Blogger dan Sumpah Pemuda | Welcome to My Own World - Pertiwi Yuliana
article

Blogger dan Sumpah Pemuda

Rabu, Oktober 28, 2015

Blogger dan Sumpah Pemuda

WOHOOOOO!
SELAMAT HARI BLOGGER NASIONAL, BLOGGERS!

Telat sehari, ya? Ya, gak apa-apa biar sekalian sama Hari Sumpah Pemuda. Di hari yang istimewa untuk para blogger dan pemuda ini, gue mau bikin post tentang sejarah blog dan sedikit sentilan untuk mereka yang suka “aksi”.

Mulai dari sejarah dulu aja, ya. Dari gue masih pake seragam sampe sekarang ugal-ugalan. Dari yang dulu isinya tentang curhatan sampe sekarang suka ngiklan. Dari yang dulu tampilannya berantakan sampe serapi sekarang. Ini adalah tentang sebuah proses sederhana yang—mungkin—juga kalian rasakan.

Oke, biar kayak anak bahasa yang patuh pada aturan, gue akan membangun tulisan ini dengan 5W+1H.

WHO
Siapa, sih, lo?

Wah, kalo ada yang belum tau siapa kang ketik di blog ini, silakan mampir ke sini. Gak usah terlalu mendalami tulisan di laman tersebut, karena kalian pasti tertipu. Sebab, seseorang di balik blog ini tidak akan pernah benar-benar memperkenalkan dirinya kepada khalayak. Hahaha!


WHEN
Kapan mulai nulis di blog ini, Tiw?

Okey, okey, gini: gue ngeblog sejak tahun 2009 sebetulnya. Namun, karena satu dan lain hal, gue pindah. Pindah ke note Facebook waktu itu. Setelah Facebook semakin gencar memproduksi anak-anak alay dan mengetahui sebuah peraturan yang menyatakan bahwa seluruh hal yang kita post di Facebook menjadi milik Facebook, gue pindah lagi ke blog. Gue kira tahun 2011, ternyata setelah cek ulang, blog ini gue buat tahun 2010. Jangan tanya ke mana post pas tahun-tahun awal, udah gak ada. ALAY BANGET CURHATAN GUE, MALU WKWKWK!

WHERE
Di mana, sih, tempat paling ashique buat ngeblog?

Kalo gue dilontarin pertanyaan kayak gini, jawabannya jelas: YANG ADA WIFI-NYA! Gue pernah gak ada jam kuliah tapi dateng ke kampus pagi-pagi dan balik malam-malam hanya untuk ngeblog. Setiap hari nyari wifi di kampus, sampai hampir khatam spot-spot ber-wifi dan kualitas wifi-nya itu sendiri. Di jurusan udah lumayan ngetop sebagai “cewek wifi”. Ya, tapi sekarang udah gak terlalu freak sama wifi kampus, sih. Bapuk lagian. Fuh.

WHY
Kenapa milih ngeblog, Tiw?

Alasan awalnya adalah….. karena gue bukan orang yang bisa curhat sama manusia. Akhirnya, blog ini jadi pelarian gue buat ngungkapin segala macam yang gue rasain. Kemudian, sempat menjadikan blog ini sebagai ajang penyebaran sebuah aksi dari sekelompok anak muda yang sangat peduli dengan pendidikan di Indonesia yang mengabdi melalui sebuah komunitas sekolah non-formal di bilangan Bogor, Jawa Barat. Karena posisi sebagai jurnalis waktu itu, menulis merupakan barang wajib. Ada lagi, cita-cita untuk jadi penulis yang muncul sejak 6 SD membuat gue ingin lebih dan lebih lagi berkembang dengan mendapat komentar maupun kritik agar bisa lebih belajar lagi. Alhasil? Berkat kalian semua, seorang Tiwi semakin berkembang. MARI KRITIK TIWI SEPEDAS MUNGKIN! TIWI BAHAGIA!

WHAT
Apa aja yang bisa didapet dari blog, nih?

WAH, BANYAK!
  • Bisa dapat pelajaran baru tentang tulis-menulis. Seriously, tulisan gue semakin berkembang bukan karena kuliah di sastra kayaknya. Ya, walaupun itu juga memengaruhi, tapi yang paling terasa ya dari blog ini. Dari semua komentar, entah itu pujian ataupun kritikan. Semuanya gue terima, semuanya gue suka, semuanya bikin gue jadi jauh lebih baik. Terima kasih banyak!
  • Bisa dapat kenalan baru. Well, gue mulai aktif di komunitas blogger itu sejak awal tahun 2013. Dulunya, gue independen. Setelah gabung di beberapa komunitas, terasa banget punya temen yang kadang sama gilanya, kadang sama gak jelasnya, kadang sama anehnya, pokoknya kayak nemu keluarga yang ashique diajak ngapain aja. Gak hanya keluarga, tapi juga relasi kerja. Bayangkan gimana untungnya menjadi Blogger bagi seorang mahasiswa yang butuh penghasilan kayak gue ini?
  • Bisa dikenal banyak orang. Gue tuh orangnya minderan aslinya. Dulu benar-benar orang yang takut sama keramaian, takut tampil di depan umum, gak pernah jadi orang yang dikenal. Sekarang, ya masih kalem dan memilih jadi orang belakang panggung, sih. Tapi seenggaknya kalo disuruh untuk ngomong depan orang banyak ya udah bisa. Berkat blog, gue bisa dikenal sebagai seseorang yang passionate pada bidang ini. Itu punya pengaruh yang besar terhadap kepercayaan diri gue. Thanks!
  • Bisa dapat pengalaman baru. Dari blog, gue bisa dapat pengalaman-pengalaman yang menyenangkan dan mengesankan. Mulai dari nyoba jadi copy writer, jadi ghost writer, sampai jatuh cinta sama dunia editorial, dan sempat nyemplung ke dunia layouter. Dari mana semuanya? BLOG! Sesungguhnya, kepercayaan diri gue perihal masa depan sedikit banyak adalah pengaruh dari blog ini juga. I’m on the right track, Baby. I was born this way! Gitu, sih, kata Mbak Lady Gaga.
  • Bisa ke event-event keren gratis. Ini, nih, yang menyenangkan. Kalo buka email, isinya event terus. Gratis dong, iya gratis. GRATIS. Blogger selalu disandingkan dengan media, semacam reporter yang independen gitu. Reporter beneran kan berlindung di balik medianya masing-masing, kalau blogger harus berdiri sendiri dan bertanggungjawab atas nama pribadi untuk segala apa yang dia tuliskan. Lebih keren mana? Ya… tergantung hahaha. Selain gratis, biasanya kita datang dengan predikat invitation, sementara yang bayar HTM jadi peserta. Uwww!
  • Bisa ketemu orang-orang keren. Yang namanya datang ke sebuah event, biasanya ada seseorang yang hadir sebagai pembicara yang terpandang dan mumpuni pada bidangnya. Inilah yang menyenangkan, ketemu beliau-beliau yang punya sesuatu yang sangat khusus untuk dibagi. Merasa jadi orang yang beruntung? Iya. Sebelum aktif di blog, Tiwi mah apa…
  • Bisa dapat makan gratis. Sumpah, ini penting hahaha. Apalagi buat anak kosan. Momen-momen adanya event untuk para blogger ini selain jadi ajang cari materi tulisan, pun dijadikan sebagai sarana perbaikan gizi. Ya, lumayanlah ya, dapat goodie bag, dapat makanan, dapat ilmu, dapat pengalaman dalam satu waktu yang sama.
  • Bisa dapat koleksi baru. Iya, koleksi goodie bag, koleksi merchandise dari brand-brand, koleksi pulpen dan note itu paling banyak, koleksi pin, koleksi mug, koleksi kaos, koleksi flashdisk, banyaklah pokoknya. Sekarang, alat kuliah gue hampir semuanya dari isi goodie bag. Ya, lumayan gak perlu keluar uang beli buku atau pulpen kalau untuk sekadar catat-catat materi kuliah.
  • Bisa dapat gadget. Nah, ini ashique. Biasanya, lomba-lomba blog yang ada itu kebanyakan hadiahnya adalah gadget. Percayalah, bahwa menjadi blogger akan menyejahterakan hidup kalian dari berbagai aspek. Gue juga pernah ngerasain, sekali-sekalinya menang lomba blog, dapet HP. Lumayan.
  • Bisa dapat uang. Kebanyakan blogger sekarang incar ini, baru ngeblog aja udah incar yang ini. Ya, memang blog itu ladang banget kalau diurus dengan baik. Tapi ada baiknya kalau orientasi ngeblog pada awalnya adalah tetap untuk berbagi dan belajar untuk lebih baik lagi. Tenang, kalau udah fokus, gak perlu ngejar uang, uang yang ngejar dan nyari kita kok.

Tuh, banyak, ya? Itu baru sebagian kecil yang bisa didapat. Yang namanya orang fokus sama suatu hal, pasti ada timbal baliknya. Percaya, gak? Wajib.

HOW
Bagaimana, sih, perkembangan blog ini dari awal dibuat?

Okey, ini bisa dibagi menjadi: konten, tampilan, dan URL. Eaaak! Dari segi konten, ya jelas sekali ada perubahan yang—bahkan—sangat drastis untuk saat ini. Awal dibuatnya blog ini hanyalah sebagai “pengganti” sahabat setelah beberapa kali dikecewakan oleh manusia-menusia yang dicap “sahabat”. Isinya ya curhatan alay keseharian anak SMA yang lagi jatuh cinta. Lalu masuk ke laporan perjalanan sebagai seorang jurnalis relawan. Kemudian, mulai mengasah kemampuan lebih dalam di bidang fiksi yang meliputi prosa dan puisi. Dan sekarang, bergeser pada review produk dan laporan event. Tapi, rencana ke depan adalah mengembalikan identitas gue sendiri sebagai penulis fiksi. Doakan, aamiin.

Dari segi tampilan dan URL, ada sangat banyak orang yang terlibat di blog ini. Berikut perkembangan header plus URL-nya.

Blogger dan Sumpah Pemuda
Awalnya tampilan blog ini pake tema ini, gak ada ss-nya, sih. Ini pas masih SMA, URL-nya masih ihveadream.blogspot.com

Blogger dan Sumpah Pemuda
Ini zaman 2013 dibuatin sama Tata, masih www.pertiwiyuliana.com
Blogger dan Sumpah Pemuda
Ini 2014, domain expired jadi sekalian ganti URL dan header (dibuatin sama Mas Rizky). URL-nya jadi pertiwiyuliana.blogspot.com

Nah, buat tampilan yang sekarang, blog ini dibantu oleh Andre. Sedangkan header blog, gue bikin sendiri pakai CorelDRAW.

***

BLOGGER DAN SUMPAH PEMUDA

Pagi ini, gue sampai di kampus pukul 07.32 WIB. Di lapangan depan perpustakaan kampus ada panggung dan persiapan untuk upacara sumpah pemuda. Gue hanya memerhatikan dari pinggir lapangan di tengah koridor yang masih sepi penghuni. Beberapa menit kemudian, suasana mulai ramai. Sayup-sayup gue dengar percakapan dari cewek-cewek jurusan sebelah…

“Eh, gak ikut aksi?”
“Enggak, nih.”
“Pengin ikut, deh, biar keren aksi-aksi gitu.”

Sontak senyum getir gue keluar, gini yang ngaku mahasiswa? Gini yang diamanatkan sebagai agent of change? Cuma biar keren? Faedahnya gak ada buat Negara kalo lo cuma pengin dilihat keren. Miris, sih. Makanya gue gak begitu suka sama aksi-aksi demo mahasiswa yang apalah-apalah itu. Gue gak mau menjelekkan tindak aksinya, ya. Gue hanya mengkritisi bagaimana orang seperti yang melontarkan percakapan di atas meramaikan aksi tersebut. Niatnya udah geser, gak lagi pada jalan yang benar.

Gue, jujur aja, gak respect sama kegiatan kayak gitu. Ya, karena menurut gue gak begitu ngefek. Tapi kita sebagai blogger, punya satu kekuatan yang besar: tulisan. Seperti yang pernah dilontarkan oleh Melanie Subono di sini.
Secara deskripsi, para calon pemilih—khususnya para blogger—sebenarnya memiliki kekuatan untuk mendorong terjadinya perubahan tersebut. Mengapa bisa berkuasa? Karena para blogger tersebut merupakan penguasa dunia maya, yang tentu saja akan berpengaruh besar pula pada kehidupan nyata.

So, please, kita pemuda Indonesia, lakukan apa yang bisa kita lakukan untuk memajukan Negara. Aksi nyata untuk itu semua. Gak perlu demo, kok. Kita bisa mulai dari diri kita sendiri dulu. Bidang apa yang mau kita dalami, geraklah di bidang itu. Apa yang kita butuh? Tebar semangat positif buat semua yang ada di sekeliling kita. Jadi pribadi yang baik, jalani hal yang baik, tebarkan aura baik. Gue rasa hal-hal yang khusus seperti ini bisa lebih efektif. Udah ada buktinya juga. Think twice.

Berbangsa yang satu, bertanah air satu, jangan lagi suka berantem dengan alasan yang gak penting. Menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Jangan bangga bisa fasih bahasa asing tapi bahasa sendiri belepotan. Ini saatnya kita sebagai pemuda untuk memilih, mau ke mana, mau ngapain, tujuannya apa, misinya apa. Gak usah sibuk ikutan aksi kalo cuma biar dibilang keren sebagai aktiivis mahasiswa, mending nulis yuk. Lebih bisa menggertak pihak yang kita tuju. No offense, ya.

Kita harus bangga sebagai blogger, karena kita punya lebih banyak peluang untuk didengar. Maka, buatlah tulisan-tulisan yang “bersuara” dan “menampar”.

I’m proud to be BLOGGER. SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA!

Blogger dan Sumpah Pemuda




Salam BLOGGER,




Pertiwi

You Might Also Like

36 komentar

  1. Lumayan udah lama juga yah mba sejak 2009

    Temen saya lebih parah lagi mba sama wifi gratisan di kampus
    malah dia udah terkenal dengan jukusan Sarjana Wifi :D

    BalasHapus
  2. ya setiap blogger pasti punya berbagai cerita dalam perjalanan ngeblognya. kalau bicara soal manfaat pasti banyak sekali. dari hal terkecil seperti mau & akhirnya bisa nulis, mau & akhirnya berani nulis untuk dipublish. menarik, dari yang enggak mau/ berani bicara dimuka publik akhirnya bisa dan berani bicara dimuka publik. semangat kawan untuk jadi lebih baik -salam BPI.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mas. Bersyukur banget bisa kenal sama dunia ini. Semoga blogger semakin makmur lagi kehidupannya. Salam BPI!

      Hapus
  3. udah lama banget ya, aku aja baru konsisten ngeblog personal sekitar satu tahun.... dulunya ngeblog gak jelas dan males malesan

    BalasHapus
  4. aku beloman pernah dapat gadget, mentok mentoknya bajumuslim tiw klo lomba ngoahahahahha, bagi formula dunk, biar tulisane ketjeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuklah belajar bareng kita, Mbak muehehehe
      Aku juga ini baru sekalinya ikut dan menang, bersyukur sekali bisa lebih mendukung buat blogwalking kapan aja di mana aja. Eaaaak.

      Hapus
  5. waaaaak. Apaan itu biaya pacaraan??! Huhuhuu.
    Baru-Baru ini aku merasa bersyukur banget jadi blogger. Fokus dan konsisten, aku setuju banget. Dan aku merasa berdosa sudah menelantarkan blog aku beberapa bulan ini. Mau tobaaat. ToT

    Aku mau belajar sama kak Tiwi dong. :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bertaubatlah, Nak. Jangan jadi mama durhaka yang menelantarkan anaknya.(?)
      Ayuk kita belajar bareng, yeay~~~

      Hapus
  6. Ngeblog dari 2009. Kalo Yoga main FS, gue masih main gundu -_-

    Mau juga dong dapet HP. Tapi konten blog gue masih gitu2 aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini juga hasil pengorbanan idealisme gue, Nggo. :(

      Hapus
  7. Selama hari blogger nasional, Selamat sumpah pemuda juga.
    Lah, ini gue telat dua hari ngucapin. :(

    Wkwkwkwk. Blog lu zaman SMA temanya cewe banget, ya. :p
    Seketika image Tiwi yang galak jadi hilang. :p

    Hmm. Setuju sama Mba Melanie Subono. Blogger itu punya kekuatan dan kuasa di dunia maya.
    Iya, kebanyakan yang kuliah di jalan cuma karena mau keren dan ikut ikutan doang. Daripada panas panasan di jalan mending panas panasan di pantai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. GOSAH KOMENIN BLOG GUE ZAMAN SMA!

      Ya, daripada panas di jalan atau pantai, mending wifian wkwkwk tetep!

      Hapus
  8. gue setuju, banyak banget untungnya.
    kalo ruginya ada sih, rugi kuota, sama rugi waktu, tapi ruginya emang gak ada apa-apanya sih sama manfaatnya itu.

    Selamat haribloggernasional buat semua blogger! dan salam sumpah pemuda!
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu sih gak masuk kerugian, ah. Ya, memang buat melakukan sesuatu harus ada yang dikorbankan, apalagi buat narik manfaat. Jadi ya wajar aja hehehe

      Hapus
  9. Ikutan 5W+1H.

    WHO
    Gw cuma orang biasa yang berusaha jadi luar bisa tanpa usaha hehehe....

    WHEN
    Pertama kali nulis tahun pas nyasar di bandung beberapa tahun silam. Karena iseng dan akhirnya gw ketik kesialan gw, dan sekarang lanjut sampe sekarang

    WHERE
    Tempat paling asik buat nglog menurut gw itu di keramaian. Tempat yang rame yang banyak orang lalu lalang. Kayak gampang aja gitu dapet ide kalo di keremaian, beda aja kalo sendirian di kamar, sepi, sunyi aku benci...

    WHY
    Yang bisa didapet dari blog ya?
    So far sih banyak, temen baru, lingkungan baru, kenal dengan prang baru trus secara ga langsung nyuri-nyuri ilmu mereka :P

    HOW
    Klo untuk perkembangan blog, bisa dibilang blog gw itu kayak pohon bonsai, kontet. Gw sosok yang malas untuk ngotak-ngatik tampilan blog. Yah selain awam sama HTML gw juga sibuk (ngeles)

    Selamat hari blogger nasional


    BalasHapus
    Balasan
    1. Om Yandhi tetap senior! *sembah suhu*
      Pengin kayak Om Yandhi sama Kak Cindra muehehe :p

      Hapus
  10. Aku ngeblog dari tahun 2008 dan sampe sekarang kontennya masih random hahahaha xD #utimasihnyarijatidiri

    BalasHapus
  11. Baru sekali mampir ke sini, eh disuguhin sejarah blog ini berdiri. Momennya kenapa bisa pas begini, ya? Hmmm..

    Ngeblognya udah lama, keliatan dari tulisannya. Rapi. Sejak 2009 udah ngeblog. Tahun segitu gue baru bisa nyalain komputer di warnet kali. Itu juga nanya dulu ke mbak-mbak operator dulu.

    Oiyah, Selamat Hari Blogger Nasional!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ada radar tersendiri yang bisa mendeteksi (?)

      Terima kasih sudah mampir dan membaca proses aku dan blogku. Semoga betah dan mampir terus :D

      Hapus
  12. Terpukau sama blognya. Udah kayak masuk ke istana. Blogku mah apa atuh, cuma gubuk derita. Tampilannya polos banget, nyesuaikan sama kepribadian pemiliknya. Huhu.

    Keren. Kenalan sama blog udah dari tahun 2009. Kalau Yoga waktu itu masih main FS, Renggo main gundu, kalau aku masih main pacar-pacaran. Masih gaptek.

    Banyak bener ya dapat manfaat dari blog. Berarti sekarang blog bukan sekedar jadi teman curhat aja ya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, ah jadi malu hehehe semua ada prosesnya kok.

      (((main pacar-pacaran)))
      Kamu gaptek tapi nakal :')

      Hapus
  13. Balasan
    1. Iya, dulu #NgeblogYuk barengan Sabil juga, Kak. Hehehe.

      Hapus
  14. gue ngeblog tahun 2010 karena waktu itu ada tugas sekolah, eh lanjut deh sampe sekarang :D hahaha selamat hari blogger nasional :D

    BalasHapus
  15. pertama nyasar di blog lo pas headernya coklat muka lo ditutupin. sekarang udah super rapih yah, pemasukan juga lancar. mantap. mangat terus, Wi. muga nular.

    BalasHapus
  16. Makin kece badai blog lo Wi, dari ngeblog hidup gue jadi kek ada yang beda, eh banyak ding. Pokoknya ngeblog itu keren.

    BalasHapus
  17. Asik banget baca tulisannya euy :o
    Tapi sayang ini kolom komennya ga ada name/url.. jadi ga bisa ikut ngeksis disini hiks..

    BalasHapus
  18. Loh emang apa salahnya gunain wifi kampus?
    Bukannya itu fasilitas yang diberikan univ buat mahasiswanya yaa?
    Hehehe... Udah dikasih gratis mah manfaatin sebaik mungkin :)

    Lama jugaa ya dari 2009... Hmmm, harus belajar konsisten nih

    BalasHapus
  19. Tiwi, salam sama Andre ya #eh.

    BalasHapus
  20. wak ikut acara sumpah pemuda dan blogger yang di jogya itu ya kk

    BalasHapus
  21. Artikel yang sangat menarik :D

    http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ |
    http://informasiberitatop.blogspot.com | http://www.layardewasa.top | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1sUU8dl | http://bit.ly/1ZIdBJv | http://bit.ly/1YjeNnK | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1UobCKp | http://bit.ly/1S0ZSYr | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1UL7Ia5 | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1YjeNnK

    BalasHapus

"Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai." - Pramoedya Ananta Toer