Penyebab-penyebab Sakit Jantung Koroner | Welcome to My Own World - Pertiwi Yuliana
article

Penyebab-penyebab Sakit Jantung Koroner

Selasa, Mei 10, 2016

Penyebab-penyebab Sakit Jantung Koroner
Sumber gambar: Google

Penyebab sakit jantung koroner merupakan akibat dari timbunan lemak pada arteri yang disebut dengan aterosklerosis. Hal tersebbut akan mengurangi suplai darah yang menuju ke jantung. Selain itu aterosklerosis akan mengakibatkan penggumpalan darah atau trombosis. Penggumpalan darah tersebut akan membuat aliran darah yang menuju ke jantung terblokir. Beberapa faktor dari penyebab sakit jantung antara lain :

Pola Hidup Tidak Sehat
Resiko peningkatan sakit jantung dapat diakibatkan oleh pola hidup yang tidak sehat seperti kurangnya melakukan aktivitas fisik, mengkonsumsi makanan berlemak, mengandung koleseterol tinggi dan kalori yang tinggi. Makanan – makanan tersebut seperti daging merah, makanan yang di goreng dan makanan yang memiliki rasa manis. Rasa manis biasanya didapat dari gula yang berkalori tinggi. Kalori tinggi didalam tubuh dapat membuat peningkatan kadar gula penyebab sakit jantung. Untuk itu anda harus berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan dan minuman manis yang mengandung gula tinggi kalori. Agar anda terhindar dari hal tersebut dan tetap dapat mengkonsumsi makanan manis anda dapat mengganti gula tinggi kaori dengan tropicana gula rendah kalori.

Data Kesehatan Keluarga
Apabila anda memiliki data kesehatan keluarga menderita penyakit jantung maka anda akan memiliki resiko untuk terkena penyakit jantung tersebut. oleh sebab itu anda harus selalu menjaga kesehatan jantung anda untuk meminimalisir menderita penyakit jantung.

Perokok
Perokok akan memiliki resiko berkali kali lipat untuk menderita penyakit jantung. Hal tersebut dikarenakan kandungan karbin monoksida dan nikotin didalam rokok dapat membuat gumpalan darah penyebab sakit jantung.

Kolesterol Tinggi di dalam Tubuh
Apabila didalam tubuh terdapat banyak kolesterol LDL maka dapat menempel pada dinding pembuluh darah dan dapat mengakibatkan penggumpalan darah. Gumpalan darah tersebut disebut dengan plak yang dapat memblokir suplai darah yang menuju ke jantung.

Tekanan Darah Tinggi
Ketika tekanan darah meningkat (tinggi) jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah. Sehingga jantung dan pembuluh darah akan terbebani oleh kegiatan tersebut. Hal  tersebut dianggap sebagai penyebab sakit jantung.

You Might Also Like

0 komentar

"Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai." - Pramoedya Ananta Toer