#LocalHeroes: Mereka yang Mengubah Aku menjadi AKU | Your Favorite Devil's Advocate
article

#LocalHeroes: Mereka yang Mengubah Aku menjadi AKU

Jumat, Oktober 16, 2015

#LocalHeroes: Mereka yang Mengubah Aku menjadi AKU


Mari kita buka tulisan ini dengan sebuah tes psikologi!

Tapi, ini untuk kaum adam aja, ya. Buat kamu yang ngerasa bukan bagian dari kaum adam bisa coba cek teman, sahabat, gebetan, pacar, atau mantan kamu. Nih:

Pasti sudah gak asing lagi, dong, sama siluet-siluet superhero Marvel yang ada di atas? Pasti sering lihat di komik, film, atau serial TV. Walaupun komik harganya sudah melambung tinggi dan film gak melulu diproduksi tiap waktu, kita masih punya serial-serial TV yang menampilkan pahlawan kesayangan kita itu. Ya, apalagi sekarang zamannya smart TV yang bisa nonton dan putar ulang siaran favorit sesuka hati. Nah, di antara ketujuh superhero di bawah ini, mana yang kamu (dia) pilih?

  • Superman
  • Batman
  • Captain America
  • Spiderman
  • The Incredible Hulk
  • Wolverine
  • Iron Man

Sudah memilih?

Okey, keep pilihan kamu (dia) dulu, ya. Kita lihat video berikut dulu.



Sebelumnya, perkenalan dulu. Deutsch Welle (DW) ini bergerak di bidang broadcasting asal Jerman yang meliputi TV dan radio. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi dan media, DW akhirnya membuka sebuah portal online yaitu www.dw.com yang bertujuan sebagai penyedia berita bagi orang-orang Jerman yang berada di luar negeri. Oh iya, DW juga membuka redaksi di Indonesia, lho. Alasannya, karena mereka melihat Indonesia merupakan negara yang berpengaruh di kawasan Asia Tenggara, wedeeeew!

Pada Juni lalu, DW mengumumkan slogan barunya, yaitu: made for minds. Bikin pensaran gak, sih, slogannya? Slogan ini memang bertujuan untuk membangkitkan rasa ingin tahu dan untuk meyakinkan pada khalayak bahwa DW dibuat untuk memenuhi sesuatu yang mereka cari dan mereka inginkan. Dalem.

Nah, di dalam video tersebut, DW mempropagandakan perihal local heroes.

  • Local heroes, go their own way.
  • Local heroes, want to change their world.
  • Local heroes, need global insights.

Berhubungan dengan itu semua, kali ini aku mau bahas soal heroes. Tapi superheroes yang mau kubahas ialah mereka yang dekat dengan hidupku, pun berjasa dalam hal mewarnai hari-hariku. Mereka yang "membentuk" aku menjadi the next hero. Siapa aja mereka? Let’s check this out!


TUHAN YANG MAHA ESA

Ini the biggest hero! Terima kasih, Tuhan, telah memberikan ruh pada seonggok daging yang bernama Tiwi ini untuk bisa hidup dan berkarya di dunia. Terima kasih untuk udara yang Kau berikan secara cuma-cuma untuk kelangsungan hidupku di bumi yang fana. Terima kasih untuk segala nikmat-Mu. Maaf untuk segala kekhilafanku dan untuk segala lupa yang singgah hingga aku seringkali luput untuk mengucap syukur. Tuhan yang terbaik, selalu jadi pahlawan yang tiada dua dan tiada bandingannya. Tuhan yang terbaik, yang menggenggam masa depan umat-Nya. Aamiin.


IBU DAN BAPAKKU

Mereka jelas akan jadi pahlawan pertama yang hadir saat aku menginjakkan kaki di dunia ini. Pahlawan yang—mau bagaimanapun juga—akan selalu mendapat tempat yang baik di dalam hidupku. Ibu yang kini sudah setengah abad usianya, yang selalu setia menyayangiku dengan caranya, yang selalu tanpa kusadari memberikan kecup terindahnya saat lelap mulai meraja, yang selalu menjadikanku anak emasnya, yang selalu menjagaku lewat petuahnya, yang terbaik yang pernah ada. Bapak yang terpaut lima belas tahun dari ibu ini selalu sedia berpeluh untuk setiap apa yang aku butuh. Seseorang yang senyumnya begitu pelit ini memiliki hati yang begitu lembut, begitu takut kehilangan putri tercintanya yang mulai beranjak dewasa. Bapak yang satu ini, dengan segala lelah yang tertumpuk di wajahnya selalu menjadikan aku putri kecil kesayangannya, yang paling dibanggakannya. Dan untuk mereka, aku berusaha menempa diri melawan kerasnya dunia untuk meringankan pikulan di pundaknya. Aku ada untuk pahlawanku sepanjang masa.


PAK FOY ARIO

Siapakah beliau? Beliau adalah seorang guru bahasa Indonesia yang mengajar saat aku duduk di kelas 3 SMA di sebuah sekolah menengah atas yang mungil dan asri di bilangan Jakarta Timur. Mengapa beliau ada dalam daftar heroes milikku? Sebagai seseorang yang sudah memiliki sebuah cita-cita tetap untuk menjadi penulis sedari sekolah dasar, kehadiran Pak Foy membuatku membuka mata lebih jauh mengenai dunia itu. Mengenai dunia editorial. Pak Foy adalah orang pertama yang memperkenalkan aku dengan yang namanya EYD, hingga aku yang sekarang bisa menerima job-job penyuntingan. Terima kasih, Pak. Bapak membuat apa yang orang-orang bilang rumit menjadi jauh lebih menyenangkan!


PAK IRSYAD RIDHO

Kalau yang sebelumnya itu guru, yang sekarang ini adalah seorang dosen. Mengenal beliau benar-benar membuka mata lebih lebar. Aku banyak belajar perihal sudut pandang ketika mengikuti kelasnya. Selesai kelas, seringkali ingin menampar diri sendiri dan bilang, “Lo kok goblok banget, sih? Kenapa kayak gitu aja gak kepikiran? Kenapa mikirnya masih sesempit ini?” Ya, begitulah. Beliau tetap menjadi orang yang paling tidak bullshit, menyampaikan apa yang seringkali luput dari perhatian orang kebanyakan. Dan, ya, itu sangat menyenangkan. Mengajarkan banyak hal tentang dunia yang memang seharusnya kuketahui lebih dalam dan lebih dalam lagi. Oh ya, yang lebih menyenangkan lagi adalah cara penyampaiannya. Beliau selalu bertindak layaknya teman, bukan dosen. Berbicara tanpa jeda pada kami, bercanda, dan semua yang layaknya dilakukan teman sepermainan. Mungkin itu juga sebabnya materi-materi kuliah begitu mudah sampai dan meresap. Terima kasih, Pak, saya lebih membuka mata dan selalu mencoba lebih peka sekarang.


Kalau ditanya siapa pahlawanku, jawabannya akan sangat banyak. Setiap orang punya ceritanya masing-masing, setiap orang punya caranya masing-masing untuk mengubahku menjadi seseorang yang lebih baik. Tapi yang tersebut di atas, rasanya, yang paling tak tergantikan dan akan selalu terekam jelas di otak. Oh ya, satu lagi: KALIAN YANG SELALU MEMANDANG RENDAH AKU. Terima kasih banyak untuk kalian semua. Sungguh, tanpa kalian, kurasa aku akan jadi manusia yang biasa-biasa saja, yang enggan untuk lebih berusaha. Terima kasih atas segala hujatan kalian atas apa yang aku kerjakan. Terima kasih untuk semua pikiran buruk kalian. Terima kasih untuk segala cambuk kehidupan yang membuatku semakin ingin berlari kencang dan menunjukkan bahwa aku bisa ada jauh di depan kalian yang masih sibuk membicarakan aku di belakang. Terima kasih, kalian selalu memacu semangatku untuk menggapai masa depan. Aku sayang kalian semua.

Inilah pahlawan-pahlawanku, mereka yang membuat aku jauh lebih maju dan jauh lebih hidup. Aku bersyukur, aku hidup bukan hanya sebagai seonggok daging yang bersiap menanti mati. Jika ada kata yang lebih dalam dari cinta, akan kusematkan pada kalian semua. Terima kasih, janjiku ada dan bisa kalian genggam: aku akan jadi orang yang jauh lebih kuat dan akan jadi pahlawan seperti kalian.

***

Untuk semua yang sudah membaca tulisanku hingga akhir, terima kasih juga ya. Mana yang sudah gak sabar untuk jawaban tes psikologinya? Boleh dibaca sambil nonton siaran ulang serial superhero Marvel di smart TV-nya kok. Yuk, cus!

  • Superman

Kalau kamu (dia) suka dengan superhero legendaris ini, bisa dikatakan bahwa kamu (dia) adalah orang yang cenderung pendiam. Namun, kamu (dia) adalah orang yang super perhatian dan sangat bisa diandalkan. Cewek-cewek suka banget, nih, sama tipe cowok kayak kamu (dia). Cieee! Kenapa? Soalnya, kamu (dia) lebih suka membuktikan sesuatu lewat perbuatan, bukan kata-kata. Say no to bullshit, yeah! 

  • Batman

Kalau kamu (dia) suka superhero yang pakaiannya serba hitam ini, kamu (dia) adalah orang yang keras kepala, suka menyendiri, dan sulit ditebak keinginannya. Meskipun kamu (dia) sering sekali terlihat dikelilingi banyak perempuan, pencinta Batman ini ternyata susah ditaklukan. Buat cewek-cewek yang pacar atau gebetannya suka Batman, mungkin harus punya kiat-kiat yang lebih jitu dan harus pantang menyerah. Jangan lelah berusaha, semangat!

  • Captain America

Kalau kamu (dia) suka Captain America, berarti kamu (dia) adalah orang yang kritis, disimpin, dan patuh sekali dengan peraturan. Ya, namanya juga kapten, hahaha! Kamu (dia) adalah orang yang sebisa mungkin menepati janji dan berharap orang lain juga sama seperti kamu (dia). Buat kamu (dia), istilah berbohong untuk kebaikan itu bullshit. Gak ada. Kamu (dia) lebih suka jujur meskipun risikonya harus menyakiti hati orang lain.

  • Spiderman

Kalau kamu (dia) suka Spiderman, kemungkinan kamu (dia) adalah orang yang pemalu dan kurang percaya diri. Apalagi kalau ketemu sama perempuan yang kamu (dia) suka. Kamu (dia) adalah seorang yang introvert dan cenderung sulit untuk bersosialisasi. Cewek-cewek yang suka sama pencinta Spiderman, harap berjuang lebih keras dan banyak inisiatif duluan, ya!

  • The Incredible Hulk

Kalau kamu (dia) suka sama Hulk, kamu (dia) adalah orang yang memiliki spontanitas tinggi dan sulit mengendalikan emosi. Kalau punya masalah, kamu (dia) akan lebih memilih untuk menyendiri dan menenangkan diri dibanding harus bercerita dan mengeluarkan unek-uneknya kepada orang lain. Oh iya, hati-hati juga, ya. Tipe pencinta Hulk ini orangnya suka cemburuan.

  • Wolverine

Kalau kamu (dia) suka dengan superhero satu ini, mungkin kamu (dia) adalah orang yang mood-nya suka sekali naik turun, gak suka hal yang basa-basi, dan gak sabaran. Buat cewek-cewek yang punya pacar atau gebetan kayak gini, jangan berharap dia melakukan hal yang romantis, ya. Soalnya, pencinta Wolverine ini orangnya cuek banget! Namun yang patut diacungi jempol, soal kesetiaan mereka berdiri di garda depan.

  • Iron Man

Kamu (dia) yang suka dengan Iron Man ini biasanya adalah orang yang suka sekali menganggap remeh sebuah masalah, gak suka diatur, dan cenderung arogan. Namun, kamu (dia) juga bisa jadi orang yang sangat bertanggungjawab dan rela menomorduakan kepentingan pribadinya demi orang-orang terdekat. Waaaa!

Yap, sudah terjawab semuanya? Jangan lupa bilang sayang sama pahlawan-pahlawan kamu, ya!





With love,





Pertiwi

You Might Also Like

65 komentar

  1. Kalo gue milih nya Iron Man, karena dia kaya. Udah gitu aja
    Local hero buat gue itu salah satu senior gue (gue pernah nulis dia di blog "you are my idol" ) yang menjadi panutan gue buat bersikap, buat menjalankan rutinitas kuliah bahkan rutinitas gue nulis skripsi sekarang....

    BalasHapus
    Balasan
    1. (((karena dia kaya)))
      Siapa, tuh? Nanti gue mampir, deh.

      Hapus
  2. Kalo gue milih batman soalnya suaranya COWOK BANGET trus superhero yg masuk akal aja krna gak ada kekuatan supranaturalnya... Lokal hero ibu bapak udah selebihnya hanya pemeran utama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa alasannya pada nganu, sih? Hih.
      Bapak sama ibu memang terbaik pokoknya.

      Hapus
  3. Wah ada nama aku wah wah wah. Terima kasih, Sayang. Bakal menang nih kayanya tulisannya :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kembali kasih, Sayang. Aamiin. Doakan, ya hehehe

      Hapus
  4. Pilih Iron Man alesannya baju'a paling keren daripada superhero lainnya
    Lokal hero yang pasti Orang tua, guru, dan sahabat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sih, tampak paling kokoh gitu hahaha
      Salam buat orangtua, guru, dan sahabatnya, ya :)

      Hapus
  5. Aku sukanya Black Widow Tiwi, apalagi sama yg meranin Natasha Romanoff, Scarlet Johansson, ah aku meleleh... :)

    Ciyee, ada nama Andreh di sini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah, Om, di opsinya gak ada hahaha
      Yha, dong, ada. Kan anu :p

      Hapus
  6. saya gak milih ah, saya sudah punya pilihan sendir: Istriku :)

    BalasHapus
  7. ortu tuh emang manusia yang bener bener heroes banget deh pokoknya mba...tapi sampai sekarang aku malah belum pernah rasanya bilang sayang ke ortu karna berasa malu aja gitu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bener. Malah lebih mudah bilang sayang sama orang lain. Kalo sama mama biasanya aku cuma peluk doang, sama bapak malah gak berani.

      Hapus
  8. Iron man. Tapi aku ga punya kekasih. *sumpahkagapromosi

    BalasHapus
  9. Tadi aku pilih sendiri spiderman, dan ada benernya juga kalo aku gak pedean dan pemalu hihihi

    BalasHapus
  10. saya pecinta batman dan spiderman dan penjelasan tentang itu hampir keseluruhan sifatnya sama sepertiku.


    waw,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah hahaha baiknya ambil, buruknya perbaiki.

      Hapus
  11. Itu yang di gambar mah bukan Marvel, Wi. DC :))
    Kalo contoh-contohnya baru sebagian ada yang Marvel.

    Banyak juga ya pahlawannya. Gue cuma satu orang. Hehe. Dosennya asyik amat. Gue suka Captain America, cuma kepribadiannya beda sama gue. Hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ntar edit, deh. Makasih~~~

      Namanya juga psikotest, gak melulu pas. Itu kan buat mayoritas. Berarti lo minoritas, gitu aja :/

      Hapus
  12. Hai, review nya lucu bangeeet! :3
    Blogwalking ke tempatku juga dong mbak, hehehe... link nya di sini: http://bit.ly/myrepublic_tanerina

    thank youu dan sukses selalu! Keep writing! :D

    BalasHapus
  13. emm, kalau saya, lebih suka local hero. gatotkaca sama hanoman hehehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik, nih, otot kawat tulang besi dan si petapa hahaha aku juga suka banget sama Hanoman setelah baca lebih lanjut soal sastra klasik.

      Hapus
    2. heheh, walau suka dengan pahlawan lua negeri. jangan lupa pahlawan lokal neng.

      Hapus
    3. Begini, Mas. Dalam menulis sebuah post blog, buat saya, ada beberapa pertimbangan. Termasuk isi. Saya lebih dekat dengan pahlawan lokal seperti yang Mas sebut di atas, karena saya memang mempelajari mereka dalam kuliah. Namun, kali ini posisi saya sebagai penyuguh bacaan. Jadi, saya menyuguhkan apa yang lebih banyak dikenal. Tujuannya untuk melihat kepribadian. Kalau tujuan saya memperkenalkan, pasti lain lagi isinya. Begitu, Mas. :)

      Hapus
  14. kalau gue lebih demen sama Batman soalnya orangnya pekerja keras gak instan dalam menjalani hidupnya sebagai superheroes, bayangin aja gimana dia hidup ketikamelihat kedua orang tua nya meninggal saat dia masih kecil dan sampe menjadi milyuner di perusahaan ternama di kotanya.

    Kalau local heroes gue lebih milih gatot kaca.Gima yah dia orang bijaksana dan yang penting gak suka makan sabun :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah gue baca dengan seksama, tau-tau ujungnya sabun. APAAN WOY :'(

      Hapus
    2. hehehe... Gak apa-apa. lu punya six sense yah :D

      Hapus
  15. Wuih, aku orang yang gak suka diatur dan arogan. Horeeee! \:p/
    Lama gak mampir euy makin keren deh blog nya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Danke schön, Qi! :D
      Iya dibantuin desain sama kesayangan. Eaaak wkwkwk

      Hapus
  16. Gue suka Spiderman. Dan jawabannya bener juga sih. Gue suka malu kalo sama cewek. Apalagi kenalan. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bhahaha dikit-dikit coba diilangin yang kurangnya, ya.

      Hapus
  17. kalo aku mungkin cuma ampas tahu dihidupmu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Irwin jangan baper hahaha

      Hapus
    2. baper tanggo,,, meski hati ini sakit tapi aku tetap sabar karna sabar ku ... berapa lapis ?? ratusan :v

      Hapus
  18. aku sukanya superman sama batman ya walupun batman termasuk kriteria yang keras kepala

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak apa, Mbak, asal masih bisa dikontrol dengan baik :)

      Hapus
  19. kebanyakan tokoh heronya cowok semua ya tiw, kalo aku milih power puff girl ajahhh

    BalasHapus
  20. Aku lebih suka spiderman! Karakternya jg trnyata mirip sama aku, pemalu dan gak pedean. Hehe. Eh, wolverine jg keren sih!
    Ohiya, antman gak ada kak? Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak2 banyak bersyukur, Nduk, jangan nyari yang gak ada hahaha

      Hapus
  21. Fix. Superman.~

    Suka deh dgn kalimat, ' aku suka pelangi, walau gelap masih mendominasi. ''
    Jadi ngerasa, wah gue banget ini mah. Hahaa

    BalasHapus
  22. Aku suka Iron Man, arogannya dapat dipertanggung jawabkan. Hahaha. Anw, sudah la nggal mampir ke sini, makin bagus tampilannya, makin bagus tulisannya, makin cakep. Tiwi selalu owsom

    BalasHapus
  23. i like batman. black.
    untuk heroes yang mengubah hidupku pasti juga sama hanya untuk yang pertama dan kedua saja. omong-omong terima kasih untuk pencerahannya.

    BalasHapus
  24. Eh? Bukannya Aquaman itu dr DC ya?

    Milihnya antara boleh? Antara Wolverine ma Dr. Bruce hehehe.
    Btw, wi navbar blog lo ini ada yang kosong bagian atasnya.. apa emang sengaja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya udah diralat sama Yoga di atas tapi belum aku edit muehehe

      Gak sengaja, Kak. Kemarin otak-atik HTML, terus tau-tau gitu. Syedih :'(

      Hapus
  25. Gak ada sumanto ya mbak heheh. Nice post (y)

    BalasHapus
  26. gak pilih siapa-siapa, gak mau ngikut siapa-siapa.

    aku adalah pahlawan bagi diriku. hakhakhak

    BalasHapus

"Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai." - Pramoedya Ananta Toer