Manusia atau Robot? | Your Favorite Devil's Advocate
personal

Manusia atau Robot?

Rabu, Maret 18, 2015

Manusia atau Robot?
"Aku bukan kamu. Aku gak kayak robot. Aku gak bisa tidur pagi dan bangun pagi juga!"
Well, ini kejadian real. Ada orang yang pernah ngomel begitu ke gue pas gue bangunin pagi-pagi. Pffth... Dan dari situ, akhirnya gue suka mikirin diri gue. Apa iya gue kayak robot? 


Sebetulnya, gak sedikit orang yang suka marah sama gue gegara kebiasaan gue ini. Kebiasaan yang udah dari SMP nempel sama gue: susah tidur. Sampe ada temen blogger gue yang udah kayak emak gue sendiri. Namanya Lia. Kalo dia mergokin gue nongol di grup hampir tengah malam atau bahkan lewat tengah malam, pasti langsung diomelin. Disuruh tidur.

Biarpun gue suka tidur pagi, tapi bangunnya juga pagi kok. Ini, nih, yang bikin gue suka disebut robot. Dan ngeselinnya, kalo lagi bosen gue suka gangguin orang. Entah itu nge-chat, nelpon, atau ngejailin dalam bentuk apa pun. Ya, Tiwi memang biadab. Gapapa, anggap saja begitu.

Awal kebiasaan tidur pagi ini waktu SMP. Iya, dari SMP gue begini. Gewlak! Alasannya ada dua yang gue ingat:

- Gegara sekolah. Gue bersekolah di SMP yang masih bisa dibilang sekolah unggulan di Jakarta Timur. Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional. Alhamdulillah, nilai juga masih bisa saingan dan bisa masuk kelas unggulan dalam tiga tahun di sana. Sekolahnya sebetulnya asyik. Jam dua belas atau jam satu siang aja udah bel pulang. Kurang asyik apa? Banyak anak-anak sekolah lain yang iri waktu itu. Tapi mereka gak tau aja, tugasnya. Sekolahnya cepet, tugasnya yang ampun-ampunan banyaknya. Nah, di situ gue mulai suka begadang buat ngerjain tugas. (dulu gue belum sewoles sekarang dalam hal tugas)

- Alasan kedua ini lucu, sih. Aselik. Lucuk. Jangan ketawain gue plis. Pas kelas dua atau tiga SMP, gue punya pacar. Pacar gue anak SMA, anak band, gitaris, dan sibuknya luar biasa. Kalo sama pacar, gue agak nurutan. Dia kan manggung mulu, tuh, gue diminta nungguin dia. Dia baru ngabarin gue biasanya jam satu pagi. Dan. Gue. Selalu. Setia. Nungguin. Tuh, kan, kurang pacar-able apa?

Yang namanya kebiasaan, diilanginnya gak bisa sekali simsalabim. Susah. Dulu pernah sempat hilang pas SMA. Ehm, seperti yang udah sempat gue bilang di atas: gue agak nurutan kalo sama pacar. Mungkin dia sebel gegara jam tidur gue gak kekontrol. Akhirnya, gue gak boleh tidur lewat dari jam sepuluh malam. Bah! Macam anak SD aja, kan? Tapi, gue nurut. Kalo udah setengah sepuluh, dia selalu bilang, "Kamu udah gak boleh ngapa-ngapain. Siap-siap tidur." Dia doang yang bisa sukses ngontrol jam tidur gue. Keren, ya? Ada yang mau nyoba ngontrol gue? Masa percobaan sebulan, kalo sukses kita lanjut ke pelaminan. *eeh

Karena kebiasaan kayak gitu udah dari zaman sekolah, jadinya udah kebiasa juga bangun pagi karena tuntutan ngejar bel masuk sekolah yang neror mulai pukul 06.15 itu. Nah, setelah kuliah sebetulnya udah lebih woles. Iya, paling pagi juga masuk kuliah cuma jam delapan. Lebih sering gak tidur waktu sekolah daripada waktu udah kuliah. Yuk, alhamdulillah. Tapi tetep aja, banyak orang yang bilang gue gila gegara kebiasaan begini.

Nah, tau-tau dua hari lalu ada yang nampar gue dengan kata-katanya.

"Kuliah ya kuliah. Kerja ya kerja. Bukan alasan buat gak sempet piknik."

Piknik paling sederhana buat gue adalah tidur. Itu dia kenapa gue bilang kalimat-kalimat di atas benar-benar nampar gue. Pokoknya buat yang ngerasa pernah bilang begitu ke gue, love you ya! Pikiran gue langsung cling cling gitu, gue butuh tidur! Atau minimal refreshing dengan ngelupain semuanya.

Terima kasih kalian yang udah menghujat dan maki-maki gue karena kebiasaan gue ini. Yang bilang gue badung, yang bilang gue robot, yang bilang gue bukan manusia, yang bilang gue alien, yang bilang gue segala macem. Duh, gue sadar kalian begitu karena sayang. Mumumuah! :*:*:*

Spesial buat Lia, Aziz, Agung, yang paling bawel. Kalian peluk-able. 




Salam,




Pertiwi

You Might Also Like

22 komentar

  1. Waakakakaka. Masih suka melek emang lu? Nggak nyangka, ada orang yang bisa mengubah kebiasaan seseorang gitu. Coba anak band itu suruh SMS lu lagi tiap jam 10 malem. Soal penurut gue nggak percaya. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, masih hahaha
      Gak bakal mempan sekarang kalo yang itu yang nyuruh mah. Udah mati rasa :p

      Hapus
  2. Gue kira cuma gue doang yang suka melek, paling cepet tidur jam 2 pagi bangun jam 4.... Tapi pulang sekolah pasti tidur siang :v huahahaha.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah enak masih bisa tidur siang :/

      Hapus
    2. Bersyukur mbak. Mau un pelajaran dari sekolah cuma 4 biji doang. Hihihi.... Makanya pulang pasti sebelum jam 12, alhamdulillah bisa tidur siang.

      Huehehe

      Hapus
  3. Dari kelas XI sampek kuliah semester 8, aku baru bisa tidur jam 4-5 pagi, Wiiii.. Nyebelin banget karena mata tuh bener-bener melek. Ngga mau merem sama sekali.

    Berhubung sahabatku nakut-nakutin trus bilang kalo sering begadang bisa cepet keriput, aku paksain deh tidurnya. Hp aku umpetin ke dalam laci, trus langsung cuci mukak, ambil wudhu trus pakek krim malem. :P Akhirnya bisaaaaa.. Yeeeeee!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kubelum mampu menghilangkan semua ini, tolong aku! :(

      Hapus
    2. Cobaaaaaak.. Paksaaaaa.. Hahah.. :D

      Hapus
    3. Ampoon hahaha selalu mencoba :p

      Hapus
  4. dulu gue gitu juga, baru tidur jam 3 dah bangun jam 5 tak bisa tidur, mana harus kuliah pagi,
    biasanya kayak gini efek ngantuknya di sang hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini!
      Kita cocok, jangan-jangan jodoh.

      Hapus
  5. Kebiasaan emng sulit diilangin, tp tidur jg penting.
    Jd jagalah kesehatan #lho...

    BalasHapus
  6. Sini gue peluk balik, eh buka Aziz gue ya? AHhaha

    Makan Magic Mashrooms Tiw biar cepet tidur hahahah gue pernah di kasih itu bukanya tidur malah jadi mendem.

    Kebiasaan susah tidur bisa di ubah ko Tiw, asal niat. wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, Aziz ini juga bolehlaah hahaha

      Iya, lagi coba ngubah kok :)

      Hapus
  7. Ya, ampun begadangnya kebangetan ya sampai-sampai gak bisa tidur,, harus segera diatasi tuh mbak kan kalau kurang tidur gak baik juga untuk kesehatan :)

    BalasHapus
  8. uda kebiasaan mah sulit dihilangin......

    BalasHapus
  9. Itu Agungnya bukan gue, ya? :3

    BalasHapus

"Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai." - Pramoedya Ananta Toer