Monas Bukan Sekadar Monumen yang Membosankan! | Your Favorite Devil's Advocate
travelling

Monas Bukan Sekadar Monumen yang Membosankan!

Rabu, Februari 13, 2019

Monas Bukan Sekadar Monumen yang Membosankan!

“Wi, nyari oleh-oleh khas Jakarta itu di mana, sih? yang jual gantungan kunci, kek, atau apa gitu. Sepupu gue (dari Balikpapan) lagi main, nih. Mau cari sesuatu kan gue bingung, ya.” 

Demikian celoteh Aziz lewat pesan WhatsApp yang masuk pagi hari itu. 

Tanpa banyak pikir panjang, langsung saja aku jawab, “Di Monas banyak itu, mah. Mau gantungan, baju, topi, banyak dah.” 

Yap, enggak jarang aku menemukan teman dari luar kota yang ogah-ogahan diajak main ke Monas hanya karena panas dan “mau ngapain di sana?”. Padahal, selain ada monumen bersejarah yang namanya sudah menggema tanpa digaungkan lagi itu berdiri tegak di sana, ada banyak juga lho yang bisa kita dapatkan. 

Apa aja, tuh? 

Kuliner khas Jakarta yang enak! 

Enggak perlu capek wara-wiri ke sana kemari kalau mau cari makanan khas Jakarta. Kamu tinggal mampir aja dulu ke Lenggang Jakarta. Di sini, berkumpul banyak sekali pedagang kaki lima yang dulunya memadati area Monas hingga tampak berantakan. Nah, berkat peraturan dari pemkot Jakarta, akhirnya mereka ditertibkan di satu tempat yang enggak jauh dari Monas, sebelahnya pas! 

Selain jadi lebih teratur, para pedagang kaki lima tersebut juga sebelumnya mendapatkan pelatihan khusus dulu, lho. Sehingga, dari segi masakan dan managemen kedainya juga lebih baik. 

Kuliner khas Jakarta apa yang paling kamu suka? kerak telor? Es selendang mayang? Gado-gado Betawi? Ada semua di Lenggang Jakarta. Mau menjelajah makanan khas lainnya? Ada juga! Seperti Mie Kocok Bandung atau Mie Aceh. Lengkap di satu tempat! 

Monas Bukan Sekadar Monumen yang Membosankan!

Souvenir dan oleh-oleh khas Jakarta 

Ini nih yang diresahkan oleh Aziz seperti yang sudah aku sebutkan di pembuka tulisan. Bener, deh, nyari yang kayak beginian sih enggak usah repot dan jauh-jauh segala. Karena tepat di tengah kota, Monas menyediakan semuanya. Masih di dalam area Lenggang Jakarta, kita bisa menemukan sangat banyak macam pilihan souvenir dan oleh-oleh khas Jakarta. 

Mau kaos-kaos dari ukuran anak sampai dewasa dengan tulisan atau gambar khas Ibukota? Ada! Pin, gantungan kunci, topi, gelang, atau aksesoris lainnya? Ada juga! Atau mau miniatur monas atau ondel-ondel yang ikonik banget? Tentu saja ada! 

Aku enggak pernah ragu deh kalau ada teman dari luar kota dan minta temanin beli oleh-oleh, aku ajak ke sekitaran Monas saja. Selesai sudah perkara. Banyak pilihan, tinggal bungkus mau yang mana. 

Pemandangan malam Jakarta yang cantik banget! 

Bagian ini favoritku! Kalau masih ada yang males-malesan diajak ke Monas, coba deh ajak naik ke tugunya saat gelap mulai merayapi langit kota. Kota metropolitan yang katanya banyak polusi dan didominasi banjir dan kemacetan itu akan tampak sangat, sangat indah. 

Dengan banyaknya lampu yang berjejer warna-warni dari tiap gedung yang ada, muncul kesan romantik yang enggak bisa ditepis di dalamnya. Sayangnya aku belum pernah ke tugu Monas sama pacar. Padahal, pasti menyenangkan banget. Sendirian aja udah degdegan rasanya. 

Enggak akan nyesel deh main ke Monas. Selain menyimpan sejarah bangsa yang penting dan enggak boleh dilupakan, di ujung atasnya ternyata juga menyimpan pemandangan yang teramat puitis juga. Kalau udah coba lihat Jakarta di malam hari dari tugu Monas sekali, pasti ingin lagi. Kayak aku gini hehehe. 

Nah, kebetulan ibu dan kakak pertamanya Ilham katanya mau main ke Jakarta. Ya, enggak main doang, sih. Mau pertemuan keluarga ceritanya ehehe. Namun, karena cukup dadakan, agak repot juga cari tiket pesawat ke Jakarta. Apalagi, ibu dan kakak pertamanya Ilham boleh dibilang masih cukup konvensional. Yaudah, akhirnya aku dan Ilham sebagai milenial yang kebiasaan menyelesaikan masalah lewat jempol ikut andil mencarikan tiket pesawat. 

Perihal tiket untuk bepergian, kami enggak pernah bingung. Karena jawabannya akan selalu jatuh kepada...

Monas Bukan Sekadar Monumen yang Membosankan!

Fitur pencarian tiket pesawat dari Pegipegi ini selalu pilihan karena bisa diakses dengan sangat mudah dan cepat. Tinggal masukkan aja asal keberangkatan, tujuan, tanggal keberangkatan, tanggal kepulangan, dan jumlag penumpang. Kemudian, klik "Cari Tiket".

Monas Bukan Sekadar Monumen yang Membosankan!

Setelah muncul berbagai pilihan maskapai yang sesuai seperti di atas, tinggal pesan tiket dan masukkan data penumpang aja, bayar dan selesai. Dengan langkah yang semudah itu, sudah bisa membantu orangtua dan kakak yang mau datang dengan niat serius. Enak, kan?

Nah, kalau sudah sampai di sini dan pada ngajak jalan-jalan, aku udah tau nih mau ajak ke mana. Monas aja!







Tabik!





Pertiwi

You Might Also Like

0 komentar

Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai. - Pramoedya Ananta Toer