Berkeringat Bersama Allianz Sweat Challenge di Allianz Ecopark | Your Favorite Devil's Advocate
event

Berkeringat Bersama Allianz Sweat Challenge di Allianz Ecopark

Kamis, Maret 15, 2018

Berkeringat Bersama Allianz Sweat Challenge di Allianz Ecopark

Saya ingat, olah fisik paling berat yang terakhir saya lakukan adalah ketika diajak ke Puncak, Bogor tanpa persiapan yang matang. Saya yang sejatinya memiliki gangguan pada pernapasan jelas merasa kelelahan. Oksigen rasanya lenyap begitu saja peredarannya. Untungnya, saya didampingi beberapa teman yang begitu sabar hingga saya berhasil sampai ke puncak.

Saya sadar, saya harus memperbaiki kinerja fisik saya perlahan-lahan. Maka sejak beberapa bulan silam, saya dan Ilham punya rencana untuk lari pagi sekalian menghirup udara segar. Namun, karena banyaknya kesibukan dan banyak pula alasan, hal itu belum juga kesampaian. Untung saja, ada kesempatan untuk datang ke event Allianz Sweat Challenge dan mendengarkan langsung petuah-petuah dari ahlinya.

Sabtu, 10 Maret 2018 lalu, saya dan beberapa narablog lain mendapatkan ilmu yang luar biasa dari Paulus Pasurnay—pelatih SEA Games 2017 di Kuala Lumpur—di Allianz Ecopark yang berada di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

Pada tahun pertama kemitraan hak penamaan Ecopark Ancol menjadi Allianz Ecopark yang berlangsung selama lima tahun ini, Allianz ingin menawarkan Allianz Ecopark sebagai wadah bagi mereka yang ingin memulai hidup sehat dan ingin menghabiskan waktu yang berkualitas dengan keluarga. Ada kegiatan regular yang diadakan pada minggu kedua dan minggu keempat pada setiap bulannya, ada pula program tematik setiap dua bulan yang berhubungan dengan olahraga, kesehatan, budaya, konser, atau pertunjukan.

Berkeringat Bersama Allianz Sweat Challenge di Allianz Ecopark

Hadirnya Allianz Ecopark yang merupakan perwujudan nyata dari komitmen Allianz sebagai perusahaan asuransi jiwa terbaik dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat ini saya rasa cukup berhasil diaplikasikan. Pengunjung dapat melakukan beragam altivitas dengan nilai-nilai edukasi dan hiburan melalui pendekatan green lifestyle di taman dengan luas total mencapai 34 hektar tersebut. Allianz Ecopark terbagi menjadi beberapa kawasan dengan fungsi dan fasilitas berbeda, yaitu Eco Nature, Eco Art, Eco Care, Eco Market, Taman Fitness, dan Learning Farm.

Sedangkan, Allianz Sweat Challenge itu sendiri merupakan acara yang dipersembahkan oleh Allianz untuk mengajak masyarakat agar dapat sehat bersama. Sejalan dengan niatnya sebagai sebuah “persembahan”, acara yang rutin dilakukan setiap dua minggu sekali ini tidak dipungut biaya untuk siapa pun yang ingin mengikutinya.

Pada setiap penyelenggaraannya, ada tema yang berbeda-beda. Nah, kebetulan saat saya dan teman-teman narablog datang itu temanya adalah “workshop beginner runner and running exercise”. Paulus Pasurnay, atau yang akrab disapa dengan Opa Paul—memberikan penjelasan dengan detail perihal kinerja tubuh dan latihan-latihan yang baik untuk tubuh manusia sebelum melakukan pemanasan dan running exercise-nya.

Berkeringat Bersama Allianz Sweat Challenge di Allianz Ecopark

Dari workshop dengan Opa Paul itu saya mengetahui banyak hal. Termasuk soal jam-jam paling baik untuk kita melakukan latihan. Salah satu waktu terbaik untuk work out adalah pukul 14.00-18.00. Selanjutnya, pukul 19.00-22.00 adalah siklus menikmati hidup, bisa diisi dengan bersantai bersama keluarga, menonton TV, dan lain-lain. Lalu, waktu untuk pemulihan badan akan berlangsung pada pukul 22.00-02.00 ketika tidur.

Baiklah, ternyata pola hidup saya benar-benar kacau. Itu pun belum ditambah dengan makan junk food berlebihan.

Setelah berbincang-bincang dan mendapatkan pengetahuan yang cukup banyak dari Opa Paul soal teori latihan yang baik, Opa Paul mengajak kami untuk pemanasan dan latihan kecil. Baru bolak-balik berapa kali, saya sudah kelelahan, sehingga tidak ikut lari mengelilingi danau dengan yang lainnya.

Set your goals memang penting. Demikian yang disampaikan oleh Opa Paul agar kita terus berproses dalam mencapai apa yang ingin diraih. Perlahan, tapi pasti.

Berkeringat Bersama Allianz Sweat Challenge di Allianz Ecopark

Malu, sih, umur masih jauh lebih muda, tapi ketahanan fisik kalah jauh sama seorang opa. Hhh. Kalau kamu mau ikut work out bersama-sama ahlinya kayak gitu juga, kamu bisa lihat jadwalnya di http://www.allianz.co.id/sweatchallenge dan daftarkan diri segera! Tanggal 24 Maret 2018 nanti ada lagi, lho. Ketemu di sana, yuk!

Berkeringat Bersama Allianz Sweat Challenge di Allianz Ecopark
Credit: Mas Ono





Tabik!



Pertiwi

You Might Also Like

11 komentar

  1. Ternyata waktu pemulihan pada pukul 22.00-02.00 ketika tidur, kalai begitu perlu membiasakan tidur lebih awal.

    BalasHapus
  2. Wah mantep mba pasti seru ya :D

    BalasHapus
  3. Asik nih, tapi ga ngajak aku

    BalasHapus
  4. Lalu, waktu untuk pemulihan badan akan berlangsung pada pukul 22.00-02.00 ketika tidur.


    TOLONG YA ITU DICOBA SAMA DIRI ANDA SENDIRI 😂. .

    BalasHapus
  5. Eco parkanya lucu juga nih buat spot ootede wi :)

    Etapi orang umum boleh main le sana kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh! Ayo main! Bagus banget, aku paling suka EcoArt~

      Hapus
  6. Sebenarnya seru dan tempatnya oke punya. Sayangnya ramai dan cukup jauh dari rumah. Hwaaaa... Ayo jogging!

    BalasHapus

"Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai." - Pramoedya Ananta Toer