang ini, cuacanya lagi gak stabil banget. Nyebelin. Jadi ada baiknya sembari menentukan tempat dan waktu, cari tau juga perihal ramalan cuaca. Gak mau, kan, persiapan piknik yang udah matang tau-tau gagal gitu aja karena cuaca yang gak mendukung kita?
  • Kalau tempat, waktu, dan cuaca udah cocok, sekarang masuk ke persiapan di TKP. Okey, menurut pengalaman, hal yang paling penting dibawa selain hanphone dan uang adalah… tikar! Iya, beberapa kali mau piknik tapi jadi gak nyaman gegara gak ada alas duduk soalnya hahaha. Gak usah bawa tikar yang berat juga, sih, tikar plastic bisalah. Atau alas kain agak tebal yang memang khusus untuk alas duduk buat piknik. Biar bisa duduk atau tidur-tiduran di tengah alam bareng keluarga.
  • Nah, berikutnya ini opsional. Kalau milih buat piknik di pantai jangan lupa buat bawa payung lebar, sunblock, tisu basah, handuk, sabun, dan pakaian ganti. Jangan sampai waktu balik ke rutinitas biasa malah kulitnya gosong, mengurangi tingkat ke-ketje-an dalam menjalani keseharian. Jangan sampai juga gak bisa bebas main air karena lupa bawa baju ganti dan peralatan mandi. Pokoknya disesuaikan.
  • Selanjutnya, bawa bekal makanan! Ya, soalnya biasanya di tempat piknik kalaupun ada yang jual makanan harganya akan melambung berapa kali lipat dari harga biasa. Bawa uang, sih, harus. Tapi kalau bisa hemat dengan bawa bekal kenapa enggak, kan? Oh iya, bawa makannya pakai peralatan yang terbuat dari plasti aja, ya, biar gak berat dan repot.
  • Kalau kalian bawa bekal makanan yang berkuah, pastilah enaknya dimakan hangat-hangat dong. Jadi, bisalah bawa kompor gas portable untuk keperluan itu. agaknya jarang juga, sih, ya yang punya kompor gas portable ini. Kalo belum punya, gampang! Kita bisa mengunjungi MatahariMall.com, di sana jual kompor gas portable yang siap dibawa untuk piknik, lho! Soal harga pokoknya hemat dan mudahlah, ya. Sipakan juga peralatan masak seperluanya yang dibutuhkan tentunya dalam ukuran yang kecil. Dengan cara ini, acara piknik keluarga semakin seru dan menyenangkan.
  • Soal makanan udah, sekarang minuman! Untuk tetap membuat minuman bekal piknik kita tetap dingin dan segar, sebaiknya kita membawa es batu dari rumah dan memasukkannya ke dalam cooler box. Selain itu, kita bisa juga memasukannya ke dalam tas yang dilengkapi dengan alumunium sehingga minuman piknik keluarga tetap dingin dan segar.
  • Hal yang gak boleh ketinggalan lainnya adalah kantong plastik. Ini penting. Kita memang melakukan piknik untuk membebaskan kepenatan, tapi jangan sampai niat tersebut membuat kita abai pada tempat yang kita kunjungi. Kita tetap harus menjaga kebersihan sekitar. Jangan buang sampah sembarangan. Piknik boleh, nyampah jangan!
  • Kalau semua persiapan di atas udah beres, sekarang harus pilih kendaraan yang nyaman. Yang pasti, enak buat bepergian jauh dan bisa menampung semua anggota keluarga plus barang-barang persiapan piknik tadi.
  • BERANGKAT!


Nah, itulah dia tutorial persiapan piknik asyik bareng keluarga yang kali ini bisa gue bagikan. Kalau ada yang mau menambahkan silakan tulis di kolom komentar. Mari lepaskan kepenatan dengan piknik asyik bareng keluarga! Merdeka!






Salam sayang,




Pertiwi Yuliana

You Might Also Like

46 komentar

  1. Emang bener sih. Kalo udah sibuk seharian di luar sama urusan sendiri. Seengganya punya waktu buat orang rumah.

    Trus kapan kita piknik bareng?

    Ehgimana?

    BalasHapus
  2. Jadi nyadar kalo udah gak pernah piknik atau jalan sekeluarga gitu. Kalopun weekend, ya ngumpul di rumah doang. Hhhh makin dewasa kok malah makin 'jauh' dari orang tua ya? :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kujuga merasakan hal yang sama. Sedih ya. Mau peluk mama :(

      Hapus
  3. Gue kok ga ada dikontak yah buat bikin tutorial ini? Duh sedih :(

    BalasHapus
  4. Sedih, sih, ini. Gue juga gak pernah piknik bareng keluarga lagi. Pulang kampung bareng aja hampir gak pernah. Huft. :')

    Btw, bawa-bawa kompor berat euy!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk kita jalan-jalan bareng keluarga lagi :3
      ITU KOMPOR PORTABLE WOY! KAMPRET HAHAHA

      Hapus
  5. #SelaluAdaCelah. Ikut-ikut udafanz, ini. XD

    Ngomongin liburan bareng keluarga, ya? Hem... Kalo diinget, udah lama banget gue udah nggak jalan-jalan sama keluarga. Malahan banyak sama temen. :'(

    Kapan-kapan kalo pulang gue harus ngajak Keluarga buat Piknik, nih. Sekalian bawa2 kompor. Biar piknik makin repot.


    *kabur..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gapapa repot asal page one di dapet eyoey~

      Hapus
  6. Terakhir liburan bareng keluarga pas famgath. Hehehe. Tapi emang bagusnya cek mataharimall.com dulu sih sebelum piknik.

    BalasHapus
  7. Wahh jadinya nyambung ke kompor portable ya tiw, itu yang ada gasnya kan ya, tapi bli gas kecile yang susah huuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Nita kenapa ikut-ikutan fokus ke kompor, sik? Hahaha

      Hapus
  8. Hehehe... anak gadis udah jarang piknik bareng keluarga, ya? Diseringin ya dek, mamak-mamak itu kangeen bisa piknik sama anak gadisnya. Ihiks... *tjurhat mamak-mamak yang 'kehilangan' berdua anak gadis* :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehehe iya, Mbak. Lagi nyoba mendekatkan diri lagi sama orang rumah hehe doakeun :)
      Semoga anak-anaknya Mbak juga makin betah nemenin mamanya, ya. Aamiin. :*

      Hapus
  9. Aha aha aha. Gue selalu rajin liburan bareng keluarga. Biasanya lebih milih liburan yang resort gitu, terus deket sama tempat belanja, pantai, dan kuliner. Maklum lambung benaaa nggak cuma satu. Sekeluarga juga :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaa enaaaak. Mauuuu hehehe kompak, ya, sekeluarga :3

      Hapus
  10. jadi pengen liburan :(

    jangan lupa mampir
    http://kecebongsalahgaul.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  11. Kayaknya seru banget ya bisa jalan2 sama keluarga, aku paling jalan sama keluarga pas mau ziarah ke makam kakek nenek doang itupun pas mau puasa & lebaran. Hahahahhaahaha:(

    BalasHapus
  12. Enaknya liburan breng keluarga itu kita gk mikirin uang lagi, pokoknya bebas beli apa aja tnpa mikirin uang, hahahh, trus mkanan juga bukan kita yg bayar, hoehoehoeeee....#selaluadacelah

    BalasHapus
  13. Persiapan liburan yang paling penting itu cuma kamera.. haha

    BalasHapus
  14. piknik bareng keluarga :')

    salah satu hal yg kadang gak kepikiran, yg paling sering malah piknik bareng temen-temen. :))

    BalasHapus
  15. Curhatnya lebih nyamleng dari tutorialnya booosssssssss.. Hahahahaha

    BalasHapus
  16. Aku uda lamaaaaa banget gak liburan bareng keluarga. Setahun ada kali ya? Itu jugak sama Mama doang. Wkwkwk :p

    Kepengen sik liburan bareng lagi. Tapi semua pada sibuk. Jadi sedih :(

    BalasHapus
  17. bener2 gak kepikiran piknik bareng keluarga :')

    BalasHapus
  18. keluargaku banyak. jadi kadang kalau pingin liburan sekeluarga suka mikir panjang. biasalah, apalagi kalau bukan soal uang. jadi jarang banget buat piknik sama keluarga *e kok curcol :"D

    BalasHapus
  19. Liburan bareng keluarga ya, wah gue juga udah jarang berlibur bareng keluarga.

    Ok tips nya akan gue coba,

    Btw, Kalo bawa kompor jadi bawa wajan juga dong, hehe

    BalasHapus
  20. pas banget baca ini di saat aku mau piknik sama keluarga haha. tapi aku udah pengalaman banget nih, ga mau lagi bawa bekal. ribet. mendign beli deh

    BalasHapus
  21. Liburan ke mall bisa dibilang sudah biasa, jadi liburan yang membosankan. Liburannya yang hanya belanja, menghabiskan uang dan makan-makan. Liburan yang jarang dilakukan dalam keluarga adalah piknik. Liburan di tempat terbuka dan bermain-main bersama keluarga.
    Liburan bersama keluarga memang obat penghilang lelah.

    BalasHapus
  22. liburan bareng keluarga memang yang paling asyik ya..

    BalasHapus
  23. sangat menyenangkan sekali bila liburan bareng bersama keluarga karena bisa mempererat kedekatan sebuah keluarga itu sendiri..

    BalasHapus
  24. semakin banyak yang diajak, semakin banyak pula yang harus dipertimbangkan kalau mau piknik asik bareng keluarga :)

    BalasHapus
  25. ayo piknik ... mumpung ada waktu libur

    BalasHapus
  26. Sekarang jarang piknik karena males macetnya... piknik di hari biasa mungkin bisa dipertimbangkan... lebih suka olahraga sih daripada piknik tapi mungkin bisa dikombinasi ya, syng ga ada temennya. klo udah sampai tujuan malah males2an.

    BalasHapus
  27. sangat menyenangkan jika liburan bareng keluarga, apalagi sekalian bawa kompor portable biar bisa masak-masak disana.. hehe

    BalasHapus

"Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai." - Pramoedya Ananta Toer