#NgeblogYuk with Bena Kribo!! | Welcome to My Own World - Pertiwi Yuliana
random

#NgeblogYuk with Bena Kribo!!

Jumat, November 08, 2013

How lucky I am! Rasanya mau teriak loncat-loncat genteng tetangga waktu tau kalo gue kepilih buat ikutan acara #NgeblogYuk-nya Kak Bena. Iya, Benazio Rizki Putra! Jangan ngaku blogger kalo gak tau Kak Bena! Hahaha!

Berawal dari grup whatsapp Jamban Blogger malam itu (4/10/13), gue lagi bete gegara ditinggal sendirian sama orang tua yang jenguk nenek ke kampung. Eh, ada kabar begini:




Seru kan, ya, whatsapp JB! :D
Gue kira awalnya tuh dipilih cuma berdasarkan cepet-cepetan kirim e-mail ke Kak Bena, tapi ternyata engga. Usut punya usut, katanya sih milihnya berdasarkan gimana konsisten dan semangat ngeblognya. Awalnya sempet hopeless banget:

Nih, mimin JB udah bawel duluan.
Setelah cek e-mail berkali-kali ternyata emang gak ada e-mail, yaudah lah. Mungkin bener kata Ucup, kalah cepet. Gue masih santai-santai aja nonton tv dan belum mandi, hahaha! Sampai tetiba Ucup whatsapp gue nyuruh gue buka e-mail soalnya e-mailnya dia dibales sama Kak Bena. Gak pake mikir, jempol gue emang hebat. Dia pengertian dan langsung buka e-mail. Saudara-saudara, ini nyata. Sekali lagi, NYATA!

Tuh, urutan ketiga! Nama gue!
Sedihnya banyak yang gak tau nama asli gue. Ucup aja sampe nanya, "Yuliana BP itu elo? Gue kira nama lo Pertiwi Yuliana." Coba deh buka tab yang judulnya Writer di atas deh, coba deh. Coba.

Gue janjian sama Ucup di halte TJ Gelora Bung Karno, katanya Kevin udah nyampe. Iya, ada Kevin juga yang dapet undangan khusus dari Kak Bena. Jadi, inilah kami. The lucky five!

Sabil, Tiwi, Kak Bena, Kevin, Ucup, Kak Pingkan
Rencana awalnya emang mau nge-blog bareng, tapi gegara takut malah jadi diem-dieman maka kami memulai acaranya dengan me-review blog satu persatu dari kami yang dilanjutkan dengan sharing tentang blog. Banyak yang dibahas, mulai dari nge-blog dari kapan, isi blog-nya apa, kenapa milih nge-blog, kendala apa aja yang dihadapi saat nge-blog, dan lain-lain. Gak cuma itu, kami juga saling membagi tips nge-blog, loh! Wah, gue bener-bener ngerasa beruntung ada di situ.

Masing-masing dari kami punya ciri khas sama blog masing-masing. Mungkin itu juga kali ya yang jadi tolok ukut kenapa kami bisa ada di situ. Dimulai dari Kevin dengan ke-absurd-annya, Ucup dengan ke-random-annya, Kak Pingkan dengan cerita kesehariannya, gue sendiri dengan kecintaan akan sastra dan Sabil yang selalu menyebut dirinya sebagai "kakaknya banyak kucing" hahaha!

Oiya, selain kami berlima, ada juga brand ambassador dari @iwearbanana, loh! Ada Kak Vendry, kalo lagi puasa diharamkan buka blog-nya Kak Vendry. Serius! Lo bisa bikin danau iler nanti, batal! Jangan! Next, ada Kak Ravi yang style-nya ketje abizzzzz. Blog-nya masih kayak bayi merah, tapi post-nya udah banyak loh! Keren gak, tuh? Nah, satu lagi ada Natasha. Sayangnya blog-nya Natasha udah ditutup, tapi kayaknya mau buat lagi deh hihihi! Natasha juga lagi mau bikin buku, loh! Bukunya tentang anak muda pokoknya. Saran aja, sih, wajib baca: Dream Catcher by Alanda Kariza, Berani Mengubah by Pandji Pragiwaksono dan Kreatif Sampai Mati by Wahyu Aditya. Aku punya tiga-tiganya loh, mau pinjem gak? :p

Dari sharing-sharing itu akhirnya kami tau bahwa Kak Pingkan-lah yang menjadi sesepuh di sini. Kak Pingkan udah mulai nge-blog di tahun 2003, Men! Bahkan gue belum lulus SD, dan Kak Pingkan udah nge-blog! *salim sama sesepuh*

Tapi yang menonjol banget tuh tetep Ucup ya. Kalo gue suka kegatelan liat tulisan yang EYD-nya gak bener, kalo Ucup suka gatel liat orang lain diem. Iya, bahkan waktu bagian gue dan Kevin ditanya-tanya soal blog sama Kak RaviUcup juga ikutan jawab gegara kami jawabnya cuma sekenanya aja hahaha!


Ini kami lagi sharing soal blog, dipandu sama Kak Ravi
Mau tau gak hasil sharing-nya apa aja? Nih, kurang lebihnya:
  1. Nge-blog itu harus konsisten. Kalo bisa pake jadwal posting biar lebih teratur. Misal: 4 post per bulan.
  2. Awal mula nge-blog jangan didasari sama keinginan untuk terkenal. Berusahalah dulu untuk ikhlas berbagi, dengan sering berbagi kan nantinya juga akan banyak yang tau lo dan mengenal lo.
  3. Temuin jati diri. Iya, kalo bisa tulisan lo harus punya karakter yang "elo banget".
  4. Sering-sering blogwalking dan perhatikan etika nge-blog. Jangan alay ya, soalnya banyak juga blogger yang masih gak tau etika nge-blog. Semua post yang bahas tentang apa pun komennya sama, cuma satu : Nice post, visit balik ya http://lalalayeyeye.blogspot.com/. Tau gak, sih, kalo itu ngeganggu? Cuma nyertain link seusai komen tulisan yang ada di post mah okelah ya, tapi ya gak semua komennya sama.
  5. Banyak keuntungan dari nge-blog. Iya, karena perusahaan-perusahaan lebih meminati kerjasama dengan blogger ketimbang media. Kenapa? Karena blogger menulis sesuai dengan apa yang mau dia tulis, sesuai dengan bahasa yang biasa dia gunakan. Beda sama media yang cuma bahas sekenanya aja. Banyak loh yang udah dapet ini itu atau jalan-jalan ke berbagai negara gegara nge-blog. Kita kapan nyusul?
Intinya, sih, segitu ya kurang lebih. Oiya, jangan lupa gabung sama komunitas blogger yang ada. Gaul, biar banyak temennya. Nah, kebetulan dari kelima orang pilihan Kak Bena ini, tiga di antaranya adalah moderator dari sebuah komunitas blogger yang keren banget! Apaan, sih, tuh? Apa lagi? Ya, Jamban Blogger lah! :p

Kak Bena dan trio moderator JB
Pertanyaan pertama Kak Bena dan orang-orang yang baru denger nama komunitas ini adalah, "kenapa namanya jamban?" Oke, gini. Ehm. Gini, kita analogikan tulisan kita sebagai makanan. Mau tulisan itu enak banget, enak, biasa, gak enak sampe yang gak enak banget kan ujungnya nanti ada di jamban, kan? Jadi, mau gimana pun dan tentang apa pun tulisan lo, ya di komunitas ini kumpulnya. Sesuai kan sama tagline-nya: gimana pun tulisannya, di sini ngumpulnya.


Kak Bena dan JB akrab sekali! :D
Usai sharing, kami main game ala Eat Bulaga gitu. Iya, yang di segmen Indonesia Pintar. Tapi karena kami blogger ya pertanyaannya diubah jadi seputar blog dan internet. Dan asli, itu susah loh! Hahaha! Kami dibagi menjadi dua team: team Kak Bena dan team Kevin. Gue masuk team Kak Bena bareng Kak Vendry dan Natasha. Sedangkan team Kevin berisi UcupKak Pingkan dan Sabil. Loh? Ke mana Kak Ravi? Ada, kok. Kak Ravi sukses jadi host nyebelin karena pertanyaannya susah banget, alhasil team Kevin yang menang. Ah, gak apa, beda tipis kok. Team Kak Bena tetep keren :p

Lagi main game!

Acara selesai sekitar jam setengah tujuh malem, ditutup sama kesimpulan dari acara #NgeblogYuk hari itu.

Sesi kesimpulan #NgeblogYuk
Kami adalah orang-orang yang aktif di dunia maya, tapi hari itu seolah lupa sama handphone masing-masing. Baru main-main handphone waktu acaranya udah selesai. 

Baru pada sadar punya handphone
Banyak banget yang didapetin dari acara #NgeblogYuk bareng Kak Bena ini. Dan kembali kehebohan gak berhenti sampai di sini.

Thread perkenalan Kak Bena di forum JB! Aaak!
Gue speechless, ternyata gembar-gembor para moderator Jamban Blogger bisa juga memikat hati Kak Bena buat ikutan gabung sama Jamban Blogger. Kenapa? Ya, karena Kak Bena banyak menjadi kiblat buat para blogger. Gimana? Masih ragu buat gabung sama Jamban Blogger? :p





Jadi ikutan sharing pas tau Kak Bena gabung di JB :D























Semoga nantinya akan banyak acara kayak gini lagi dan semoga bisa dikasih kesempatan lagi buat ikutan. Amin! Hidup BLOGGER! :D
























Aufwiedersehen~

Gayanya samaan dong sama Kak Bena :p

You Might Also Like

37 komentar

  1. Hidup blogger Indonesia! Hidup Jamban Blogger!

    BalasHapus
  2. tetap semangat nge-blog Tiwi! wah aku harus jauh-jauh dari kamu nih kalo nulis, soalnya aku sering sengaja nulis gak sesuai EYD. hihihihi ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mendekatlah, Kak, mendekatlaaaaah... *ini lagi baca mantra*
      Hahaha

      Hapus
  3. semangat ngeblog. acaranya keren abissss. gue ngiri. sialan

    BalasHapus
  4. Aaaaakkkk gue selalu jadi yang terbawel disetiap kegiatan.. Gabisa jd pendiem. Ahahah

    Hiduppp blogger Indonesia yang kece-kece. Ehh tapi kecenya belom komplit kalo belom gabung di Jamban Blogger. Yuk gabung yuk.. Heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu takdir lo, Cup, buat menghidupkan suasana hahaha

      Yuk, yuk, gabung, yuk! :D

      Hapus
    2. Okelah, akhirnya lo nyadar kalo bawel, Cup. :P

      Hapus
    3. Semua menyadari itu, Kak hahaha

      Hapus
  5. Loh, Bena gabung JB juga ya? Wih.. JB emang keren!!!

    Semoga blogger terus maju!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, JB emang keren! :D

      Ayo dong, Om El, blog-nya di-update~

      Hapus
  6. Duh! Itu siapa yg nabung di BRI junio? *ceritanya salah fokus*
    Aaakkkk tapi envy aaakkkkk :((((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayaaah hahaha!
      Ayo ayo update blog-nyaaa! :D

      Hapus
  7. Hai Yuliana BP (bambang Pamungkas) #ehh nice post! #Halah hahaha xD

    Itu loe sama ucup beruntung banget kepilih dari ratusan ribu orang yg ngirim email ke Bena. Kerennn lah...
    Lebih keren lagi kesimpulan dari hasih #ngeblogyuuk, bener banget ngeblog harus konsisten, gue aja targetnya seminggu sekali masih belom terwujud. Dan kalian beruntung bisa sharing ttg blog bareng Bena. :)

    Eh wi, salam ya sama cewe di foto terakhir itu.... Yg bedua sama bang bena #ehhLagii :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, gue beruntung banget. Jadi semakin semangat ngeblog. Kalian semua juga, ya!

      Ng.... itu kan gue. Naksir? Ah, fans gue emang banyak kok. #tsaah

      Hapus
  8. up-up-up 4jempol deh buat JB(jamban blogger) ^_^,jadi menemukan inspirasi baru gue nih wi gara-gara si ucup dan lo udah gembar gembor buat promosiin JB dan hasilnya keren ^_^

    BalasHapus
  9. Ayo Lukmaaan semangat skripsinyaaa! :D

    BalasHapus
  10. puanjang dan lengkapnyooooo supero! gue musti belajar dari elo nih buat nulis lebih detail! (meskipun eyd random hehe)

    sukses terus sampai ketemu lagi di gathering berikutnya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama belajar ya, Kak! Saling bagi ilmu hehe

      Sampai ketemu, ajak aku lagi ya! :D

      Hapus
  11. Seru banget ya, Tiwi!! Semoga Kak Bena dengan senang hati ajak kita lagi ya. Hihi

    BalasHapus
  12. Semangat ngeblogg yah tiwi, karena tulisan kita yang bakal dikenang oleh anak cucu kita setelah kita tidak lagi menghuni dunia ini.
    Semoga mereka bakalan bangga menemukan tulisan kita di google dengan semua karya kita.
    Btw, aku ga kenal ka Bena *waduuhhh nangis kejer

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin hehehe

      Wah, mulai kepoin blognya deh hehehe keren banget loh!

      Hapus
  13. abis baca tulisan lo, kayanya jambanblogger menarik
    *meluncur ke tkp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuuuuk gabung yuuuk sama JambanBlogger! :D

      Hapus
  14. Penuturannya santai, keren banget

    BalasHapus
  15. asik sekali sepertinya tiw, pengen ikutan deh kalo ada kesempatana hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ikutan aja, siapa tau kepilih ngeblog sama Kak Bena hehehe

      Hapus
  16. Dengan nangis sebelumnya, hahahah... *Ups

    BalasHapus
  17. Ini acara sharing yang seru sekali, pasti minggu nanti lebih seru dong :) hehe

    BalasHapus
  18. Gue udah baca ini dan gue envy bangettt,

    sekian

    BalasHapus

"Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai." - Pramoedya Ananta Toer