Kunci Menikmati Perjalanan di Liburan Panjang | Your Favorite Devil's Advocate
article

Kunci Menikmati Perjalanan di Liburan Panjang

Rabu, Agustus 10, 2016

Kunci Menikmati Perjalanan di Liburan Panjang

Dengan atau tanpa disadari, kita telah semakin serupa dengan dunia. Padahal mestinya sebagai manusia yang mengemban tugas khusus dari Tuhan Yang Maha Esa, manusia harus bisa membuat pembaharuan untuk dunia sehingga dapat membedakan mana yang baik dan mana yang tidak.

Social media.

Semakin hari, dunia digital semakin menguasai kehidupan. Sedikit-sedikit update status, sebentar-sebentar upload foto. Fenomena yang luar biasa. Saat di mana manusia-manusia lebih memilih untuk mem-posting foto bencana terlebih dahulu daripada menolong korban yang ada di dalamnya. Keadaan di mana mereka lebih memilih memamerkan makanan dengan plating yang cantik di tempat yang mewah daripada berusaha berbagi dengan jerit kelaparan di luar sana. Luar biasa.

***

Siapa yang masih menikmati liburan semester genap?

Yeah! Welcome to the club, Gengs!

Social media life itu keras. Sebagai orang yang setiap hari mantengin media sosial, baik buat sekadar liat-liat update-an atau menyelesaikan pekerjaan dan juga stalking mantan, terlalu banyak hal yang bikin dengki keterlaluan. Berlebihan? Biarkan.

Masa liburan panjang begini memang banyak yang memanfaatkannya untuk travelling ke sana kemari. Dan keberadaan media sosial yang berkembang begitu pesat ini menjadi salah satu ajang pamer yang paling diminati. Pertunjukan dunia maya mengambil panggung sampai begitu kena di hati. Di sinilah kecemburuan sosial memulai aksi.

Well, tiga media sosial yang paling sering kubuka adalah Twitter, Instagram, dan Path. Di dua media sosial terakhir, agaknya menjadi tempat paling favorit untuk mempertunjukkan “thug life” ala pribadi masing-masing. Di waktu-waktu libur panjang seperti ini, akan banyak sekali (atau lebih tepatnya semakin banyak kali, ya?) foto-foto perjalanan yang tak kunjung henti, check in sana-sini, wisata kuliner yang membuat air liur berjatuhan menghunjam bumi. Iri? Kadang, sih.

Beberapa kali merencanakan sebuah perjalanan (agak) panjang ke sebuah kota paling puitis bin romantis di dalam negeri. Tapi, ada saja kendala yang datang silih berganti. Ya, belum jodoh kali. Yasudah, tak apa. Jumat ini rencananya mau pergi, semoga jadi. Hehehe.

Dalam melakukan sebuah perjalanan, kita tentu saja harus memerhatikan banyak hal sebelumnya. Bukan hanya untuk kesenangan semata, bukan hanya untuk sekadar pamer di social media. Bukan. Masa mau, sih, seperti kebanyakan kasus yang terjadi beberapa waktu belakangan ini: kehilangan nyawa hanya demi sekadar selfie. Kebanyakan orang ingin mati dengan keadaan khusnul khotimah, bukan mati konyol macam tadi.

Maka itu sebelum melakukan sebuah perjalanan untuk mengisi liburan, mari kita sama-sama perhatikan hal-hal tersebut di bawah ini:

  • Bawa barang yang memang dibutuhkan saja

Untuk mempermudah perjalanan kita nantinya, maka sebaiknya kita hanya membawa barang-barang yang memang sekiranya akan kita butuhkan di perjalanan nanti. Niatnya mau happy, jangan sampai malah pegal sana-sini karena bawaan yang beranya gak pakai kompromi.

  • Istirahat yang cukup

Sebelum bepergian, ada baiknya kita mempersiapkan fisik untuk menempuh perjalanan. Sebab perjalanan menuju tempat tujuan akan sangat berpotensi menimbulkan kelelahan. Sampai di tempat tujuan kan mau jalan-jalan, bukan hanya mau sekadar gegoleran. Hehehe.

  • Makan yang cukup

Ada baiknya sebelum pergi pun kita mengisi perut dengan nutrisi yang cukup. Walaupun selama perjalanan kita akan meminimalisir pergerakan, energi di dalam tubuh tetap saja akan diperlukan. Kalau memang diinginkan, kita bisa juga sembari membawa camilan untuk bekal di perjalanan. Bisa menghemat pengeluaran juga, kan?

  • Hindari mengonsumsi minuman beralkohol

Saat akan menempuh perjalanan jauh, hindarilah minuman beralkohol terlebih dahulu. Meskipun hanya dalam bentuk cairan, tapi alcohol dapat menyebabkan dehidrasi dan dapat mengganggu kenyamanan serta kondisi tubuh ketika kita harus menempuh perjalanan.

Nah, dari perhatianku sih itu beberapa hal yang paling penting untuk kita perhatikan sebelum menempuh perjalanan jauh. Yang mau nambahin boleh di kolom komentar, ya.

Namun terkadang, apa yang sudah kita rencanakan tersebut tidak berjalan semestinya. Ya, begitulah. Manusia hanya mampu berencana, Tuhan yang menentukan segalanya. Hal yang di dalam bayangan tampak menyenangkan bisa berubah begitu saja karena terjadinya sebuah kejutan. Bisa soal keterlambatan pesawat, tersesat, kecopetan, atau bahkan gagalnya perjalanan karena faktor kesehatan atau kecelakaan.

Kunci Menikmati Perjalanan di Liburan Panjang

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga seperti disebutkan di atas, ada baiknya kita mulai mempertimbangkan untuk memiliki sebuah asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan sendiri adalah asuransi dengan polis berjangka pendek yang hanya berlaku selama masa perjalanan dan biasanya melindungi antara beberapa hari hingga jangka waktu enam bulan.

Untuk memilih dan memiliki sebuah asuransi perjalanan yang bagus, ada beberapa hal pula yang harus kita perhatikan, seperti:
  • Mengetahui secara detail apa saja yang termasuk di dalam perlindungan asuransi perjalanan dan yang mana yang tidak termasuk ke dalam asuransi perjalanan tersebut.
  • Mencari perbandingan harg dan fasilitas antara satu perusahaan asuransi dengan yang lainnya sehingga kita dapat memperoleh manfaat yang maksimal dengan premi asuransi yang terjangkau.
  • Mencari tahu jenis wisata atau perjalanan yang berisiko tinggi yang biasanya tidak ditanggung oleh asuransi perjalanan. Karena jika itu menjadi pilihan, artinya kita membutuhkan asuransi perjalanan tambahan.
  • Mencari perusahaan asuransi yang menyediakan produk asuransi perjalanan yang tepat. Karena di era digital ini, banyak pula tersedia layanan asuransi yang bisa kita dapatkan secara online sehingga lebih memberikan kemudahan.
  • Mempersiapkan semua dokumen yang diperlukan sesegera mungkin saat akan melakukan klaim asuransi perjalanan dan pilih perusahaan asuransi yang dapat mendampingi kita untuk mengurus klaim asuransi tersebut dengan baik.

Selain untuk urusan klaim, asuransi perjalanan yang bagus itu juga dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan tersendiri untuk kita yang akan melakukan perjalanan. Supaya liburan semakin menyenangkan, kenapa tidak kan?

Nah, salah satu perusahaan penyedia asuransi perjalanan yang bagus adalah Futuready.com, nih, Gengs. Futuready.com merupakan broker asuransi online pertama yang memegang lisensi dari OJK dengan nomor KEP-518/NB.1/2015 tanggal 18 Juni 2015. Kelebihannya, Futuready.com merupakan bagian dari AEGON, salah satu perusahaan asuransi terbaik di dunia yang berbasis di Den Haag, Belanda.

Demi membalas segala dengki dan iri hati atas timeline media sosial yang dipenuhi foto teman-teman yang melancong sana-sini. Hahaha! So, jangan mau rugi dengan hanya tampak bahagia pada gambar dua dimensi. Sebab jasmani yang sesungguhnya butuh pula perlindungan, bukan hanya pamer diri.






Tabik!




Pertiwi

You Might Also Like

20 komentar

  1. nice info. makasih sharingnya mba tiwi. jadi pengen jalan2 jadinya...hehehe

    BalasHapus
  2. Path udah gak pernah buka. Muak liatnya. Ahaha. Kayaknya Twitter doang. Itu pun kemarin-kemarin males liat TL, banyak penebar kebencian.
    Gue boro-boro minum alkohol. Naek angkot aja mabok, Wi. :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebanyakan pencitraan ye bhahaha
      Tapi seru sih liat TL Twitter, banyak drama dan kontroversi.
      Khay, naik angkot lagi yuq~

      Hapus
  3. Waah mantap nih tips seputar jalan2nya.. Jadi pengen jalan2.. Cuma bisa blog walking hehehe :D

    BalasHapus
  4. Wah keren mbak, inspiratif bagi yg hobi jalan

    BalasHapus
  5. Siip postingan yang penuh manfaat.
    Iyah bener banget, Kala kita mau perjalananan jauh g usah bawa barang yg banyak bawa sewajarnya saja.
    Kala bawa banyak, nanti dikira pindahan.
    Happy blogging
    #BlogWalking...

    BalasHapus
  6. Jangan lupa ransel hehehe...
    Traveling tanpa ransel gmn gitu :D nice tip mba tiwi.

    BalasHapus
  7. Yosha... bener banget ini mbak tipsnya. heee

    BalasHapus
  8. Menyiapkan segalanya itu memang penting, baik dari hal segi logistik, fisik, maupun mental. Apalagi kalau perjalanan/liburannya memakan waktu lama :)

    BalasHapus
  9. Biasanya kalo jalan jauh, selalu bawa vitamin ini-itu supaya nggak gampang sakit. Makan juga bener2 harus djaga. Bakalan kuras banyak tenaga kan. Sama satu lagi persiapkan mata supaya gak jebol liat cowok-cowok keren berkeliaran di jalanan...ahahahakkk :D

    BalasHapus
  10. makasih infonya, "Dalam melakukan sebuah perjalanan, kita tentu saja harus memerhatikan banyak hal sebelumnya. Bukan hanya untuk kesenangan semata, bukan hanya untuk sekadar pamer di social media"

    BalasHapus
  11. salah satu kunci menikmati perjalanan saat liburan itu adalah kesehatan, karena di kala sakit kita tidak bisa menikmatinya bukan..

    BalasHapus

Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai. - Pramoedya Ananta Toer